AC DAIKIN Melengkapi Kenyamanan Ruang Keluarga

ruangan keluarga nyaman pakai ac
Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Tamu
Dok : Flickr

Pantun ku :
“Jalan jalan ke kota
untuk membeli AC DAIKIN
teknologi inverter bikin hemat kantong kita
Ruangan keluarga jadi tempat ngangenin”

Bermula ketika Mpo dan dua adik Mpo sepakat untuk membelikan sesuatu untuk ulangtahun pernikahan orangtua kami. Memberi hadiah kok patungan ? itulah kami selalu memberikan sesuatu secara bersama sama dan memikulnya biaya bersama-sama sesuai dengan kemampuan kami. Agar lebih efektif kami bertiga bertanya “Mau hadiah apa?” . Yang namanya orangtua yang hanya memikirkan kebahagian anak-anaknya maka mama Mpo hanya menjawab “Gak usah belikan apa-apa, tabung saja buat kebutuhan kalian, melihat kalian akur saja mama sudah senang” .

Akhirnya kami sepakat membeli hadiah bukan hanya bisa di gunakan sama mama dan papa akan tetapi juga bisa bikin keluarga kita jadi akur sesuai kata mama. Hadiah apa ya yang bisa di nikmati bersama keluarga dan bikin keluarga akur? Kita bertiga membuat list-list sendiri dan mempunyai pendapat masing-masing tentang hadiah tersebut. List-list tersebut kita kumpulkan dan kita bahas bersama. Akhirnya ada salah satu ide di dalam list yaitu Membelikan AC untuk orangtua kami.

Alasan Memilih AC Daikin


Sebelum kita memutuskan membeli AC sebagai hadiah ulangtahun pernikahan mama dan papa, kita bertiga juga membahas beberapa pertimbangan :
1. Dimana ruangan yang akan di pakaikan AC yang membuat kita sekeluarga menjadi akur. 
Penempatan AC juga menjadi pembahasan kita bertiga, Awalnya Mpo dan adik adik sepakat menaruh AC di kamar mama dan papa . Akan tetapi mengingat kata-kata mama bahwa senang melihat anaknya akur maka kita memutuskan untuk menaruh AC di ruangan keluarga. Walaupun rumah kita kecil akan tetapi punya sendiri dan tidak kontrakan (deuh kalau kontrak rumah di Jakarta Mahal euy). Karena ukuran luasnya 3 X 4 maka ruang tamu kita jadikan satu dengan ruangan keluarga. 

Banyak aktivitas yang biasa kami lakukan di ruangan keluarga yang tidak hanya biasa kita menerima tamu saat saudara yang datang, tempat kita ngobrol sekeluarga dan juga menerima pembeli yang datang langsung ke rumah untuk melakukan transaksi . Selain itu pula di ruangan ini juga di pakai menaruh 3 buah motor dan perlengkapan dagang . Dengan ruangan keluarga di rumah Mpo berukuran 3 X 4 meter pastinya terlihat sumpek karena banyak aktivitas dan barang berada di ruang tamu sehingga kita perlu bebenah ruangan tersebut agar nyaman buat keluarga, tamu , pembeli, teman komunitas gymetone. .

2. Model AC

Walaupun tidaklah terlalu penting akan tetapi menjadi bahan pertimbangan . kita memilih model AC yang tidak terlalu memakan ruangan yang besar.


3. Harga AC
Karena kita patungan dalam membeli AC maka saat kita membeli AC haruslah yang terjangkau kantong kita.

4. Garansi AC.
Penting banget adanya garansi AC .

5. Perawatan.

Layaknya membeli sebuah peralatan elektronik maka adanya perlunya perawatan agar barang tersebut bisa awet dan tidak cepat rusak. Perawatan yang mudah dilakukan oleh kita.


6. Daya listrik
Aspek daya listrik itu penting sekali karena kemampuan listrik di rumah tidak hanya dipergunakan untuk peralatan rumahtangga saja akan tetapi juga untuk alat-alat DJ. Kemampuan Listrik di rumah Mpo 1300 watt, dengan daya tersebut maka kita harus memperhitungkan peralatan yang kita pakai. Makanya kita memilih AC yang hemat energy dimana pas di akhir bulan tagihannya tidak bikin kantong jebol. Jika melebihi daya listrik bukan hanya berdampak pada matinya listrik alias ngejepret  akan tetapi berdampak pada rusaknya peralatan elektronik. Daya listrik yang besar juga berdampak pada kantong kita setiap bulan dimana kita harus membayar biaya tagihan listrik. Oleh karena itu dalam membeli AC juga memperhatikan daya listrik.


7. Penempatan AC
Mungkin banyak orang yang tidak memperhatikan penempatan AC, tapi bagi Mpo yang belajar dari pengalaman teman Mpo yang harus berubah posisi tidurnya karena salah menempatan AC . seharusnya Ac di pasang di tengah-tengah maka di taruh di samping.

8. Kapasitas AC

Banyak orang yang bingung ketika memilih kapasitas AC termasuk Mpo. Kapasitas AC penting di ketahui yangsesuai dengan ruangan . Mpo mempunyai ruangan 3 X 4 meter makanya Mpo perlu bertanya pada ahlinya agar sesuai dengan kapasitas AC agar tidak salah memilih. Karena ada rumusnya dalam menghitung kapasitas ac dan seberapa luas ruangan.

9. Ruangan keluarga yang harus di perbaiki:
Untuk membuat ruang keluarga yang nyaman sehingga kita betah di ruangan tersebut maka ada beberapa hal yang harus kita perbaiki baik itu kita tambah  atau kita kurangi perlengkapannya. Tidak semua interior bisa kami ganti karena kita keterbatasan dana dan juga kita perlu rembukan dalam beberapa hal seperti :

  • pengecat
Banyak kepala maka banyak warna favorit . begitu pula dengan Mpo dan adik-adik saat memutuskan warna apa yang cocok untuk ruangan tamu . Akhirnya kita memutuskan mengecat ruang tamu dengan putih ke biru-biruan. Warna putih selain terlihat ruangan bersih, lebih terang dan warna tersebut netral.
  • kebutuhan
Di dalam ruangan keluarga juga memperhatikan kebutuhan saat kita berada di sana agar semua orang yang duduk di ruang keluarga bisa nyaman dan berlama-lama di situ. Ada element interior yang harus kita tambahakan sesuai dengan kebutuhan kita saat di ruangan tersebut. foto keluarga. nampaknya di ruang keluarga, Mpo memerlukan foto keluarga yang ukuran besar untuk dinding dan foto frame ukuran kecil yang di taruh di atas meja.
  • Interior
perlunya interior yang mendukung tapi Mpo tidak mau terlalu banyak ornamen di ruangan keluarga sehingga membuat ruangan menjadi sumpek (penuh) . Setelah di bicarakan bersama adik adik, Di ruangan keluarga memerlukan seperti : lukisan, karpet, bantal di karpet, bantal kursi, taplak meja , jam, kalender, frame ukuran kecil dengan memajang aktivitas foto keluarga dll.

  • Aktivitas di ruang keluarga.
Aktivitas di ruangan keluarga tidak hanya sekedar ngobrol sambil nonton televisi akan tetapi melakukan aktivitas yang biasa kita lakukan di ruang keluarga Karena Mpo dan adik adik mempunyai usaha sampingan maka ruang tersebut di jadikan tempat transaksi usaha kita. Adikku yang bungsu suka mengecek alat DJ saat orang lain mau di sewa atau selesai pengecekan, teman adikku yang belajar DJ di rumah. Selain itupula papaku suka ngumpul dan ngobrol bersama teman pencinta gymstone di rumah. Tidak hanya menerima pembeli banyak kegiatan yang viasa di lakukan di ruangan tersebut antara lain saat makan bareng kita ngegelar di ruang keluarga. Papa yang suka tertidur ketika nonton televisi.
  • sifat karena usia
Usia papa dan mama tidaklah muda sehingga mudah lupa .Mama suka menelepon aku hanya untuk mematikan magic jar di rumah . Karena itu aku perlu alat AC yang bisa mematikan AC dari luar ruangan. Tamu Mpo mempunyai keluarga besar yang tinggal di luar kota. Biasanya saudara Mpo tidur dikamar yang telah disediakan, akan tetapi banyak yang juga lebih senang tidur di ruang keluarga di saat malam .

  • Perlu laci untuk menyimpan peralatan
papaku menaruh peralatan batu. Laci tersebut bisa memanfaatkan kolong meja Karena papa suka dengan gymstone dan suka ngobrol dengan temannya pecinta batu maka di ruang keluarga perlu adanya laci kecil yang bisa menampung peralatan gymstone seperti : alat melihat batu, senter, bamboo hitam, gerinda dll.
  • Tanaman
Di dalam ruangan keluarga perlu tanaman indor selain mempercantik tanaman juga bisa menyalurkan hoby mama dan papa. pemilihan jenis tanaman harus di perhatikan seperti tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari, tidak memerlukan air sedikit, tahan hama .
  • Kursi goyang
Perlunya kursi goyang untuk mama dan papa saat menonton televisi atau sedang gosok batu.
  • Kesehatan/alergi 
Ada saudara Mpo yang menderita alergi baik terhadap makanan ataupun alergi udara saat cuaca dingin, atau alergi terhadap benda seperti karpet yang kotor. Seperti sepupu Mpo yang suka datang kerumah dan perfect bersih bersih karena menderita alergi. AC juga harus menjaga kelembapan udara sehingga orang yang berada diruangan tersebut terjaga kesehatannya dari jamur dan bakteri.
  • Venitilasi udara
Karena Mpo ada ruangan yang ventelasinya terbuka maka Mpo harus menutupnya agar udara AC mengalir ke seluruh ruangan . Karena dana Mpo yang terbatas maka Mpo memakai fiber plastic putih dan pengikat tali motor atau sulock atau kawat kecil.




Dok : Facebook Daikin Indonesia

Lalu merk AC apakah yang cocok untuk dipakai di ruang keluarga? Mpo dan adik-adik memulai browsing di internet, nampaknya AC DAIKIN www.daikin.co.id cocok buat ruangan keluarga di rumah. Karena Daikin adalah produk yang terpecaya dengan penjualan produk lebih dari 140 negara dan sudah ada sejak tahun 1930 . Teknologi inverter membuat hemat saat membayar listrik sebesar 50% dengan Watt listriknya hanya 380 watt yang lebih kecil sehingga kita bisa mengeluarkan sedikit membayar listik yang akan menghemat Rp2.700.000 pertahun. Angka tersebut sangatlah besar untuk penghematan.

Penempatan AC yang memakan sedikit tempat sehingga bisa memanfaatkan ruangan tersebut untuk yang lain. Adanya mode night set yang bisa mengatur AC ruangan saat kita tidur sehingga saat papa/mama / keluarga Mpo tidak merasa gerah ataupun merasa ke dinginan saat tidur di ruangan keluarga. Suara yang halus dan tidak bising menjadi pertimbangan kami. Selain itu pula bisa di kendalikan oleh smartphone yang memudahkan Mpo untuk mematikan AC ketika papa dan mama lupa mematikan AC. Perawatan mudah dan harga ganti Freon yang tidak terlalu mahal. Selain bisa membeli dimana saja, Ada Garansi dan layanan pemasangan , layanan purna jual yang dilakukan oleh profesioanal . conctact center yang siap siaga di nomor 0800 1 081 081 membantu pemilihan Ac yang cocok , membantu permasalahan kita dll. Akhirnya setelah bertanya ke contact center, Mpo memilih AC DAIKIN multi s dengan kapasitas ¾ PK untuk ruangan keluarga 3 X 4 meter. kalau AC ya DAIKIN.

10. Kontribusi Keluarga untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman
Selain AC, sedikit perbaikan di ruangan keluarga juga di perlukan kontribusi kita dalam membuat ruangan keluarga menjadi nyaman seperti : rajin membersihkan ac, rajin membersihkan ruang keluarga, memperhatikan kebersihan di ruang keluarga, tidak nyampah di ruang keluarga, merapikan kembali setelah pekerjaan yang dilakukan di ruang keluarga, motor hanya boleh masuk ketika malam hari tiba.


lomba blog ac daikin
Yuk ikutan

Cerita ini untuk mengikuti Lomba blog DAIKIN
Apa yang saja yang harus ada di ruangan keluarga mu? Share yuk di komentar.
cara membuat ruang keluarga nyaman
Yuk Ciptakan Ruang Kelarga Menjadi Nyaman
Blog Review Daikin AC

No comments