Sarapan Sehat di Pagi Hari dengan Puding Greek Yogurt


Pantun
Sarapan pagi bikin semangat saat beraktivitas.
Lakukan sarapan setiap hari.
Melakukan kegiatan dengan tuntas.
Dengan wajah ceria dan berseri seri

Sarapan, mungkin sebagaian orang sangat malas untuk melakukannya. Banyak orang di luaran sana mengatakan bahwa sarapan itu tidak penting atau sarapan itu bikin gendut. Banyak anggapan selama ini mengatakan sarapan hanya sekedarnya memakan apa saja, yang tersedia di jalan seperti gorengan.

Mpo sedari kecil sudah biasa sarapan pagi, hal ini karena, Mpo beruntung mempunyai Mama yang kreatif dalam mengelola masakan dalam waktu singkat. Sebelum berangkat sekolah sudah tersaji nasi goreng ataupun ancemon ataupun roti. Karena sudah menjadi kebiasaan sedari kecil, makanya ketika mau berangkat event, Mpo selalu sarapan terlebih dahulu dan Mpo sengaja bangun lebih pagi agar bisa membuat sarapan sendiri.

Tapi apakah sarapan yang kita makan selama ini sudah sehat?
Dikutip dari detik.com bahwa sarapan sehat harus di kombinasikan antara karbohidrat dan buah buahan atau sayuran. Pastinya kita terbiasa mengkomsumsi nasi uduk memakai mie bihun dan sambal kacang. Padahal nasi uduk bukanlah sarapan sehat karena nasi uduk tersebut tinggi kolesterol , hal ini di sebabkan pemakain santan.

Buah buahan dan sayuran mengandung serat, asam folat, seng, magnesium, kalium, kalsium, antioksidan, mineral dan aneka vitamin seperti A, C, E . sangat disayangkan komsumsi buah dan sayuran masih rendah di bandingkan negara negara ASEAN, padahal negri kita memiliki tanah yang subur dan bisa ditanami oleh berbagai jenis tanaman sayuran dan buah buahan.

Greek yogurt memiliki tekstur yang lembut dan kental yang bisa dikomsumsi langsung kapan saja dan dimana saja. Selain itu pula bisa di kombinasikan dengan buah/ sayuran/ biskuit. Greek yogurt mengandung karbohidrat dan gula yang lebih rendah sehingga cocok sebagai minuman kesehatan untuk penganjal di saat lapar. Bentuknya yang segi delapan sehingga mudah di pegang dan kita bisa memperoleh Greek yogurt di mulai dari mini market hingga supermarket grosir.

Nah untuk sarapan di hari long weekend Mpo mau bikin puding roti Greek yogurt. Karena Mpo mau pergi setelah sholat subuh, makanya sedari sore Mpo sudah mulai mengelola agar puding roti tersebut bisa dinikmati pas sarapan.



A post shared by mporatne (@mporatne) on
Dalam pembuatan puding roti Greek yogurt terasa berbeda dan special , hal ini dikarenakan Mpo memakai :
  • Agar-agar.
    Sengaja Mpo mengunakan agar agar sebagai pengikat bahan bahan sehingga Mpo tidak mengunakan telur terlalu banyak.
  • Buah buahan.
    Mpo mengunakan buah naga merah sebagai pewarna alami dan juga mengandung vitamin c .
  • Greek yogurt
    Greek
    yogurt buatan dari Heavenly blush. Yogurt ini tidak terasa terlalu asam yang baik buat di komsumsi saat sarapan dan membuat rasa puding roti ini terasa beda.

Oh ya, bahan bahan yang harus kamu persiapakan adalah
100ml Greek yogurt
5 lembar roti.
125 grm gula pasir.
1 buah buah naga.
100 mentega cair
1 bungkus agar agar
200 grm susu cair
1sdt vanili bubuk
½ sdm air jeruk
1 buah telur ayam kampung.
Garam secukupnya.

Untuk cara membuatnya sangatlah mudah, Mpo hanya mengunakan blender. Sebenarnya ada perbedaan pendapat antara Mpo dan Mama karena Mama biasa membuat puding roti dengan menyedu roti dengan air hangat dan hanya mengunakan garpu. Akan tetapi kali ini, Mpo bikin tampak berbeda dengan memasukan semua bahan ke dalam blender. Dengan kecepatan tinggi semua bahan menyatu dan melebur menjadi satu.

Sebelum adonan di tuangkan kedalam loyang, Mpo mempersiapkan Loyang yang telah diberi terigu dan mentega. Untuk pembuatan puding kali ini mengunakan metode memasak dengan cara mengkukus yang memakan waktu 45 menit.

Setelah matang, keluarkan adonan dari Loyang, didinginkan dan masukan ke dalam kulkas. Pada saat di keluarkan dari kukusan, puding roti Greek yogurt terasa lembek hal ini di sebabkan belum menyatunya serat yang terkandung dalam agar agar. Oleh karena itulah kita perlu memasukan puding ke dalam kulkas. oh ya, Mpo juga bikin video tutorial. .

Sarapan aman dengan Yogurt

Pastinya banyak kita bertanya tanya, kok berani sarapan dengan Yogurt? Apa tidak takut dengan lambung? Alhamdullilah ya, Mpo sekeluarga setelah makan puding roti Greek yogurt baik baik aja dan tidak mengalami sakit perut. Hal ini karena bakteri baik dalam Yogurt yang mempunyai sifat antiseptik tetap hidup sampai ke usus besar sehingga bisa menjaga pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa lambung mengeluarkan asam lambung, pada saat perut kosong bakteri dalam Yogurt masih aman efektivitas dalam menjaga pencernaan kesehatan.

Bagi yang sudah memiliki riwayat sakit maag kronis sebaiknya mengkomsumsi Greek yogurt setelah makan dengan jeda satu jam .

Ketika selesai sholat subuh, Mpo dan keluarga bersantap bersama dengan mengunakan roti puding yogurt Greek . Banyak tanggapan yang mereka utarakan yaitu “ada ada aja kamu (bacanya Mpo), bikin sarapan kaya gini, hal ini di ungkapan di kemukakan sama Papa, Nah kalau Mama Mpo bilang “ Rasanya mengejutkan, seger pagi pagi makan puding roti yang berasa agak sedikit asam manis”. Itulah tanggapan dari orangtua Mpo.

Sarapan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya sekedar makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan tetapi sarapan mempunyai peranan penting yaitu:
  • Memberi tenaga
Kita biasa makan terakhir jam 7 atau 8 malam, Selama itu kita tidak mengkongsumsi apapun di tambah aktivitas tidur selama 6 jam. sehingga dari mulai jam tujuh malam hingga bangun tidur dipagi hari sekitar jam 4 subuh, maka jika kita tidak sarapan pada jam 7 pagi maka kita tidak makan selama 12 jam . Padahal cadangan makanan hanya energi hanya bisa di gunakan selama 10 jam dan pada saat kondisi tubuh tidak melakukan aktivitas sarapan maka tidak ada asupan makanan untuk di olah menjadi energi.
  • Bad mood
Pastinya kamu mengetahui, kalau perut lapar pastinya kamu akan merasa bad mood alias uring uringan hal ini karena otak manusia yang terdiri dari jutaan sel saraf ini tidak memberikan sinyal untuk kesiapan melakukan aktivitas .
  • Lemot mikir
Pastinya kita tidak ingin menjadi orang yang lemah berpikir, hal ini karena tidak ada kesiapan melakukan aktivitas yang dikirmkan melalui sinyal pada otak. Sehingga kita tidak konsentrasi dalam melakukan aktivitas.
  • Prestasi menurun.
Jika kita tidak konsentrasi dalam bekerja ditambah tubuh ini sering mengantuk maka prestasi menurun.
  • Menghindari dari penyakit menular seperti kolesterol, diabetes dan hipertensi.

Sarapan dengan Greek yogurt adalah salah satu cara agar kita bisa sarapan sehat dan mudah. Apalagi sekarang ini kita bisa mendapatkan kesempatan pergi ke Yunani, negri ratu kecantikan Cleo Patra. Cleo patra, wanita yang terkenal dengan kecantikannya dan mendapatkan tahta ratu pada usia 18 tahun.

Yuk kita tuliskan aktivitas sehat mu bersama Heavenly Blush Greek yogurt. Mpo jadi pengen tahu nih, apa sarapanmu hari ini, boleh dong tulis di kolom komentar

No comments