Sunday, 1 October 2017

Duta muda ASEAN Bertugas Mempromosikan Informasi Tentang Negara ASEAN

Pantun :
Bertemu dengan Duta Muda ASEAN
selain menambah pengetahuan juga bisa berfoto bersama
Harus lulus tahapan seleksi untuk mendapatkan kemenangan
Membantu kampanye dan memberikan informasi tentang negara ASEAN, merupakan tugas utama.

Sehabis pulang dari event, Mpo sengaja tidak pulang kerumah karena Mpo mau CGV Grand Indonesia untuk menyasikan film-film dari negara ASEAN yang sedang di putar di tempat tersebut. Acara yang sedang di selenggarakan bernama Korea-ASEAN Cinema Week yang belangsung dari tanggal 29 September 2017 sampai tanggal 1 October 2017. Sesampainya di CGV, Mpo sempat ngobrol sebentar dengan mas Imam selaku kordinator dari CGV dan bertanya “di situ ada apaan ya mas?, Mpo sambil menunjuk stand yang berada dekat tangga jalan”. Dari penjelasan mas Imam “itu corner ASEAN, kita bisa lebih banyak mengetahui banyak tentang ASEAN dan ada hadiahnya bagi yang bisa menjawab”.
Karena penasaran Mpo melanjutkan langkah untuk datang ke corner ASEAN, Disana ada tiga orang yang terdiri dari dua orang wanita dan satu orang laki laki. Di antara dua orang tersebut, salah satunya memakai selempang dengan tulisan Duta Muda ASEAN tahun 2017.Untuk yang laki-laki juga memakai selempang yang sama.

Kedua anak muda yang cantik dan ganteng ini, bikin Mpo tambah penasaran. Akhirnya Mpo kenalan juga sama mba Yeni yang merupakan salah satu finalis dari lampung dan Mas Westra pemenang juara satu Duta Muda ASEAN. Sebelumnya Mpo minta maaf karena menganggu tugasnya sebagai duta muda ASEAN untuk ngobrol bareng sama Mpo.

Dari penjelasan Mas Westra “Duta Muda ASEAN bertugas membantu kampanye dan Informasi tentang ASEAN ke masyakarat”. Untuk pendaftaran menjadi Duta Muda ASEAN terbuka untuk umum dan menjadi Duta Muda ASEAN pastinya tidaklah mudah karena harus melewati tahapan tiga tahapan yaitu menulis esai 1000 kata dengan tema yang telah di tentukan, Setelah di seleksi secara ketat akhirnya 200 orang masuk ke tahapan selanjutkan dengan membuat pesan melalui video dengan durasi 1-2 menit dan akhirnya terpilih 68 orang untuk memasuki tahap Grand final. Yang namanya Duta Muda pastinya usianya harus muda, yang berusia 18-25 tahun.


Di tahap grand final ke 68 orang ini harus bisa menaklukan hati dewan juri untuk di pilih menjadi Duta Muda ASEAN. Akhirnya terpilihlah Duta Muda Asean mas Westra dari Jakarta dan Mba Asyana dari Yogyakarta yang sekarang sedang belajar di prancis. Mas Westra “menjadi Duta Muda ASEAN mempunyai tantangan tersendiri bagi saya agar masyarakat tahu tentang ASEAN dengan cara yang mudah seperti menjawab pertanyaan seputar ASEAN”.

Mpo juga ikutan loh menjawab seputar ASEAN, jujur nih saat mba Yeni ngasih pertanyaan. Mpo jawab dengan bantuan google. Dengan membuat games seperti ini, masyarakat yang berada di CGV grand Indonesia jadi antusias buat ikutan games. Tidak hanya orang Indonesia saja yang ikutan games akan tetapi juga warga asing juga ikutan. Nah kalau kamu bisa menjawab pertanyaan dari Duta Muda ASEAN nantinya kita bisa mendapatkan souvenir cantik.

Oh ya perlu diketahui bahwa Mas Westra dan mba Asyana merupakan orang pertama di Indonesia menjadi Duta Muda ASEAN dan negara negara ASEAN lainnya belum mempunyai duta dari negara masing masing. Wah pastinya bangga banget ya, ternyata Indonesia pointer yang mempunyai Duta Muda ASEAN.

Jangan lupa follow instagram @dutamudaasean dan tahukah kamu tentang ASEAN? Yuk tuliskan di kolom komentar dong.

0 comments:

Post a Comment