Sabtu, 05 Agustus 2017

Lebaran Betawi di Jalan Minangkabau

kuliner di lebaran betawi di minangkabau
Spanduk Lebaran Betawi di Jembatan Penyebrangan Manggarai
"Ada lebaran betawi di jalan Minangkabau
Jangan lupa ajak teman dan keluarga besar
ente bisa nikmati aneka hiburan yang memukau
ente juga bisa juga belanja dan kuliner "


Kemarin saat mau pergi ke suatu event, ada spanduk yang di pasang di atas jembatan penyebrangan Manggarai. Karena Mpo sedang naik busway, Mpo hanya membaca sekilas yaitu lebaran Betawi dan Mpo tidak tahu kapan dan dimana tempat penyelenggaraan acara lebaran betawi. Sampai akhirnya kemarin Malam ada tetangga Mpo yang bernama Vivi yang datang kerumah untuk beli data internet. Kebetulan keluarga besarnya vivi adalah orang betawi asli yang tinggal di pasar rumput dan ketika ke kantor vivi suka melewati jalan Manggarai . Dari Vivi lah Mpo tahu bahwa ada lebaran betawi yang di selenggarakan di jalan Minangkabau.

Rencananya Mpo mau ngajak ade dan vivi untuk lihat lebaran betawi di jalan minangkabau, akan tetapi vivi dan ade Mpo gak mau ikutan dengan alasan tertentu. Akhirnya Mpo memutuskan untuk pergi sendiri ke acara tersebut.


Jam 08.30 Mpo sudah menaiki busway dari halte pasar genjing, jarak antara pasar genjing ke Halte busway Manggarai cukup dekat yaitu hanya melewati dua halte. Setelah berhenti di halte Busway Manggarai, Mpo berjalan kaki yang jaraknya kira-kira 500 meter menuju jalan Minangkabau , tepatnya berada di depan SPBU Minangkabau . Ternyata Mpo datangnya kepagian karena banyak pedagang yang masih membereskan daganganya, akan tetapi ada juga yang sudah siap menjual barang dagangannya.

Kita bisa menikmati kuliner betawi seperti es seledang mayang, kerak telor juga Aneka makanan dan minuman banyak di jual disana, kira-kira ada seratus stand tenda yang menjual pecel, seblak, ice cream, asinan, juice,roti dll. Range harga makanan dan minuman yang di jual adalah Rp 10.000-Rp25.000 . Aneka hijab, baju, sepatu, tas dan kaos juga tersedia di sana .Tidak hanya itu terdapat pula stand kosmetik dari sebuah brand yang cukup terkenal yang ikut di event lebaran betawi.
aneka tas yang di jual di lebaran betawi
Stand Baju dan Tas
minuman dan cemilan yang di jual di lebaran betawi
Stand Minuman

Ada salah satu stand yang sedang memperlihatkan proses pembuatan dodol betawi. Mas herlan yang sedang mengaduk dodol selama tujuh jam . harga dodol, geplak, dan bir pletok seharga Rp 12.500 . sedangkan untuk dodol dalam wadah dengan berat 600 gram Rp 40.000 .

Mpo juga sempat ngobrol dengan Bang Ari irawan yang merupakan salah satu pengurus BAMUS pedagang betawi yang berlokasi Duren Tiga didirikan tahun 2012 . Lembaga ini tidak hanya memperkenalkan kebudayan betawi akan tetapi juga agar semakin erat persaudaran, biar kebudayaan betawi tidak punah, anak muda makin cinta dengan kebudayaan betawi . Para anggota nya tidak hanya terdiri para pedagang kuliner betawi akan tetapi juga pedagang lain seperti tahu getrot, toge goreng dll . Bang ari lebih lanjut menjelaskan 280 kerak telor telah sampai ke Australia setiap enam bulan sekali, kerak telor telah masuk ke hotel-hotel dan bahkan tanggal 17 agustus nanti, ibu megawati sudah memesan kerak telor untuk di rumahnya.
dodol betawi yang berada lebaran betawi jalan manggarai
Bang Herlan SedangMengaduk Dodol
salah satu pengurus bamus pedagang betawi
Bang Ari Irawan


Lebaran betawi kali ini tidak hanya di hanya di kunjungi oleh masyarakat akan tetapi ada juga orang betawi asli seperti bang pendi yang Mpo temui saat kita sama sama membeli bir pletok. Bang pendi yang menceritakan masa lalunya ketika bikin dodol “saya dulu suka bikin dodol, kadang kayunya patah ke dalam adonan dodol”.

Di acara juga ada tempat permainan anak anak dan juga pementasan gambang keromong, lenong betawi, tarian betawi dan live music. . Oh ya acara lebaran betawi ini di selenggarakan sampai besok . Mulai pagi hari sampai malam hari kita bisa menikmati acara lebaran betawi di Jalan Minangkabau tiket masuk nya free loh.

lokasi lebaran betawi di jalan manggarai
Lebaran Betawi di Jalan Manggarai depan SPBU Manggarai

4 komentar:

  1. Pengen bgt padahal beli geplak tapi sayangnya hari ini enggak bisa kemana mana. Enggak fit. Padahal acaranya bagus banget ya Mpo

    BalasHapus
  2. Wahhh Mpok gak ngajak-ngajak lain kali jangan lupa ajak ya Mpok

    BalasHapus
  3. Udah lama pengin banget kenal budaya Betawi, akrena aku kan belum lama di sekitar betawi, hehee

    BalasHapus
  4. deket bisa ajak main ke jakarta bareng keluarga ,makasi infonya ya Mpo

    BalasHapus