Sunday, 12 November 2017

Tahu Tuna Pacitan

Pantun
Jalan jalan ke pacitan
Pesona alam indahnya bikin kita terpana
Sebelum kita berpetualang, yuk kita jaga kesehatan
Sarapan dulu dengan makan soup tahu tuna

Tepatnya jam enam pagi sudah ada di meja makan soup tahu, Mpo bingung karena tukang tahu yang biasa lewat di depan rumah datang jam 6.30 wib. “Ma, emang tukang tahu sudah lewat, kok sudah ada tahu di rumah?” tanyaku kepada mama. Mama Mpo menjawab dengan singkat “ belum datang tukang tahu, itu soup memakai tahu tuna frozen yang kamu beli beberapa waktu yang lalu”.

Tahu, panganan terbuat dari ampas kacang kedelai, sangatlah di gemari keluarga Mpo. Hampir tiap hari ada tahu di rumah Mpo, hal itu di dukung karena ada tukang tahu yang lewat setiap hari di rumah. Bahkan Mpo tinggal naruh piring lebar dan di bawahnya sejumlah uang, yang Mpo taruh di luar rumah, Nah kalau ada piring tersebut abang tukang tahu, sudah mengetahui harus mengisi tahu di piring tersebut.

Yap, kita balik lagi ya cerita tentang tahu tuna. Tahu tuna ini, Mpo membelinya di teman di dalam satu komunitas Wajah bunda Indonesia yang bernama bunda Eva. Dari percakapan bunda Eva via WhatApp mengatakan “ tahu ini best seller di Pacitan, yang mana Pacitan terkenal dengan penghasil ikan tuna”.


Sebenarnya Tahu tuna dalam bentuk frozen sehingga awet beberapa waktu yang lama, sehingga kita bisa menyantapnya kapan pun. Merk dagang tahu ini adalah tahu tuna pak Ran yang di produksi di Pacitan, Jawa Timur. Dengan berat 400 gram kita bisa mendapatkan 10 buah tahu.Oh ya di tengah tahu ini ada aci ikan tuna .Komposisi acian ikan tuna banyak dan penuh. Soal rasa enak, kenyal acian tidak terlalu keras dan saat di makan terasa ikan tuna nya. Untuk mendapatkan tahu tuna ini bisa di peroleh dengan harga Rp12.500 .

Sebenarnya tahu ini bisa di padu padakan dengan makanan apapun seperti batagor siomay, dimakan bersamaan dengan sambal kacang atau sambal petis atau di makan langsung dengan terlebih dahulu di goreng terlebih dahulu. Akan tetapi kali ini di rumah Mpo di gunakan untuk melengkapi saat membuat sayur soup.

Kalau kamu,suka membuat makanan apa dari olehan tahu? Berikan komentar mu dikolom komentar

0 comments:

Post a Comment