Wednesday, 1 November 2017

Dengan Rebranding, Koperasi bisa Maju bersama Generasi Milenial

Pantun :
Jalan jalan ke bekasi
Lihat ada anak muda naik commuterline
Yuk kita majukan koperasi
Jadikan koperasi Indonesia menjadi number one
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Perjalanan siang ini Mpo dan teman blogger dari indoblognet menuju ke kawasan kuningan tepatnya di Kementrian Koperasi dan UKM, di tempat tersebut sedang di selenggarakan workshop dengan tema: pemuda dan rebranding koperasi di era milenial . Di acara tesebut, Mpo berkenalan dengan Defa yang juga salah satu peserta workshop dan pengurus koperasi Cakra Dara Mandiri .

Defa perempuan cantik, ceria dan bersahabat adalah teman ngobrol yang asik sebelum acara di mulai. Defa sempat bercerita suka duka menjadi pengurus koperasi khususnya di kalangan milenial. Generasi muda di koperasi Cakra Dara Mandiri sudah di perdayakan untuk menjadi pengurus koperasi . Alhamdullilah koperasi Cakra Dara Mandiri sudah mempunyai banyak unit usaha walau anggota koperasi nya belum begitu banyak
.
Habis workshop ini kita jadi tahu bahwa peran generasi millenial sangat membantu dalam membangun dan mengembangkan koperasi indonesia di masa depan. Pembicara workshop : * bapak Ir meliadi sembiring M,sc selaku deputi bidang kelembagaan kementerian koperasi & ukm. * bapak Pendi yusuf M effendi selaku ketua umum KOPINDO * bapak Bagio Sudarsono selaku sekretaris deputi kelembagaan kesektariat kementerian koperasi dan ukm *bapak Suroto, HC praktisi koperasi @indoblognet @kemenkopukm #koperasi #koperasiindonesia #anggotakoperasi #SHU #anggarankoperasi #mitra #pohonberinginpadidankapas #logo #rebranding #koperasikaryawan #koperasimahasiswa #kopma #koperasinelayan #koperasipetani #hobby #koperasuberdasarkanhoby #lokasi #rebranding #brand #branding #generasi #generasimuda #generasumilenial #pemuda #pemudi #sumpahpemuda #pemudaindonesia #ukirankata #indonesia #jakarta
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Oh ya, kamu tahu gak sih apa itu koperasi? Hem, pertanyan ini bisa jadi tolak ukur bahwa generasi muda zaman sekarang hanya pernah mendengar selintas, apa itu koperasi?. Menurut Bapak Ir Meliadi Sembiring, MSc selaku Deputi bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi UKM Mengatakan “pencitraan koperasi haruslah di rubah khususnya pada generasi milenial , yang sasarannya adalah orang orang hanya mengetahui koperasi secara samar samar, mereka yang hanya tahu tentang kejelekan koperasi atau mereka hanya tahu bahwa koperasi identik dengan simpan pinjam atau mendengarkan koperasi dari cerita orangtuanya yang dahulu menjadi anggota koperasi".

Kamu, ya kamu , adalah generasi milenial yang merupakan asset bangsa Indonesia . Indonesia di anugrahkan jumlah penduduk yang sangat besar, Bagaikan dua mata sisi, jika kita tidak memanfaatkan dengan baik maka jumlah penduduk yang besar akan kembali menjadi boomerang. Oleh karena itu, peran generasi milenial untuk turut serta dalam mengembangkan koperasi.

Koperasi zaman now adalah koperasi yang bisa menjembati hoby seseorang, harus bisa menjadi bagian dari passion seseorang dan koperasi yang care. Seperti koperasi yang ada di Negara Singapura yang peduli terhadap anak tuna wicara ujar Suroto selaku praktisi koperasi.

Rebranding koperasi haruslah melibatkan semua unsur mulai dari regulasi pemerintah terhadap undang undang, pengurus koperasi itu sendiri, produk produk yang di jual di koperasi . Hal ini di paparankan lebih lanjut oleh Bapak Bagio Sudarsono bahwa Rebranding koperasi bisa dimulai dengan cara :
1. Logo
Selama ini kita ketahui bahwa banyak koperasi yang menggunakan logo pohon beringin, padi dan kapas . Di masa generasi milenial, saatnya kita membuat logo koperasi yang kece dan sesuai dengan jenis usaha koperasi tersebut. Dalam pemberian tulisan logo haruslah yang efektif, bahasa yang komunikatif, menarik, tidak mudah diganti ganti dan tahan lama.

2. Lokasi
Lokasi koperasi haruslah yang strategis sesuai dengan tempat tinggal para anggota misalnya koperasi nelayan di lingkungan nelayan.

3. Rebranding via Endorser terpecaya
Dengan memanfaatkan icon artis terkenal atau petinggi dan tokoh masyarakat yang mempunyai karismatik untuk bisa menyampaikan misi dan visi koperasi

4. Rebranding via inovasi produk
Bisa menggunakan produk-produk khas daerah yang sudah terkenal, lalu kita beri inovasi baik bahan baku, atau cara pembuatannya plus dikemas dengan tampilan yang berbeda sehingga menarik pelanggan untuk membelinya dan bangga memakainya.

5. Rebranding via premiumisasi merk.
Dengan membedakan adanya produk premium dan produk biasa, maka kita bisa menjual dengan segmentasi dengan kelas berbeda seperti ngopi di kalangan kaum hipster, produk bolu dengan bahan bahan premium.

6. Rebranding via product improvement
Merk yang terkenal tidaklah cukup dengan sebuah brand lama maka perlu produk improvement lewat produk yang berkualitas.

7. Rebranding via mengubah brand image
Dengan perubahan merk juga harus mampu menawarkan varian-varian baru.

8. Rebranding via premium brand
Dengan competitive price. Dengan menghadirkan produk yang ternama akan tetapi dengan harga yang lebih di jangkau oleh masyarakat seperti bolu dengan bahan yang berkualitas dengan ukuran loyang yang bervariasi sehingga harga terjangkau .

9. Rebranding via menganti tagline
Rebranding dengan tagline yang oke, singkat dan padat juga komunikatif seperti “memberikan kemudahan”


10. Rebranding smart online campaign
Koperasi haruslah bisa membidik generasi milenial yang suka akan kemudahan dalam berinteraksi di dunia maya sehingga para pengurus koperasi haruslah mengkampayekan program program nya lewat dunia maya dan juga memperkenalkan produk unggulan.

11. Rebranding produk kreatif.
Biasanya di kala sesorang mendapatkan kesulitan maka akan muncul ide ide baru yang kreatif dan eksprential. Nantinya produk tersebut bisa menjadikan nilai jual yang lebih baik daripada asal mulanya.

12. Rebranding slogan visioner
Dengan slogan yang sangat personal, informal dan inovatif . Dengan adanya rebranding maka anak generasi milenial bisa masuk menjadi anggota koperasi dan menjadi bagian pengurus koperasi.

Sudahkah kamu menjadi anggota koperasi? yuk tulis di kolom komentar ya

13 comments:

  1. Kagum dengan para pengurus koperasi yang masih eksis di jaman digital seperti sekarang.

    Semoga semakin eksis serta ramah digital, jadi berkembang sejalan dengan kemauan, kebutuhan plus tantangan generasi milenial jaman now.

    ReplyDelete
  2. Udah donk di lingkungan RW rumah Mama. Aku ikutan koperasi dari jamannya masih gadis. Alhamdulillah banyak banget manfaatnya, kalo lagi butuh duit dadakan tinggal pinjem intensif hihii

    ReplyDelete
  3. Aku sudah dong, jadi anggota koperasi. Masih bertahan hingga sekarang.

    Anak muda zaman sekarang harus tahu tentang koperasi, fungsi dan manfaatnya. Nica sharing, mbak ^^

    ReplyDelete
  4. Kami ikut koperasi di tempat kerja suami. Maklum di kampung koperasi ramainya pas mau Lebaran aja. Ramai sama yg pinjem duit. Hahaha

    Salam
    Okti Li

    ReplyDelete
  5. Keren sekalo program rebranding untuk koperasi.

    Karena memang dijaman now sosialisasi ttg koperasi krg, or apa sy nya aj yg kudet ya...tfs mbak

    ReplyDelete
  6. Koperasi di dekat rumahku masih eksis sampe sekarang mbak. Cuma ya memang tidak banyak anak muda yang ikutan. Rebranding memang diperlukan sepertinya.. ^^

    ReplyDelete
  7. Mamaku juga ikut jadi anggota koperasi dekat rumah, banyak manfaatnya kok.

    ReplyDelete
  8. Zaman sekarang, koperasi emang kudu menginguti dgn cara melakukan rebranding2 itu ya Mpok, supaya peminatnya pun gk cuma yg senior tapi pemuda pun tertarik utk simpan, pinjam, atau beli koperasi TFS

    ReplyDelete
  9. Sebagai karyawanbyg udhb12 th kerja di koperasi, akubsenangnbaca tulisan ink

    ReplyDelete
  10. Aku belum jadi anggota koperasi,padahal info temen-temen bagus,menjanjikan

    ReplyDelete
  11. aku blm pernah jadi anggota koperasi.. hehe

    ReplyDelete
  12. Woww seru nih pastinya, saya baru tahu nih mbak kalau Koperasi sekarang sudah merambah pasar anak muda! Ide cerdas untuk mengimbangi masuknya kapitalis di negeri ini

    ReplyDelete
  13. Dahulu koperasi begitu berjaya di tanah air, namun tampaknya pamornya kian meredup terutama dikota2 besar

    ReplyDelete