Wednesday, 22 November 2017

Film si Pitung, Jagoan Betawi Beraksi Menghibur Warga

Pantun:
Tiap hari kerja capek, bikin badan jadi pegel
Yuk, nonton hiburan bersama warga
Bisa ketawa ketiwi, hilang rasa kesel
Nonton si Pitung dan Benyamin sambil minum bir pletok pelepas dahaga.

Si Pitung cerita rakyat

Hai, Mpo mau tanya nih, Kamu kapan terakhir nonton layar tancep? Kalau Mpo sih, sudah lupa kapan karena lama banget gak nonton layar tancep. Kebetulan Mpo tinggal di kawasan kelurahan Johar Baru, Jakarta pusat. Nah kali ini Mpo mau cerita nih, tentang layar tancep sebagai hiburan rakyat.

Kali ini Layar tancep di pasang di kantor RW 11 di Johar baru, Jakarta pusat. “Hiburan ini merupakan program kerja RW 11” ujar Bang Udin salah satu pengurus RW 11. Nah Tanggal 18 November 2017, Mpo bersama adik dan tetangga datang ke kantor RW 11 buat menyaksikan film si Pitung dan Benyamin Musuh Bebuyutan.

Ternyata penonton yang datang tidak hanya dari kalangan dewasa akan tetapi anak anak. Dua tokoh masyarakat betawi yang telah menjadi legenda yaitu jagoan betawi si pitung dari Rawa Belong dan alm Benyamin Sueb bisa menjadikan pendidikan bagi masyarakat khususnya bagi anak anak yang tidak pernah mengetahui kedua tokoh tersebut. Selain itu pula bisa menjadikan pelajaran bahwa kita harus mencintai budaya sendiri dan harus mempunyai sifat nasionalisme.

Walaupun penontonnya sedikit akan tetapi gelak tawa canda terus menghiasi selama pemutaran film ini. Para penonton yang hadir di berikan kopi susu, snack dan makanan berupa ketan urap dan tempe goreng oleh pengurus RW. Wuih, enaknya malam malam makan sambil nonton film.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pedagang makanan juga turut serta memeriahkan acara ini dengan berjualan sekitar layar tancep. Beraneka macam makanan yang di perdagangkan mulai dari bakso hingga bir pletok. Pokoknya malam itu seru banget tapi untungnya lagi gak musim nyamuk. hem kalau musim bisa neprokin nyamuk sambil nonton layar tancep.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Kalau kamu kapan terakhir nonton layar tancep? Cerita dong pengalaman seru kamu waktu nonton layar tancep di kolom komentar.

0 comments:

Post a Comment