Sunday, 12 November 2017

Nyawa Anda Lebih Berharga

A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pantun :
Mau pergi naik transjakarta
Armada milik warga Jakarta
Yuk jangan di langgar demi keselamatan kita
Peraturan dibuat untuk kita bersama

Entah sudah beratus ratus kali, Mpo naik transjakarta. Transjakarta adalah armada yang nyaman, murah dan aman. Pemerintah kota Jakarta dan pihak Transjakarta terus bebenah diri memberikan pelayanan terbaik bagi warga Jakarta. Akan tetapi sangat di sayangkan justru warga nya sendiri yang melanggar.

Entah apa yang dipikiran mereka, mengapa mereka melanggarnya? Ah itulah manusia, tidak semua nya bisa berbuat baik. Salah satu kemungkinan mereka melanggar adalah faktor kecapean atau malas. Ya mungkin faktor itulah yang membuat warga Jakarta berani melewati separator busway. Melewati separator bukan hanya di lakukan oleh masyarakat yang di lalui jalur busway akan tetapi juga di lakukan para penumpang yang nekad turun ke bawah dan melewati separator busway.

Hal ini, sangatlah di sayangkan bahwa mereka lupa bahwa nyawa adalah taruhannya dan mereka bisa menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Daripada menjadi korban kecelakaan, alangkah indahnya jika kita mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan demi keselamatan kita bersama.

Tahu Tuna Pacitan

Pantun
Jalan jalan ke pacitan
Pesona alam indahnya bikin kita terpana
Sebelum kita berpetualang, yuk kita jaga kesehatan
Sarapan dulu dengan makan soup tahu tuna

Tepatnya jam enam pagi sudah ada di meja makan soup tahu, Mpo bingung karena tukang tahu yang biasa lewat di depan rumah datang jam 6.30 wib. “Ma, emang tukang tahu sudah lewat, kok sudah ada tahu di rumah?” tanyaku kepada mama. Mama Mpo menjawab dengan singkat “ belum datang tukang tahu, itu soup memakai tahu tuna frozen yang kamu beli beberapa waktu yang lalu”.

Tahu, panganan terbuat dari ampas kacang kedelai, sangatlah di gemari keluarga Mpo. Hampir tiap hari ada tahu di rumah Mpo, hal itu di dukung karena ada tukang tahu yang lewat setiap hari di rumah. Bahkan Mpo tinggal naruh piring lebar dan di bawahnya sejumlah uang, yang Mpo taruh di luar rumah, Nah kalau ada piring tersebut abang tukang tahu, sudah mengetahui harus mengisi tahu di piring tersebut.

Yap, kita balik lagi ya cerita tentang tahu tuna. Tahu tuna ini, Mpo membelinya di teman di dalam satu komunitas Wajah bunda Indonesia yang bernama bunda Eva. Dari percakapan bunda Eva via WhatApp mengatakan “ tahu ini best seller di Pacitan, yang mana Pacitan terkenal dengan penghasil ikan tuna”.


Sebenarnya Tahu tuna dalam bentuk frozen sehingga awet beberapa waktu yang lama, sehingga kita bisa menyantapnya kapan pun. Merk dagang tahu ini adalah tahu tuna pak Ran yang di produksi di Pacitan, Jawa Timur. Dengan berat 400 gram kita bisa mendapatkan 10 buah tahu.Oh ya di tengah tahu ini ada aci ikan tuna .Komposisi acian ikan tuna banyak dan penuh. Soal rasa enak, kenyal acian tidak terlalu keras dan saat di makan terasa ikan tuna nya. Untuk mendapatkan tahu tuna ini bisa di peroleh dengan harga Rp12.500 .

Sebenarnya tahu ini bisa di padu padakan dengan makanan apapun seperti batagor siomay, dimakan bersamaan dengan sambal kacang atau sambal petis atau di makan langsung dengan terlebih dahulu di goreng terlebih dahulu. Akan tetapi kali ini di rumah Mpo di gunakan untuk melengkapi saat membuat sayur soup.

Kalau kamu,suka membuat makanan apa dari olehan tahu? Berikan komentar mu dikolom komentar

Ajak Keluarga kita untuk Melakukan Pola Hidup Sehat


Pantun:
Ayo Bangun pagi dan lakukan olahraga.
Menjalani hari hari dengan penuh semangat.
Ajak turut serta keluarga
Menjaga pola hidup sehat dan lingkungan sehat

Ayo ngaku siapa yang ingin masa mudanya sehat, ketika tua bisa nikmat? Pastinya ingin dong, ketika tua nanti kita jarang sakit sehingga tidak menyusahkan anak cucu. Kesehatan memang penting dan haruslah menjadi kebiasan hidup. “Kesehatan selalu di gambarkan dengan rumah sakit, padahal rumah sakit adalah pilihan yang terakhir setelah kita melakukan pola hidup sehat, mempunyai lingkungan sehat, menjaga kebersihan diri dan barulah rumah sakit” ujar Bapak Yusuf Kalla ketika memberikan sambutan pada acara Hari Kesehatan Nasional ke 53 di arena car free day,Jakarta.

A post shared by mporatne (@mporatne) on
 
Dalam rangkain acara Hari Kesehatan Nasional di selenggarakan berbagai macam acara di antaranya pameran kesehatan produksi dalam negri, tabur bunga di makam pahlawan,seminar kesehatan, parade doktor,senam peregangan bersama, bazar buah, pemeriksaan gratis bagi pengunjung car free day, Selain itupula melakukan video conference Bapak Yusuf Kalla, Ibu Nila Moeloek dengan berbagai daerah yaitu Palu, Denpasar, Banjarmasin, Bengkulu, Pekanbaru, Surabaya. Para instansi pemerintah sebanyak 23 team juga mengikuti karnaval sehat GERMAS yang di mulai dari Patung Kuda, silang Monas sampai Bundaran Hotel Indonesia .

Mpo, anggota BloggerCrony dan jajaran Kementrian Kesehatan mengikuti senam peregangan bersama sama dan akhirnya kita mendapatkan rekor dunia dengan peserta terbanyak 22.000 peserta. Hari Kesehatan Nasional di peringati setiap tanggal 12 November, yang kali ini mengusung tema “sehat keluargaku, sehat indonesiaku”. “Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasan,prilaku dan gaya hidup sehat, oleh karena itu kita terus berupaya untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga” Pesan Mentri Kesehatan Nila Moeloek.


A post shared by mporatne (@mporatne) on


Oleh karena itu perlu peranan seorang ibu dalam menanamkan pola hidup sehat di keluarganya di mulai sejak anak kita sedari kecil dengan membiasakan makan sayuran dan buah, mengambar buah buahan dan menjelaskaan manfaatnya makan buah dan sayuran.

Ngomongin keluarga,Mpo jadi ingat keluarga di rumah yang senang makan buah dan sayuran. Ketika mentari belum menampakan sinarnya, Mpo bersama mama dan adik suka jalan pagi. Nah, Kalau kamu gimana menjaga kesehatan di keluarga mu? Yuk cerita dong di kolom komentar.

Wednesday, 1 November 2017

Dengan Rebranding, Koperasi bisa Maju bersama Generasi Milenial

Pantun :
Jalan jalan ke bekasi
Lihat ada anak muda naik commuterline
Yuk kita majukan koperasi
Jadikan koperasi Indonesia menjadi number one
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Perjalanan siang ini Mpo dan teman blogger dari indoblognet menuju ke kawasan kuningan tepatnya di Kementrian Koperasi dan UKM, di tempat tersebut sedang di selenggarakan workshop dengan tema: pemuda dan rebranding koperasi di era milenial . Di acara tesebut, Mpo berkenalan dengan Defa yang juga salah satu peserta workshop dan pengurus koperasi Cakra Dara Mandiri .

Defa perempuan cantik, ceria dan bersahabat adalah teman ngobrol yang asik sebelum acara di mulai. Defa sempat bercerita suka duka menjadi pengurus koperasi khususnya di kalangan milenial. Generasi muda di koperasi Cakra Dara Mandiri sudah di perdayakan untuk menjadi pengurus koperasi . Alhamdullilah koperasi Cakra Dara Mandiri sudah mempunyai banyak unit usaha walau anggota koperasi nya belum begitu banyak
.
Habis workshop ini kita jadi tahu bahwa peran generasi millenial sangat membantu dalam membangun dan mengembangkan koperasi indonesia di masa depan. Pembicara workshop : * bapak Ir meliadi sembiring M,sc selaku deputi bidang kelembagaan kementerian koperasi & ukm. * bapak Pendi yusuf M effendi selaku ketua umum KOPINDO * bapak Bagio Sudarsono selaku sekretaris deputi kelembagaan kesektariat kementerian koperasi dan ukm *bapak Suroto, HC praktisi koperasi @indoblognet @kemenkopukm #koperasi #koperasiindonesia #anggotakoperasi #SHU #anggarankoperasi #mitra #pohonberinginpadidankapas #logo #rebranding #koperasikaryawan #koperasimahasiswa #kopma #koperasinelayan #koperasipetani #hobby #koperasuberdasarkanhoby #lokasi #rebranding #brand #branding #generasi #generasimuda #generasumilenial #pemuda #pemudi #sumpahpemuda #pemudaindonesia #ukirankata #indonesia #jakarta
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Oh ya, kamu tahu gak sih apa itu koperasi? Hem, pertanyan ini bisa jadi tolak ukur bahwa generasi muda zaman sekarang hanya pernah mendengar selintas, apa itu koperasi?. Menurut Bapak Ir Meliadi Sembiring, MSc selaku Deputi bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi UKM Mengatakan “pencitraan koperasi haruslah di rubah khususnya pada generasi milenial , yang sasarannya adalah orang orang hanya mengetahui koperasi secara samar samar, mereka yang hanya tahu tentang kejelekan koperasi atau mereka hanya tahu bahwa koperasi identik dengan simpan pinjam atau mendengarkan koperasi dari cerita orangtuanya yang dahulu menjadi anggota koperasi".

Kamu, ya kamu , adalah generasi milenial yang merupakan asset bangsa Indonesia . Indonesia di anugrahkan jumlah penduduk yang sangat besar, Bagaikan dua mata sisi, jika kita tidak memanfaatkan dengan baik maka jumlah penduduk yang besar akan kembali menjadi boomerang. Oleh karena itu, peran generasi milenial untuk turut serta dalam mengembangkan koperasi.

Koperasi zaman now adalah koperasi yang bisa menjembati hoby seseorang, harus bisa menjadi bagian dari passion seseorang dan koperasi yang care. Seperti koperasi yang ada di Negara Singapura yang peduli terhadap anak tuna wicara ujar Suroto selaku praktisi koperasi.

Rebranding koperasi haruslah melibatkan semua unsur mulai dari regulasi pemerintah terhadap undang undang, pengurus koperasi itu sendiri, produk produk yang di jual di koperasi . Hal ini di paparankan lebih lanjut oleh Bapak Bagio Sudarsono bahwa Rebranding koperasi bisa dimulai dengan cara :
1. Logo
Selama ini kita ketahui bahwa banyak koperasi yang menggunakan logo pohon beringin, padi dan kapas . Di masa generasi milenial, saatnya kita membuat logo koperasi yang kece dan sesuai dengan jenis usaha koperasi tersebut. Dalam pemberian tulisan logo haruslah yang efektif, bahasa yang komunikatif, menarik, tidak mudah diganti ganti dan tahan lama.

2. Lokasi
Lokasi koperasi haruslah yang strategis sesuai dengan tempat tinggal para anggota misalnya koperasi nelayan di lingkungan nelayan.

3. Rebranding via Endorser terpecaya
Dengan memanfaatkan icon artis terkenal atau petinggi dan tokoh masyarakat yang mempunyai karismatik untuk bisa menyampaikan misi dan visi koperasi

4. Rebranding via inovasi produk
Bisa menggunakan produk-produk khas daerah yang sudah terkenal, lalu kita beri inovasi baik bahan baku, atau cara pembuatannya plus dikemas dengan tampilan yang berbeda sehingga menarik pelanggan untuk membelinya dan bangga memakainya.

5. Rebranding via premiumisasi merk.
Dengan membedakan adanya produk premium dan produk biasa, maka kita bisa menjual dengan segmentasi dengan kelas berbeda seperti ngopi di kalangan kaum hipster, produk bolu dengan bahan bahan premium.

6. Rebranding via product improvement
Merk yang terkenal tidaklah cukup dengan sebuah brand lama maka perlu produk improvement lewat produk yang berkualitas.

7. Rebranding via mengubah brand image
Dengan perubahan merk juga harus mampu menawarkan varian-varian baru.

8. Rebranding via premium brand
Dengan competitive price. Dengan menghadirkan produk yang ternama akan tetapi dengan harga yang lebih di jangkau oleh masyarakat seperti bolu dengan bahan yang berkualitas dengan ukuran loyang yang bervariasi sehingga harga terjangkau .

9. Rebranding via menganti tagline
Rebranding dengan tagline yang oke, singkat dan padat juga komunikatif seperti “memberikan kemudahan”

Kopi Kapal Api, Jelas Nikmatnya di Segala Suasana

Pantun:
Minum kopi biar mata melek.
Habis bangun tidur, lakukan sholat subuh.
Kapal Api bisa langsung di seduh dan langsung di glek…glek
Harum aromanya merelax tubuh.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Tanggal 28 Oktober Mpo sudah janjian dengan teman satu komunitas untuk datang sebuah acara tentang wirausahawan. Kita janjian di halte busway Matraman jam 08.00 pagi. Ehm sebelumnya jalan ke halte busway tersebut Mpo bangun agak terlambat.

Sebelum berangkat ke halte genjing, Mama nitip nanas untuk di bukain kulitnya ke tukang nanas, ya sudahlah sekalian jalan pikir ku. Eh ya sampai lupa sarapan, karena buru buru, yang ada di toples Mpo embat yaitu biskuit dan kebetulan adik Mpo sedang melintas di depan Mpo sambil membawa kopi, langsung aja ku ambil dan glek..glek kopi mengalir di tenggorokan. “Duh aku, minum dikit biar tidak ngantuk “ jawabku. Adik Mpo yang ngelihat kelakukan kakaknya, hanya geleng geleng kepala.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Beruntungnya Mpo Indah sudah ada di sana dan tidak ngomel ngomel atas keterlambatan Mpo, maaf ya. Lalu kita melanjutkan ke tempat acara. Sesampai di tempat acara, kita datang tidak terlambat dan panitia menyuruh kami untuk minum teh atau kopi sebelum acara di mulai. Mpo dan Mpo Indah memilih kopi. kita tinggal tuangkan air panas, masukan kopi yang sudah ada gulanya di dalam kemasan dan sesudah kita klotak-klotek gelas akhirnya secangkir kopi dapat kita nikmati. Oh ya sambil ngopi kita juga kenalan dengan anggota komunitas yang lain dan para undangan yang datang. Tidak terasa panggilan Mc untuk memulai acara dan kami masuk ke ruangan.

Pembahasan materi yang kami terima beragam mulai dari testimoni keberhasilan salah satu seorang enterprenuer sampai mengelola budgeting. Akhirnya pas pembahasan keuangan, mata kami mulai agak ngantuk akhirnya aku dan inda memutuskan untuk ke toilet . Sesudah ke toilet, kami melihat ada beberapa orang yang sedang duduk sambil ngopi, kemungkinan kita mengalami hal yang sama yaitu ngantuk dan pembahasan yang agak berat. Ops akhirnya kita ikutan ngopi dan sambil selfie untuk menghilangkan kejenuhan. Setelah itu kita kembali ke dalam acara untuk melanjutkan materi yang lainnya.
Oh ya kopi yang kita minum saat di event dan di rumah dengan menggunakan merk yang sama yaitu kopi kapal api. Kalau di tanya kenapa kita minum kopi kapal api http://waktunyakapalapi.com yang pastinya karena biji kopinya yang mengeluarkan aroma yang harum bahkan saat kita membuka kemasan dan keharuman akan terus kita rasakan ketika air panas menyatu dengan kopi. Selain banyak manfaat yang bisa rasakan jika minum kopi kapal api secara teratur. Di warung kecil sampai di sepeda keliling pasti ada kopi kapal api.

Tulisan ini untuk mengikuti lomba blog kapal api . Kalau kamu minum kopi karena apa ya? Jawab yuk di kolom komentar