Orang dengan Kebutuhan Khusus bisa Menikmati Jalanan Ibukota.

Ayo tebak mpo ada dimana? Di gedung ini ada ruangan buat disabilitas Pantun:
Jalan jalan ke Pinangsia
Mampir sebentar ke Taman Fatahilah, di kawasan kota
Disabilitas bisa bahagia
Menikmati jalan di ibukota

Jika kita memperhatikan jalanan, ada yang berbeda setiap kita datang ke berbagai tempat baik rumah sakit, kantor pemerintahan yang ada di DKI bahkan di jalanan ibukota yaitu terpasang ubin berta khusus. 

Pemprov DKI selalu memberikan layanan terbaik untuk warganya khususnya bagi penyandang disabilitas dengan terpasangnya ubin bertanda khusus, yang kalau kita raba dengan kaki, maka ada bagian timbul pada ubin tersebut.

Ubin tersebut memiliki tanda yaitu jika ada garis garis maka artinya jalan lurus dan jika ada tanda bulat totol-totol berarti ada perempatan jalan, ada jalan dan harus berhenti.  
Salah satunya ubin khusus ini, terpasang di trotoar di Johar baru, awalnya trotoar ini gunakan untuk berjualan pedagang di gerobak, kini trotoar sepi dari pedagang tersebut dan telah di beri ubin khusus bagi penyandang disabilitas dan di sekililing ubin di beri warna warni yang cerah. manusia yang tidak menyandang disabilitas pastinya sangat senang bisa berjalan trotoar longgar tanpa pedagang, tanpa takut di serempet motor yang lewat.

Saat Mpo ke Perpustakan Nasional, ubin khusus buat penyandang disabilitas juga terpasang di lantai, bahkan ada jalur khusus untuk menuruni kursi roda. 

Oh ya sekedar informasi saja di Perpustakan Nasional juga tersedia buku braile dan ruangan membaca khusus bagi penyandang disabilitas yang berada di lantai tujuh. tidak hanya tanda pada ubin yang ada di jalanan ibukota, akan tetapi Mpo sering melihat para tuna netra yang menaiki transjakarta. Pihak pegawai transjakarta juga sabar menuntun dan membantu para tuna netra.

Warga DKI juga turut membantu jika ada tuna netra saat menuruni tangga busway. Indahnya kebersamaan dan berbagi karena kita semua berhak menikmati fasilitas umum yang ada di DKI.

Menurut kamu, bagaimana sih tanggapan tentang ubin khusus buat penyandang disabilitas tuna netra? Yuk jangan malu untuk menuliskan komentar nya

No comments