Ayo Mulai Membuat Blog Dari Sekarang

cara membuat blog
Mba Ani Berta
Sabtu 16 Juli 2017 cuaca Jakarta yang cerah dan perjalanan yang tidak terlalu macet membuat Mpo bersama 64 orang lainnya mengunjungi ke gedung Republika yang berlokasi jalan Warung buncit, Jakarta selatan. Pagi itu kita mau mengikuti workshop dengan tema Blogging : hoby dan profesi. Dari tema tersebut pastilah pembahasan yang akan dibahas sangat menarik terutama bagi Mpo yang masih baru masuk di dunia ngeblog. Kegiatan kali ini berkolaborasi dengan Repzone dan komunitas Indonesian Socialblogprenuer . Komunitas Repzone yang di ketuai oleh Mas Said ini di bentuk oleh Republika yang salah satu kegiatannya adalah membentuk kelas social media antara lain belajar twitter, facebook, instagram, iklan di facebook dll . Sedangkan menurut Bapak Irfan Junaidi Selaku Pemred Republika mengatakan “Repubika medukung komunitas Repzone di harapkan mampu menjaga konten yang berkualitas dan positif”. Workshop kali ini menghadirkan pembicara Mba Ani berta. 

cara membuat blog
Bapak Irfan Junaidi
Dari workshop ini Mpo jadi mengetahui bahwa ternyata eh ternyata blog itu diperkenalkan oleh seorang mahasiswa dari amerika yang bernama Justin Hall pada tahun 1994. Blog itu berasal dari kata web log yang artinya log in weblog. Gimana ya caranya membuat blog? yang pastinya kamu harus punya akunt gmail terlebih dahulu. Nah akunt tersebut bisa jadi modal awal kamu untuk bikin blog. Terus gimana ya membuat blog, apakah bayar ? membuat blog itu gratis dan sekarang ini banyak platform untuk menulis blog seperti blogspot, wordpress, blogdetik, thumblr . Blogspot adalah platform untuk Mpo menulis di blog karena lebih mudah di operasikan . Untuk membuat blog kita daftar ke blogger.com dan mengikuti petunjuk yang ada . Untuk nama website blog yang dijadikan branding sebaiknya kita memakai nama asli kita, jangan memakai nama alay yang susah di ingat oleh orang plus jangan memakai nama kita dan anak kita seperti febrimamanyafatime.blogspot.com . Mengenai judul blog teh ani menyarankan kita hanya memakai tiga kalimat saja . Wah dari sini saja banyak ilmu yang bisa di petik bagi pemula.

Setelah blog itu di buat, Kita harus mengisinya dengan artikel . Terkadang kita susah mendapatkan ide membuat artikel yang harus kita post di blog.. Sebenarnya di dunia ini banyak bahan yang bisa kita jadikan bahan artikel yaitu buku, obrolan dengan teman, melihat sesuatu bahkan curhatan . Curhatan itu boleh di tulis di blog dengan menyamarkan nama , tempat dan kita juga harus memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Nah mulailah menulis dari apa yang kita sukai seperti hoby nonton film atau baca buku atau yang hoby makan. Bisa juga kita curhat di dalam blog kita dengan membuat puisi, cerpen, mengelolah diary. Blog kita juga bisa mengulas keahlian profesi kita dan bisa sebagai jurnalis warga. Biasakan dalam menulis blog seperti kita berbicara dengan pembaca dan ada interaksi melalui mejawab komentar. Selain keahlian menulis di dalam blog juga di dukung dengan foto dan video.

Setelah blog itu di post kita harus percaya diri untuk di sebarluaskan di media social yang kita punyai dan menuliskan kata kata tentang isi blog yang akan kita share di komunitas bloger . Yang namanya belajar kita bisa belajar melalui website blog orang lain yang biasanya di sebut Blogwalking. Guna blogwalking itu sendiri selain kita bisa belajar dari blog orang lain, para brand melihat apakah ada interaksi di dalam blog kita . oh ya jangan lupa ya untuk mensetting kolom komentar blog kita dengan anymous yang artinya semua orang platform blog boleh mengkomentari blog kita.

Lalu apa sih gunanya kita menulis blog, berbagai macam keuntungan yang bisa kita peroleh dari menulis blog diantaranya dengan menulis blog kita bisa menungkan ide dalam bentuk karangan fiksi, mempunyai rekam jejak hidup kita, bisa menjadi obat penyembuhan seperti yang di lakukan salah satu blogger yang menderita penyakit kanker, bisa menuangkan ekspresi, bisa menginspirasi pembaca dan bisa mendatangkan banyak peluang . Blog yang kita tulis bisa menjadikan kritikan yang membangun untuk diperbaiki pihak yang terkait dan menjadi sumber informasi untuk data.

Wah ternyata banyak manfaat juga ya kalau kita mempunya blog sendiri. Selain itu pula blog yang kita kelola bisa mendatangkan peluang untuk pekerjaan melalui review produk ataupun pekerjaan untuk di undang sebuah acara bahkan kita bisa jadi penulis, copywriter dan content writer. Akan tetapi perlu diingat jangan mengangap bahwa kalau sudah membuat blog maka akan mudah mendapatkan job, untuk mendapatkan tawaran job hal itu pastinya memerlukan proses dan juga harus belajar terus mengenai blog Seperti hal yang di lakukan oleh mba Sinta yang telah pergi jalan-jalan ke singapura dan bapak Dian Kelana yang telah puluhan tahun menjadi blogger akan tetapi terus semangat untuk belajar blog bersama kita.

Apakah kamu sudah mempunyai blog? Kalau belum seperti kata Mba ani berta “ayo mulai membuat blog dari sekarang”
cara membuat blog
Peserta Workshop Blogging : Hoby dan Profesi

No comments