Friday, 22 September 2017

Index Tetra Pak 2017 Menghadirkan Trend Kemasan Makanan dan Minuman

Pantun:
Menjamurnya belanja online
menjual lewat social media ,bisa mendulang panen
pengen dong, barang yang di jual menjadi barang nomor one
Kemasan yang menarik, bisa memikat konsumen

Apa yang terlintas ketika mendengar kemasan? Pastinya kemasan yang menarik, cantik dan bisa memuaskan mata kita sehingga kita tertarik untuk membelinya. Walau terkadang rasa tidak sama dengan kemasannya. Nah cerita dibalik kemasan ada cerita unik saat Mpo bermain ke rumah teman sewaktu SMEA .Teman anak tersebut sedang berulangtahun dan mendapatkan kiriman nasi tumpeng mini dari tantenya. Karena itu hari itu tidak ada perayaan ulang tahun maka kiriman dari tante kita makan bersama. Nasi tumpengnya enak dan mengugah selera banget . Sebelum makan Mpo sempat lihat label yang ada dikemasan tersebut dan kebetulan tercantum nama instagram nasi tumpeng tersebut.

Eh sambil makan nasi tumpeng mini Mpo sambil melihat instagram, ternyata pas lihat foto fotonya cantik banget, tidak hanya penataan yang bagus dan menggugah selera akan tetapi juga kemasan yang indah. Pantas saja jika instagram tersebut mendapatkan like banyak dari follower nya. Sampai-sampai anak teman Mpo memajang label nama perusahan tersebut di taruh di meja belajar sebagai motivasi buat nya agar bisa segera menghatamkan alquran dan ia meminta ibunya untuk membeli nasi tumpeng mini tersebut, yang akan di bagikan ke tetangga dan teman pengajin ketika selamatan hatam al-quran.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Jika itu cerita dari sisi konsumen lalu apa sih gunanya memerlukan kemasan yang cakep bagi perusahan , Nah pada tanggal 20 September 2017 bertempat di Fairmont Hotel, ibu Cynthia Tenggara selaku owner of BerryKitchen Menjelaskan bahwa “Kemasan itu penting, bahkan Berry Kitchen mempunyai kemasan edisi khusus seperti Hari Kemerdekaan RI” .

Karyawan BerryKitchen yang berjumlah 170 orang karyawan yang dianggap sebagai keluarga. BerryKitchen yang tidak hanya menjual secara makanan akan tetapi juga menjual bumbu masak dan mengajak 5 chef selebiriti untuk memasak di dapur BerryKitchen yang di jual secara online. BerryKitchen mempunyai kemasan khusus dan mempunyai alokasi dana dalam membuat kemasan menjadi lebih menarik.

Fenomena belanja online sedang booming. Bapak Tuhu Nugraha selaku Digital Marketing Expert menjelaskan “Orang Indonesia belanja melalui social media, hal ini disebabkan orang tidak hanya sekedar membeli akan tetapi juga bertanya berbagai hal kepada admin sebagai contoh menanyakan warna baju cocok dengan warna kulit si konsumen”. Jadi interaksi admin dengan konsumen sangat diperlukan dalam membeli suatu barang. Saat mendapat penjelasan Bapak Tuhu , itu Mpo banget yang suka nanya hal-hal kecil saat belanja .


Untuk mengetahui trend apa yang terjadi di 2017 tentang the connected consumer maka Tetra Pak melakukan Tetra Pak index 2017 .Index ini sudah memasuki tahun ke sepuluh , dimana tiap tahun terta pak mencoba memberitahu trend yang terjadi di masa sekarang dan tema tiap tahun bereda beda . Oh ya apa sih trend kemasanan makanan dan minuman pada tahun ini, hal ini di paparkan oleh Gabrielle Angriani selaku communication Manager Of Tetra Pak Indonesia . 3,6 Milyar juta orang menggunakan semua flatfom media sosial dengan rata rata online pengguna 4 jam dalam sehari.

Para konsumen membeli barang melalui social media karena sebanyak 58 % konsumen terkoneksi dengan merk dimana konsumen bisa membeli, mengupload dan berharap brand akan merespon mereka . Para konsumen ini percaya akan teman dan review sebelum membeli. Dari 58 % ini terbagi atas tiga jenis golongan yaitu hanya sekali sekali aja online , melihat review doang tanpa komentar dan Super leader . Oh ya super Leader itu adalah konsumen yang indenpenden tanpa di bayar yang membeli produk, tidak malu malu lagi mention perusahaan dan meriew atas produk tersebut. Nah golongan super leader ini ternyata hanya 7 % atau 250 juta orang . oh ya golongan super leader ini perlu diingat kan untuk menuliskan dengan bahasa yang baik,santun dan benar karena kalau kita menuliskan sesuatu di social media ada peraturan ITE yang harus kita patuhi bersama .

Selain maraknya pembelian melalui social media juga marak dengan e-commeres makin maraknya pembelian memalui online menyebabkan para perusahan haruslah membuat kemasan yang menarik sehingga para pembeli di berniat ntuk membelinya. Untuk trend kemasan tahun ini Tetra Pak dimana kemasan tidak hanya sekedar kemasan produk tapi dikemas secara menarik dengan mengabungkan virtual dengan kenyatan . Tetra Pak kedepan akan membuat alat dan pemprosesan kemasan dalam satu alat akan tetapi bisa di gunakan untuk beberapa desain dan label yang berbeda. Label tersebut bisa digunakan secara bersama sama oleh pengusaha online atau UKM. Tetra Pak yang bergerak di bidang pengemasan dan pemprosesan F&B mempunyai team tersendiri yang membantu para perusahan untuk konsultasi kemasaan yang cocok untuk produk mereka. Nah setelah mengetahui betapa pentingnya kemasan bagi usaha yang sedang anda rintis oleh karena itu perlu memerhatikan kemasan.

Oh ya sharing dong kamu itu tipe pembeli online jenis apa ya ? pilih dan komentar dong di kolom komentar ,apakah kamu tipe orang yang sekali-kali online atau hanya membaca review atau super leader

14 comments:

  1. penting banget kemasan itu harus ramah lingkungan. Makasih infonya ye mpokk..

    ReplyDelete
  2. Kemasan yang baik bisa meminimalisir kerusakan produk. Trims infonya ya mpo

    ReplyDelete
  3. Saya jaranf sekali beli online kecuali pas promo. Soalnya kalau di kalkulasi lebih murah belanja langsung daripada belanja online 😀.

    ReplyDelete
  4. Tetra Pax ini sering dipake produk2 terkenal kayak susu UHT. Jadi familiar banget dgn namanya.

    ReplyDelete
  5. Selain simpel dan praktis, ternyata limbahnya ramah lingkungan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walau bumi makin tua wajib kita jaga bersama

      Delete
  6. Aku termasuk yg jarang beli online mpok, palingan sekali sekali aja. Lebih suka belanja langsung. Btw kmasan tetrapack itu emang bagus ya. Aku suka recyle lagi lho kmasannya hehe buat kerajinan tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ternyata MBa ada bakat terpendam ya

      Delete
  7. Kemasan yg menarik pasti akan memikat hati untuk memiliki tp yg terpenting adalah kemasan itu aman untuk kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup ane juga memperhatikan kemasan yg aman buat kesehatan

      Delete