Thursday, 31 August 2017

MRT Mengajak Keterlibatan Warga Jakarta

terhindar dari macet jakarta
MRT
(Dokumentasi : Website MRT)
Pantun :
Siapa tidak kenal Jakarta
Hingar bingarnya kota metropolitan
MRT itu milik kita bersama
transportasi darat solusi kemacetan

Gak apa-apa Mba macet sebentar, Kalau gak macet gak ada perubahan untuk Jakarta untuk kedepan. Ayo pilih mana, macet selamannya atau sementara “ itulah jawaban Mpo ketika di tanya lewat telepon oleh lembaga survey tentang proyek MRT beberapa tahun yang lalu.

Jakarta, kota yang super sibuk sampai sampai saking sibuknya kita bisa tua di jalan, inilah perumpaman yang biasa kita dengar di kalangan warga Jakarta . itulah Jakarta yang mana warga nya lebih senang mengendarai kendaraan pribadi daripada menggunakan transportasi umum . menurut data Pemprov DKI tahun 2016 menyatakan :

  • Jumlah penduduk Jakarta 10.075.300
  • Jumlah Kendaran roda empat 4.399.595
  • Jumlah Motor 13.084.372
Oleh karena itu pemerintah mengalakan untuk Naik Transportasi umum dan meninggalkan transportasi pribadi. Banyak peraturan pemprov DKI yang membuat peraturan daerah menggalakan program ini dan terus berupaya untuk mengatasi kemacetan dengan transportasi umum. Hari demi hari pemprov DKI terus bebenah diri mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum yang nyaman, aman , murah di jangkau masyarakat dan bebas macet.

MRT adalah salah satu proyek yang dinantikan oleh warga DKI. Pembangunan MRT dibangun selama 3 fase yaitu
1. Fase pertama lebak bulus-bundaran HI sepanjang 16 km dan rencannya bisa beroperasi 1 Maret 2019.
2. Fase kedua Bundaran HI - Ancol barat sepanjang 13,5 km dan rencanya bisa beroperasi tahun 2021.
3. Fase ketiga Cikarang – Balaraja sepanjang 87 km rencanya akan selesai sekitar 2027.

Untuk fase pertama tersedia 16 kereta yang mana 14 untuk beroperasi sedangkan dua kereta untuk cadangan dengan jarak waktu 30 menit . jarak satu kereta dengan kereta yang lain Cuma memakan waktu lima menit . yang bisa menampung 173.400 penumpang. Mengigat jarak tempuh yang bisa kita capai dengan waktu yang singkat pastilah transportasi ini sangat dinantikan warga Jakarta . Akan tetapi untuk menikmati MRT ini memerlukan waktu yang panjang proses pembangunannya.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini dari Bundaran HI menuju lebak bulus memakan waktu 2-3 jam perjalanan . perjalanan yang panjang tidak hanya berdampak pada membuang waktu percuma di jalan, bisa pula berdampak pada kesehatan seperti kelelahan, stress, kecapean. Dampak kemacetan Jakarta tidak hanya berdampak pada diri sendiri akan tetapi juga kepada perusahan seperti yang di kutip dalam tempo.com pada tanggal 10 agustus 2017 dalam survey Bank Indonesia menyatakan bahwa kemacetan di Jakarta berdampak pada meningkatnya biaya transportasi, tenaga kerja, menurunnya produktivitas dan keuntungan korporasi.

Proyek MRT mengajak masyarakat untuk memiliki rasa memiliki dan mengajak warga Jakarta untuk terlibat dari mulai mengetahui sejak awal pembangunan fase pertama proyek MRT sampai sekarang yang sudah berjalan 74 % . Rasa memilki itulah yang menghadirkan kita sebagai warga DKi untuk turut serta dalam melihat perkembangan pembangunan MRT sampai MRT itu selesai.

Di balik pembangunan MRT yang sedang berjalan ada beberapa kisah yang bisa mengambarkan bahwa selama proses poroyek ini demi menghindari kemacetan para warga DKi khusunya Mpo sendiri harus jalan lebih awal sehingga kita harus mempunyai planning berapa kira-kira jarak yang akan di tempuh menuju lokasi. Mpo sebagai blogger sangat malu datang ke suatu acara terlambat . Oleh karena itu proyek MRT bisa jadi perubahan pola hidup dan pola menata waktu bagi warga DKI yang suka datang ngaret (datang tidak tepat waktu). Informasi jauh-jauh hari di berikan saat pengangkatan jembatan gelagar kepada masyarakat sehingga adanya pengalihan jalur lalu lintas agar masyarakat tidak merasa tergangu perjalanannya. Proyek MRT milik kita bersama dan dinantikan bersama maka seluruh element masyarakat dan instalasi baik dari kepolisian, DLAJR, turut serta membantu mengatur arus lalu lintas.

Setiap melewati proyek MRT kita bisa melihat bagaimana para pekerja yang bekerja shift selama 24 jam agar proyek ini bisa selesai tepat dengan waktunya. Para pekerja yang tidak pernah kenal lelah, tidak mengenal cuaca baik panas hujan agarsesuai dengan rencana rampungnya (selesai) proyek ini.

Proyek pembangunan MRT bisa jadi obyek yang bagus untuk makanya Mpo suka foto saat lewat di kawasan proyek walau mpo mengambil foto saat naik busway atau bis. Proyek MRT tidak hanya bisa sebagai objek foto akan tetapi alat berat yang ada bisa menggugah seorang anak kecil berusia 5 tahun sambil merengek (menangis) ingin menaiki alat tersebut. kejadian ini terjadi saat sang ibu dan anak sedang jalan santai di car free day Jakarta.

Kunjungan
(Dokumentasi : twitter MRT)
pembangunan mrt tahap satu di jakarta
Fasilitas yang akan di Sediakan
(Dokumentasi : Twitter MRT)

Mengajak Keterlibatan masyarakat :


Warga DKI di ajak untuk terlibat dalam proyek ini dengan terus mengetahui selama perkembangan proyek ini berjalan. Perkembangan proyek yang berjalan tidak hanya sekedar cerita keberhasilan yang di dapat akan tetapi kita saat mengetahui bahwa ada mata bor yang patah, kesulitan pembebasan lahan jalan H Nawi. Bahkan kita bisa mengetahui secara detail proyek ini seperti warna tembok . kedekatan terhadap masyarakat dengan proyek ini tercipta dimana komunitas bisa mengunjungi dengan melihat langsung proyek MRT. Kedekatan lain juga di tunjukan melalui foto di twitter di mana salah satu pejabat MRT makan siang bersama dengan para pekerja MRT.

Admin social MRT sangatlah reponsip terhadap pertanyaan dari masyakat yang ingin bertanya sehingga rasa penasaran akan terjawab dan admin tidak hanya mengambarkan tentang proyek MRT saja akan tetapi juga memberikan informasi tentang transportasi terbaru yang ada di DKI. Dari sinilah masyarakat bisa mengetahui bahwa transportasi MRT bersinergi dengan transportasi umum yang ada di DKI untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan mengajak masyarakat DKI untuk mengunakan fasilitas umum.

Sebagai warga masyarakat biasa dan blogger , mpo turut senang bisa menjadi bagian yang ikut terlibat dari proyek MRT dengan bisa menyumbangkan ide lewat tulisanMRT lewat lomba blog. Memenangkan hadiah bukanlah hal yang utama akan tetapi lewat partisipasi tulisan ini bisa di harapkan bisa memberikan masukan .Dengan adanya social media MRT di harapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar dan menyebar luaskan informasi tersebut ke teman onlie, keluarga dll . Seperti yang kita ketahui sekarang ini berita HOAX yang belum tentu kebenarannya .

Pengerjaan proyek MRT telah melalui standar yang di tetapkan secara internasional sehingga pastinya sudah memenuhi standar keamanan bagi para konsumen . Akan tetapi sebagai warga DKI ingin memberikan sedikit masukan kedepan seperti :
1 MRT menjadikan transportasi yang nyaman, cepat, aman.
2 Standar keamanan bukan hanya dari segi alat transportasi akan tetapi juga dari pencurian,ancaman terorisme dengan perbanyak petugas yang terlatih dan trampil.
3 Transportasi yang nyaman semua kalangan mulai dari bayi, balita, anak anak, ibu, lansia.
4 Ruangan untuk ibu menyusui tidak hanya di stasiun akan tetapi di salah satu gerbong rangkaian kereta.
5 Harga tiket yang murah meriah yang bisa dijangkau masyarakat.
6 Kartu khusus dengan harga tiket single trip untuk bukan warga DKI yang sedang liburan di Jakarta ataupun wisatan asing dengan menunjukan passport/KTP. Sehingga armada ini bisa menjadikan obyek wisata baru.
7 kartu tiket terintrigasi dengan semua alat transportasi di Jakarta dan di dukung dengan bank. Sehingga tidak perlu membawa banyak kartu di dalam dompet.
8 Transportasi yang Nyaman buat orang kebutuhan khusus tidak hanya bagi tuna netra tapi juga tuna grahita, tuna runggu, tuna wicara, tuna daksa dan tuna ganda.
9 MRT memiliki banyak fasilitas sekiranya ada panggung dimana bisa mengapresiasi bakat seni warga Jakarta atau sekedar nonton sambil menunggu janjian. 
10 Arena permainan anak gratis.
11 Transportasi gratis untuk manula usia 56 tahun.
12 MRT ini bisa dinikmati oleh kota lain di Indonesia

Sedari awal proyek ini sudah melibatkan masyarakat untuk turut serta maka setelah selesai pembangunan proyek ini peran masyarakat juga turut serta seperti menjaga kebersihan selama perjalanan MRT, terus menerima masukan dari masyarakat, Terbentuknya Komunitas pengguna MRT dll .

Dengan adanya keterlibatan tersebut dan terus bekerjasama ubah Jakarta maka di harapkan masyarakat mau menaiki transportasi umum.
 
Jangan lupa ya like social media nya MRT
Twitter @mrtjakarta
Facebook : https://www.facebook.com/jakartamrt
instagram @mrtjkt
jakartamrt.co.id

Tulisan ini untuk mengikuti lomba MRT #ubahJakarta .

Bagaimana sih pendapatmu tentang MRT? Yuk berbagi di komentar

Sumber Referensi :

Riap Windhu, 2017 , serunya Mengunjungi MRT Jakarta http://www.kompasiana.com/riapwindhu/serunya-mengunjungi-proyek-mrt-jakarta_58c7921eae7e61071d589982 tanggal akses 27 Agustus 2017

Riap windhu, 2017 , 7 Hal yang perlu Di ketehui dari Proyek MRT di angka pengerjaan 74%. http://www.kompasiana.com/riapwindhu/8-hal-perlu-diketahui-dari-proyek-mrt-di-angka-pengerjaan-74_59667498986bdb27643c4453.
Tanggal akses 29 Agustus 2017

20 comments:

  1. Sebel banget sama macetnya Jakarta dan Bekasi, semoga cepat rampung dan kita bisa menikmati fasilitas terbaik dari selesainya pembangunan MRT ya mpo.

    ReplyDelete
  2. Aku semangat mendoakan supaya proyek MRT segera rampung. Perjalanan semakin cepat artinya para pekerja bisa lebih efektif menghabiskan waktu bersama keluarga, ga perlu sampai larut malam di perjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Makin dekat dengan keluarga berarti makin berkualitas time

      Delete
  3. Nggak sabar menunggu MRT kelaar pgn cobain keistimewaannya buat kota jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi meski sabar menunggu sampai proyek ini kelar 2019

      Delete
  4. Semoga dengan MRT menjadi solusi untuk macetnya Jakarta..Saya setuju macetnya sekarang krn proses pembangunan MRT, sehingga kedepannya bisa lebih lancar dan menjadi transportasi umum yg diandalkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena soal macet bikin sebel.smoga adanya mrt bisa terwujud jakarta anti macet

      Delete
  5. Pengen cepat selesai MRT biar jalanan tidak macet.

    ReplyDelete
  6. Berharap banget MRT bisa menjadi pilihan transportasi publik. Semakin banyak yang menaikiny, maka Jakarta akan bebas macet. Go, MRT...

    ReplyDelete
  7. Wah tiap 5 menit ada kereta. Enak nih cepet. Ga sabar nunggu yang di HI selesai

    ReplyDelete
  8. Semoga cepat selesai ya mpok pembangunannya, biar warha jabodetabek bisa secepatnya bebas dari kemacetan.

    ReplyDelete
  9. Doa saya kali ini agar MRT cepat selesai dan kemacetan di semua titik rawsn dapat tertangani dengan baik

    ReplyDelete
  10. Semoga cepat selesai ya MRT-nya. Mpo keren euy, sebagai anak betawi asli peduli sama pembangunan betawi terutama MRT.
    Semoga setelah MRT selesai, masalah kemacetan teratasi. MRT dinantikan banget nih sama warga Jakarta.

    ReplyDelete
  11. Mak nungguin bgt ini MRT berfungsi. Pengen ngerasain gimana rasanya naik MRT dan bebas dr macet. Spt di negara tetangga lainnya.

    ReplyDelete
  12. Semoga proyek MRT ini cepat selesai ya, agar masalah kemacetan di jkt cepat terselesaikan.

    ReplyDelete
  13. Sudah tidak sabar lagi segera menaiki MRT ya Mpok. Mudah-mudah salah satu keresahan masyrakat jakarta mengatasi macet dengan baik.

    ReplyDelete
  14. Keren. Mudah2an cepat kelar biar makin nyaman berkegiatan di Jakarta gak kena macet.

    ReplyDelete