Minggu, 13 Agustus 2017

AC DAIKIN Melengkapi Kenyamanan Ruang Keluarga

ruangan keluarga nyaman pakai ac
Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Tamu
Dok : Flickr

Pantun ku :
“Jalan jalan ke kota
untuk membeli AC DAIKIN
teknologi inverter bikin hemat kantong kita
Ruangan keluarga jadi tempat ngangenin”

Bermula ketika Mpo dan dua adik Mpo sepakat untuk membelikan sesuatu untuk ulangtahun pernikahan orangtua kami. Memberi hadiah kok patungan ? itulah kami selalu memberikan sesuatu secara bersama sama dan memikulnya biaya bersama-sama sesuai dengan kemampuan kami. Agar lebih efektif kami bertiga bertanya “Mau hadiah apa?” . Yang namanya orangtua yang hanya memikirkan kebahagian anak-anaknya maka mama Mpo hanya menjawab “Gak usah belikan apa-apa, tabung saja buat kebutuhan kalian, melihat kalian akur saja mama sudah senang” . Akhirnya kami sepakat membeli hadiah bukan hanya bisa di gunakan sama mama dan papa akan tetapi juga bisa bikin keluarga kita jadi akur sesuai kata mama.
Hadiah apa ya yang bisa di nikmati bersama keluarga dan bikin keluarga akur? Kita bertiga membuat list-list sendiri dan mempunyai pendapat masing-masing tentang hadiah tersebut. List-list tersebut kita kumpulkan dan kita bahas bersama. Akhirnya ada ide di dalam list yaitu Membelikan AC untuk orangtua kami.

Sebelum kita memutuskan membeli AC sebagai hadiah ulangtahun pernikahan mama dan papa, kita bertiga juga membahas beberapa pertimbangan :
1. Dimana ruangan yang akan di pakaikan AC yang membuat kita sekeluarga menjadi akur. 
Penempatan AC juga menjadi pembahasan kita bertiga, Awalnya sepakat menaruh AC di kamar mama dan papa . Akan tetapi mengingat kata-kata mama bahwa senang melihat anaknya akur maka kita memutuskan untuk menaruh AC di ruangan keluarga. Walaupun rumah kita kecil akan tetapi punya sendiri dan tidak kontrakan (deuh kalau kontrak rumah di Jakarta Mahal euy). Karena terbatasanya ruangan maka ruang tamu kita jadikan satu dengan ruangan keluarga. 

Banyak aktivitas yang biasa kami lakukan di ruangan keluarga yang tidak hanya biasa kita menerima tamu saat saudara yang datang, tempat kita sekeluarga ngobrol dan juga sebagai menerima pembeli dll. Selain itu pula di ruangan ini juga di pakai menaruh 3 buah motor dan perlengkapan dagang . Ruangan keluarga di rumah Mpo berukuran 3 X 4 meter .

2. Model AC

Walaupun tidaklah terlalu penting akan tetapi menjadi bahan pertimbangan . kita memilih model AC yang tidak terlalu memakan ruangan yang besar.


3. Harga AC
Karena kita patungan dalam membeli AC maka saat kita membeli AC haruslah yang terjangkau kantong kita.

4. Garansi AC.
Penting banget adanya garansi AC .

5. Perawatan.

Layaknya membeli sebuah peralatan elektronik maka adanya perlunya perawatan agar barang tersebut bisa awet dan tidak cepat rusak. Perawatan yang mudah dilakukan oleh kita.


6. Daya listrik
Aspek daya listrik itu penting sekali karena kemampuan listrik di rumah tidak hanya dipergunakan untuk peralatan rumahtangga saja akan tetapi juga untuk alat-alat DJ. Kemampuan Listrik di rumah Mpo 1300 watt, dengan daya tersebut maka kita harus memperhitungkan peralatan yang kita pakai. Makanya kita memilih AC yang hemat energy dimana pas di akhir bulan tagihannya tidak bikin kantong jebol. Jika melebihi daya bukan hanya berdampak pada matinya listrik alias ngejepret (bahasa Betawi) akan tetapi berdampak pada rusaknya peralatan elektronik. Daya listrik yang besar juga berdampak pada kantong kita setiap bulan dimana kita harus membayar biaya tagihan listrik. Oleh karena itu dalam membeli AC juga memperhatikan daya listrik.


7. Penempatan AC
Mungkin banyak orang yang tidak memperhatikan penempatan AC, tapi bagi Mpo yang belajar dari pengalaman teman Mpo yang harus berubah posisi tidurnya karena salah menempatan AC . seharusnya Ac di pasang di tengah-tengah maka di taruh di samping.

8. Kapasitas AC

Banyak orang yang bingung ketika memilih kapasitas AC termasuk Mpo. Kapasitas AC penting di ketahui yangsesuai dengan ruangan . Mpo mempunyai ruangan 3 X 4 meter makanya Mpo perlu bertanya pada ahlinya agar sesuai dengan kapasitas AC agar tidak salah memilih. Karena ada rumusnya dalam menghitung kapasitas ac dan seberapa luas ruangan.

9. Ruangan keluarga yang harus di perbaiki:
Untuk membuat ruang keluarga yang nyaman sehingga kita betah di ruangan tersebut maka ada beberapa hal yang harus kita perbaiki baik itu kita tambah atau kita kurangi perlengkapannya. Tidak semua interior bisa kami ganti karena kita keterbatasan dana dan juga kita perlu rembukan dalam beberapa hal seperti :

  • pengecat
Banyak kepala maka banyak warna favorit . begitu pula dengan Mpo dan adik-adik saat memutuskan warna apa yang cocok untuk ruangan tamu . Akhirnya kita memutuskan mengecat ruang tamu dengan putih ke biru-biruan. Warna putih selain terlihat ruangan bersih, lebih terang dan warna tersebut netral.
  • kebutuhan
Di dalam ruangan keluarga juga memperhatikan kebutuhan saat kita berada di sana agar semua orang yang duduk di ruang keluarga bisa nyaman dan berlama-lama di situ. Ada element interior yang harus kita tambahakan sesuai dengan kebutuhan kita saat di ruangan tersebut. foto keluarga. nampaknya di ruang keluarga, Mpo memerlukan foto keluarga yang ukuran besar untuk dinding dan foto frame ukuran kecil yang di taruh di atas meja.
  • Interior
perlunya interior yang mendukung tapi Mpo tidak mau terlalu banyakornamen yang akan membuat ruangan menjadi sumpek (penuh) . Mpo memerlukan seperti : lukisan, karpet, bantal di karpet, bantal kursi, taplak meja , jam, kalender dll.

  • Aktivitas di ruang keluarga.
Kita sekeluarga juga memperhatikan segala aktivitas yang biasa kita lakukan di ruang keluarga seperti : suka ngobrol sambil nonton televise. aku dan adik adik suka kedatangan tamu baik teman maupun pembeli . Maklum aja aku dan adikku punya usaha kecil-kecilan. Adikku yang bungsu suka mengecek alat DJ saat orang lain mau di sewa atau selesai pengecekan. Teman adikku yang belajar DJ di rumah. Selain itupula papaku suka ngumpul dan ngobrol bersama teman pencinta gymstone di rumah, saat makan bareng kita ngegelar di ruang keluarga. Papa yang suka tertidur ketika nonton televisi.
  • sifat karena usia
Usia papa dan mama tidaklah muda sehingga mudah lupa seperti Mama suka menelepon aku hanya untuk mematikan magic jar di rumah . Karena itu aku perlu alat AC yang bisa mematikan AC ketika saat papa dan mama pergi keluar. Tamu Mpo mempunyai keluarga besar yang tinggal di luar kota. Biasanya saudara Mpo tidur dikamar yang telah disediakan, akan tetapi banyak yang juga lebih senang tidur di ruang keluarga di saat malam menjelang.

  • Perlu laci untuk menyimpan peralatan
papaku menaruh peralatan batu. Karena papa suka dengan gymstone dan suka ngobrol dengan temannya pecinta batu maka di ruang keluarga perlu adanya laci kecil yang bisa menampung peralatan gymstone seperti : alat melihat batu, senter, bamboo hitam, gerinda dll.
  • Tanaman
Di dalam ruangan keluarga perlu tanaman indor selain mempercantik tanaman juga bisa menyalurkan hoby mama dan papa. pemilihan jenis tanaman harus di perhatikan seperti tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari .
  • Kursi goyang
Perlunya kursi goyang untuk mama dan papa saat menonton televisi atau sedang gosok batu.
  • Kesehatan/alergi 
Ada saudara Mpo yang menderita alergi baik terhadap makanan ataupun alergi udara saat cuaca dingin, atau alergi terhadap benda seperti karpet yang kotor. Seperti sepupu Mpo yang suka datang kerumah dan perfect bersih bersih karena menderita alergi. AC juga harus menjaga kelembapan udara sehingga orang yang berada diruangan tersebut terjaga kesehatannya dari jamur dan bakteri.
  • Venitilasi udara
Karena Mpo ada ruangan yang ventelasinya terbuka maka Mpo harus menutupnya agar udara AC mengalir ke seluruh ruangan . Karena dana Mpo yang terbatas maka Mpo memakai fiber plastic putih dan pengikat tali motor atau sulock atau kawat kecil.

Kamis, 10 Agustus 2017

SO GOOD Memutuskan Pemenang Lomba Kreasi Masak Saatnya Ramadhan, Saatnya SO GOOD

varian menu so good

Kebayang dong kalau harus milih 6 pemenang dari 800 foto makanan yang tidak hanya cakep secara penampilan yang menggugah selera tapi juga dari segi peralatan yang menunjang. Hem kalau Mpo pastinya tidak bisa tidur, bingung mana yang harus jadi juara dan bisa-bisa semuanya bakalan jadi pemenangnya karena Mpo udah ngeces duluan, bawaan laper dan tiba tiba terdengar suara pletak (aduh sakit di jitak karena Mpo ngayal jadi juri, xiixixi ). Nah itu kalau Mpo tapi kalau Chef Ari Galih yang milih pastinya pilih yang benar special dan ok banget saat memilih menentukan pemenang Saatnya Ramadhan, Saatnya SO GOOD.

Rabu 8 Agustus 2017 Berlokasi di KopiKalyan, Cikajang, Jakarta Chef Ari Galih mengatakan “ Untuk dasar penilian pemenang berdasarkan keunikan, kreatifitas yang tajam, orisinalitas resep, keseimbangan pemilihan bahan dengan produk yang digunakan, masakan memiliki kesegaran dan kepraktisan dalam proses pembuatan masakannya juga menu ini bisa di praktekan oleh ibu-ibu lain”.

Pemilihan pemenang berdasarkan dua katagori lomba yaitu So GOOD ayam potong dan SO GOOD siap masak . Keputusan juri tidak bisa di ganggu gugat, Pemilihan pemenang berdasarkan keputusan bersama yaitu pihak SO GOOD, juri dan pihak-pihak yang berkompeten dalam lomba ini. Ke enam pemenang nantinya akan mendapatkan uang tunai dan paket produk berprotein tinggi dari SO GOOD.

Ibu Ani Astuti selaku Marketing Manager mengatakan “Mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar bisa kepada para bunda yang telah mengirimkan 800 resep masakan dari penjuru tanah air dalam kurun waktu 9 Juni sampai 31 Juli 2017. Resep-resep yang telah di kirimkan menandakan ibu-ibu di Indonesia sangatlah kreatif , inspiratif dan selalu ingin memberikan kepada keluarganya produk-produk terbaik praktis, berkualitas, penuh gizi”.

Lalu siapa sih yang jadi juaranya . drendeng… deng….deng deg deg ser khan . berikut nama nama pemenangya
  • Untuk katagori So Good Ayam Potong:
    juara 1 : Enni Faizah yang berasal dari kota Yogyakarta dengan kreasinya Mangut Ayam daun papaya

    Juara 2 : Ridha An Nisa yang berasal dari kota Pati, Jawa Tengah dengan kreasinya Garang Asem Enoki So Good.
    Juara 3 : Alexandria Keny yang berasal dari Kendal, Jawa Tengah dengan kreasinya Arsik Ayam Bumbu Kecombrang.

  • untuk katagori So Good Siap Masak:
    Juara 1 : Chika Afandi yang berasal dari kota Medan dengan kreasi masak Bakso Penyet So Good Laksa Spesial.
    Juara 2 : Yutakanayuta yang berasal dari kota Malang dengan kreasi masak Balado terung gulung isi chicken stick premium.
    Juara 3 : Setianingsih Sumaryo dari Jakarta dengan kreasi masak Chicken Wing Mie Titi.
penetuan pemenang saatnya ramadhan, saatnya so good
Ibu Any Astuti dan bapak Hartony Ho

Senin, 07 Agustus 2017

Dompet Dhuafa Memberikan Kemudahan berkurban

dompet dhuafa mengajak tebar hewan kurban

Pantun:
“Ada seorang anak berwajah manis.
Sedang memberi makan kambing dengan dedaunan
Hati ku ini menjadi miris
melihat daerah yang belum pernah menikmati daging kurban”

Di suatu sore Mpo sedang mengunjungi sahabat Mpo yang sudah lama tidak bertemu. Sambil makan bakso yang kebetulan lewat di rumah sahabat Mpo.Tiba tiba ada sosok pria berusia empat puluh lima tahun bertanya pada teman Mpo dan berkata “neng, terima kasih ya tangga nya udah abang taruh di gudang belakang”. Ya jawab teman Mpo. Karena penasaran Mpo bertanya siapa dia dan teman Mpo menjawab “Ia bernama bang ucup berprofesi sebagai tukang bangunan, dulunya menjaga rumah kos karena sudah lama kenal baik dengan majikannya, saat seperti idul adha ia bisa menginap gratis walau hanya beberapa hari sambil nyiram tanaman di rumah mantan majikannya “.

Cerita jadi berlanjut dan kita asik ngobrol “Namanya orang suka terkadang nyiyir padahal kita tidak tahu kondisi ia sebenarnya. Ngoceh sana sini di bilang “ih gak malu apa datangnya Cuma pas idul adha aja, Cuma mau ngarep daging aja” . Hal itu yang dialami bang ucup . karena mendengar gosipan yang tidak enak akhirnya ia bercerita bahwa ia sebenarnaya malu datang ke Jakarta apalagi cuma datang pas hari raya idul adha, Hal ini ia lakukan demi anak bungsunya yang menganjurkan bapake agar dapat daging kurban untuk dia makan. Demi sang anak dan menahan rasa malu akhirnya ia datang ke Jakarta”. Akhirnya mendengar ucapannya maka tahun tahun berikutnya pihak masjid memberi jatah lebih dari biasanya.

Perjalanan yang panjang antara kebumen dan Jakarta dengan menggunakan alat transportasi kereta api bang ucup membawa daging kurban yang telah ia rebus terlebih dahulu. Apakah daging itu bisa dinikmati keluarganya. Di tahun pertama ia membawa daging kurban, daging tersebut tidak di makan karena daging kurban menjadi busuk dan menimbulkan bau .Hal ini di sebabkan beberapa kemungkinan yaitu saat merebusnya kurang matang (maklum aja yang masak cowok) atau saat merebus di jadikan satu dengan jeroan atau cara pambukusan yang salah dengan mencampurkan daging rebus dengan jeroan yang telah di rebus.

Miris mendengar cerita teman Mpo karena di Jakarta belimpahan daging kurban sedangkan di daerah lain jarang makan daging kurban . fenomena yang terjadi di Jakarta setiap perayaan daging kurban adalah menjual daging kurban baik di lakukan secara terang terangan maupun secara sembunyi.

Emak-emak di ibukota juga merasakan melimpahnya daging kurban seperti teman Mpo yang memasak daging kurban untuk selamatan ayahnya 100 hari setelah dua bulan setelah idul adha.

Itulah sedikit cerita yang terjadi di masyarakat khususnya di Jakarta. Kalau saja para pembeli hewan kurban menyembelih daging kurbannya untuk kota lain pastinya orang seperti bang ucup tidak perlu sampai datang ke kota Jakarta. Ehmm membeli dan menyembelih hewan kurban untuk kota lain ? apakah mungkin terjadi ? Lalu siapakah yang bisa kita percaya untuk memegang amanah yang kita berikan ? Harga hewan kurban pastinya di daerah terpencil biasanya lebih mahal daripada di kota yang besar karena keterbatasan transportasi dan medan yang sulit?Hal ini yang mendorong Dompet Dhuafa menyelenggarakan Tebar Hewan Kurban .

Seperti yang kita ketahui bahwa ada tiga nilai yang dibawa oleh Dompet Dhuafa yaitu :
1 Lembaga zakat
Dompet Dhuafa mengajak sebanyak orang untuk berzakat dan menyalurkan zakat sebaik-baiknya.
2. Permasalahan kemanusian baik yang terjadi di dalam negri maupun luar negri.
3. Filantropi / Aspek kebaikan.
Dompet Dhuafa mengajak orang untuk berbagi peran, berbagi tanggungjawab sebanyak mungkin orang agar masuk ke Dompet Dhuafa dan berkontribusi .

“Tebar Hewan Kurban http://kurban.dompetdhuafa.org adalah program Dompet Dhuafa yang mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk berkurban dan memberi mandat kepada Dompet Dhuafa untuk membagikan kepada orang yang membutuhkanke seluruh belahan muka bumi. Melalui Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa bersama Kurbanesia, tentukan lokasi berkah mu “. Hal ini di sampaikan oleh Bapak Bambang Suherman selaku Direktur Mobalisasi Zakat Infaq, Sedekah dan Kurban .

Bapak Jodi H Iswanto selaku Agripreneur mengatakan “ Dengan pemberdayaan peternak maka di harapkan terjadinya peningkatan pendapatan, peningkatan asset, efisensi pemeliharaan, etos kerja dan spitual serta kemandirian kelembagaan”.
pembicara dalam talkshow kurbanesia
Bapak Jodi H Iswanto, Bapak Salman Alfarisi, Bapak Bambang Suherman
(Dari kiri ke Kanan)


Oh ya, kenapa sih kita membeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa dan memberi mandat kepada Dompet Dhuafa untuk membagikan daging kurban ke seluruh belahan muka bumi , hal ini karena Dompet Dhuafa memberikan kemudahan dalam berkuban yaitu:

1. Pemberdayaan peternak
Dompet Dhuafa pemberdayaan peternak di daerah terpencil dengan bantuan yang di berikan oleh masyarakat melalui zakat,infaq, sedekah dan wakaf. Selain bisa menghasilkan hewan kurban yang berkualitas, sehat dan memenuhi standar syar’I.

Program ini mengajak masyarakat sekitar untuk membangun potensi yang ada di di daerah tersebut, membantu masyarakat untuk lebih maju, berubah pola pikir, membantu permasalahan yang di hadapi peternak dengan memberikan bibit hewan ternak yang unggul, pelatihan cara peternak yang baik, pemberian bimbingan dari dinas peternakan dan dokter hewan, pemberian obat yang ternak jika sakit, Pemanfaatan dan pendistribusian olahan hasil ternak seperti susu , pengelolahan manajemen kelompok ternak dengan membuat paguyuban.

Mata pencarian selain berternak adalah petani, kedua element ini sangatlah menguntungkan dimana kotoran hewan terbut bisa digunakan untuk menyuburkan tanah dan hasil panen selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga juga untuk membeli pakan hewan ternak. Dengan pemberdayaan peternak yang dilakukan Dompet Dhuafa maka adanya perubahan yang signifikan dari pendapatan keluarga, sudah membiasakan diri untuk bersedekah dan menyekolahkan anak dll.

Masalah yang dihadapi peternak adalah daerah mereka yang terpencil, penuh bebatuan dan curam. Hal ini bisa di atasi dengan transportasi yang di rakit secara khusus sehingga para peternak bisa membawa barang bawaan lebih banyak yaitu sebanyak 4 ton. Kendaraan tersebut bernama Grandong. Grandong biasa di gunakan untuk membawa pakan hewan dan juga alat untuk mendistribusikan daging kurban di berbagai kecamatan di daerah tersebut.
pemberdayaan peternakan
Kang Eman, Salah Satu Peternak Kambing


2. Kemudahan mendapatkan harga hewan kurban yang lebih terjangkau
Seperti yang kita ketahui menjelang hari lebaran harga hewan kurban meningkat alias naik . Hal ini bisa disebabkan karena memanfaatkan moment perayaan ke agamaan untuk mengambil keuntungan lebih banyak daripada hari biasa dan juga bisa di sebabkan karena pasokan sedikit sedangkan permintaannya banyak.

Harga beli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa 2017 :
Kambing standar dengan bobot 23-28kg seharga Rp 1.975.000
kambing premium dengan bobot 29-35kg seharga Rp 2.975.000
Sapi dengan bobot 250-300Kg Rp 13.500.000

Membeli hewan kurban di Dompet Dhuafa harganya lebih murah daripada harga di pasaran, Hal ini terjadi karena Dompet Dhuafa diambil dari jaringan peternak yang diberdayakan oleh Dompet Dhuafa secara langsung dan sudah di persiapkan jauh jauh hari sebelum idul adha.

3. Tidak ada biaya tambahan apapun
Biasanya kalau menyembelih hewan kurban ada biaya pemotongan hewan dengan harga tertentu, Akan tetapi hal ini tidak terjadi di Dompet Dhuafa, Harga yang di tetapkan Dompet Dhuafa sudah termasuk biaya pemotongan hewan.

4. Memudahkan kita untuk mendapatkan hewan kurban yang berkualitas
Memilih hewan kurban tidaklah mudah, perlu keahlian agar memenuhi syarat syar’I . Karena Dompet Dhuafa memegang amanah maka pastinya para peternakyang sudah mendapatkan bimbingan dari dinas peternakan dan dokter hewan akan menghasilkan hewan kurban yang memenuhi syarat untuk di sembelih yaitu
  • . Hewan berkaki empat
  • Hewan yang berjenis kelamin jantan.
  • Usia Sapi berusia dua tahun atau Kambing berusia satu tahun atau gigi depan telah copot (tsaniyah)
  • Sebelum menyembelih, hewan kurban harus di timbang dan memenuhi standar bobot yang telah di tetapkan oleh Dompet Dhuafa
  • Sehat
  •  Tidak boleh cacat fisik dan mental
  • Dompet Dhuafa melakukan Quality Control sebanyak dua kali sebelum hewan kurban di sembelih.
  •   Waktu pemotongan sesuai syar’i
  •   Cara pemotongan hewan kurban sesuai syar’i

5.Mudah untuk ikutan berpartisipasi dalam Tebar Hewan Kurban.
Dompet Dhuafa memberikan kemudahan bagi anda yang ingin ikut berpartisipasi dengan program Tebar Hewan Kurban untuk tahun 2017 yaitu melalui :

  • transmart Carrefour
    (cabang lebak bulus, ambassador, Cilandak Mall, Kebayoran, Kramat Jati indah, Bekasi square, Bekasi Harapan, Taman mini, Cempaka putih, Cibinong City Mall, Dewi Sartika Depok, Menteng Prada, Sunter, Ciputat, Supermall Karawaci, Tanggerang Centre, Pamulang, Taman Palem, dan beberapa gerai Transmart Carrefour di luar kota).
  • Konter-konter Tebar Hewan Qurban di beberapa mall
  • Transfer bank:
BCA 237.301.443 a/n Dompet Dhuafa Republika
BNI Syariah 009.153.8940 a/n Dompet Dhuafa Republika
Bank Muamalat 304.007.1888 a/n Dompet Dhuafa Republika
PermataBank 097.100.5645 a/n Dompet Dhuafa Republika
Mandiri Syariah 7000.491.677 a/n Dompet Dhuafa Republika
Bank Mandiri 101.000656.4049 a/n Dompet Dhuafa Republika
  • Kontak layanan jemput kurban 0813 1684 7002

6. Bisa menentukan sendiri lokasi tebar hewan kurban
Pembeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa bisa memilih satu dari titik Pendistribusian Tebar Hewan Kurban di lakukan di 25 propinsi, 150 kabupaten/kota, 700 kecamatan, 2500 desa/kelurahan.

Syarat pendistribusian:
wilayah miskin tertinggal dan pedalaman.
Belum pernah menikmati daging hewan kurban
Wilayah yang minim mayoritas muslim
Wilayah bencana atau rentan konflik.

Kita sebagai pembeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa kita juga bisa menentukan sendiri lokasi pendistribusian hewan kurban yang daerahnya telah di tentukan oleh Dompet Dhuafa yaitu untuk pendistribusian daging sapi Tebar Hewan Kurban di daerah NTT, NTB, Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan Papua . sedangkan pendistribusian kambing Tebar Hewan Kurban di Jawa dan Sumatra.

Selain itupula Dompet Dhuafa juga menerima saran dari para masyarakat dan blogger untuk daerah-daerah yang perlu mendapatkan distribusi daging kurban akan tetapi juga harus disesuaikan daerah tersebut dengan jaringan pemberdayaan hewan ternak yang sudah dilakukan di Dompet Dhuafa.

Sabtu, 05 Agustus 2017

Prodia Women's Health Centre Tidak sekedar Klinik Kesehatan Wanita

prodia women's health centre


"Atur pola makan, bikin semangat Dan bangkit. 
Ayo cek kesehatan, sebelum anda sakit".

Perjalanan kali ini, Mpo pada tanggal 3 Agustus 2017 mau menuju ke Prodia Women's Health Centre (PWHC) . akses kendaraan untuk sampai ke PWHC sangatlah mudah yaitu saat kita sampai dari halte busway Blok M, kita tinggal melanjutkan perjalanan dengan mengunakan ojek online yang jaraknya cukup dekat yaitu 1 KM.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi di PWHC ada parkiran yang cukup luas. Sesaat setelah kita membuka pintu maka kita akan di sambut dengan ramah, penuh senyuman oleh petugas wanita yang hari itu memakai baju batik . Begitu cepatnya saat kita melakukan pendaftaran yang tidak bisa dilakukan oleh rumah sakit umum karena di pasien PWHC yang akan melakukan pemeriksaan di harapkan untuk membuat janji dulu sebelum datang.

Membuat janji dengan dokter terlebih dahulu, kita bisa melakukan pengematan yaitu :
1. Penghematan waktu.
Kita tidak perlu menunggu lama sehingga waktu kita yang lain bisa kita manfaatkan untuk acara yang lain.

2. Hemat uang belanja
Saat kita menunggu pendaftaran sampai nama kita di pangggil dokter, biasanya kita membeli aneka jajanan yang ada di kantin atau pergi ke luar rumah sakit untuk belanja cemilan, minuman bahkan kita membeli makanan berat seperti ke tukang mie bakso, soto mie, sayur lontong dll .

3. Persiapan sebelum ke PWHC
Karena kita sudah membuat janjian maka kita bisa mempersiapkan baik dari segi finasial, kesehatan kita sendiri sehingga kita tidak usah bolak balik datang ke klinik contohnya dari rumah kita sudah melakukan puasa untuk pemeriksaan gula.

4. Kepastian Waktu
Karena waktu sudah di tentukan, pastinya dokter di PWHC akan hadir sesuai waktu yang di tentukan.

Setelah melakukan pendaftaran kita akan di suruh menunggu di ruangan tunggu. Kesan PWHC adalah klinik itu sangatlah jauh akan tetapi kita akan merasakan mempunyai dokter pribadi di tempat yang special dan private. Akan merasakan duduk seperti duduk di rumah sendiri. Dengan sofa yang empuk, ada bunga yang menghiasi meja dan ada buffet yang berisikan kaca oval.


Hem PWHC tahu aja nih emak-emak suka ngaca saat dandan. Pendingin AC di ruangan tersebut kita bisa rasakan sambil membaca majalah yang telah di sediakan. Kesan rapi, private, nyaman, bersih dan tidak ada bau obat- obatan. Selain itu pula di ruang tunggu pasien berdasarkan kebutuhan pasien maka ruangan tunggu tidak akan penuh dengan berbagai macam keluhan penyakit.

PWHC memang paling tahu apa yang di pengenin wanita dan kebiasaaan emak-emak yaitu suka mengobrol dengan pasien lainnya sehingga sebelum masuk ruangan dokter para pasien suka takut sendiri karena mendengar cerita pasien lainnya walaupun belum tentu yang di alaminya akan kita alami seperti pengalaman sahabat Mpo yang mukanya pucat pasi dengan tangan yang dingin karena mendengar cerita pasien lainnya yang harus di operasi miom.

Dokter yang ada di PWHC adalah wanita jadi ini yang kita tunggu tunggu karena banyak orang yang takut, malu ketika di periksa oleh dokter cowok . Diruang pemeriksaan kita akan mendapati ruangan periksa dengan seprai berwarna pink dan ada kamar kecil di dalam . Oh ya alat-alat yang PWHC itu cangih dan mengikuti perkembangan kedokteran . Menurut IG @prodia_lab alat yang di gunakan di PWHC akan di ganti setelah 4 tahun. Nah itu tadi PWHC yang berada di lantai bawah sedangkan lantai atas di gunakan tempat radilogi, ruang dokter, musola, dan toilet. Sama hal nya di ruang tunggu lantai bawah, di lantai atas kita dapat menunggu dengan duduk di sofa yang nyaman dan empuk serta pendingin rungan.

usg 3D di prodia women's health centre
Salah Satu Alat Pemeriksaan
Ruang pemeriksaan di prodia women's health centre
Mpo Lagi Nimbang Berat Badan di Kamar Pemeriksaan
memberikan edukasi ke blogger
Dr.dr Raditya Wratsangka yang sedang Menjelaskan Proses Colposcopy ditemani Ibu Rini


Mengenal PWHC


Kita dari tadi berbicara tentang ruangan yang ada di PWHC. apakah sih sebenarnya PWHC? PWHC   www.prodia.co.id adalah singkatan Prodia Women's Health Centre yang baru saja di resmikan pada tanggal 8 Maret 2017 yang bertepatan dengan hari perempuan internasional. PWHC klinik pertama di Indonesia yang di khususkan untuk perempuan berbasis pada kesehatan perempuan yang berada di jalan Woltermongonsidi no 77 Jakarta selatan.

Menurut Badan pusat statistic tahun 2015 bahwa jumlah total perempuan di Indonesia adalah separuh dari jumlah penduduk Indonesia yaitu 254,9 juta. Total yang cukup besar sudah pasti perempuan Indonesia yang sehat dan aktif bisa jadi modal utama untuk mendidik anak bangsa yang berkualitas , membangun keluarga, karier dan membangun bangsa ini.

Lebaran Betawi di Jalan Minangkabau

kuliner di lebaran betawi di minangkabau
Spanduk Lebaran Betawi di Jembatan Penyebrangan Manggarai
"Ada lebaran betawi di jalan Minangkabau
Jangan lupa ajak teman dan keluarga besar
ente bisa nikmati aneka hiburan yang memukau
ente juga bisa juga belanja dan kuliner "


Kemarin saat mau pergi ke suatu event, ada spanduk yang di pasang di atas jembatan penyebrangan Manggarai. Karena Mpo sedang naik busway, Mpo hanya membaca sekilas yaitu lebaran Betawi dan Mpo tidak tahu kapan dan dimana tempat penyelenggaraan acara lebaran betawi. Sampai akhirnya kemarin Malam ada tetangga Mpo yang bernama Vivi yang datang kerumah untuk beli data internet. Kebetulan keluarga besarnya vivi adalah orang betawi asli yang tinggal di pasar rumput dan ketika ke kantor vivi suka melewati jalan Manggarai . Dari Vivi lah Mpo tahu bahwa ada lebaran betawi yang di selenggarakan di jalan Minangkabau.

Rencananya Mpo mau ngajak ade dan vivi untuk lihat lebaran betawi di jalan minangkabau, akan tetapi vivi dan ade Mpo gak mau ikutan dengan alasan tertentu. Akhirnya Mpo memutuskan untuk pergi sendiri ke acara tersebut.


Jam 08.30 Mpo sudah menaiki busway dari halte pasar genjing, jarak antara pasar genjing ke Halte busway Manggarai cukup dekat yaitu hanya melewati dua halte. Setelah berhenti di halte Busway Manggarai, Mpo berjalan kaki yang jaraknya kira-kira 500 meter menuju jalan Minangkabau , tepatnya berada di depan SPBU Minangkabau . Ternyata Mpo datangnya kepagian karena banyak pedagang yang masih membereskan daganganya, akan tetapi ada juga yang sudah siap menjual barang dagangannya.

Kita bisa menikmati kuliner betawi seperti es seledang mayang, kerak telor juga Aneka makanan dan minuman banyak di jual disana, kira-kira ada seratus stand tenda yang menjual pecel, seblak, ice cream, asinan, juice,roti dll. Range harga makanan dan minuman yang di jual adalah Rp 10.000-Rp25.000 . Aneka hijab, baju, sepatu, tas dan kaos juga tersedia di sana .Tidak hanya itu terdapat pula stand kosmetik dari sebuah brand yang cukup terkenal yang ikut di event lebaran betawi.
aneka tas yang di jual di lebaran betawi
Stand Baju dan Tas
minuman dan cemilan yang di jual di lebaran betawi
Stand Minuman

Ada salah satu stand yang sedang memperlihatkan proses pembuatan dodol betawi. Mas herlan yang sedang mengaduk dodol selama tujuh jam . harga dodol, geplak, dan bir pletok seharga Rp 12.500 . sedangkan untuk dodol dalam wadah dengan berat 600 gram Rp 40.000 .

Mpo juga sempat ngobrol dengan Bang Ari irawan yang merupakan salah satu pengurus BAMUS pedagang betawi yang berlokasi Duren Tiga didirikan tahun 2012 . Lembaga ini tidak hanya memperkenalkan kebudayan betawi akan tetapi juga agar semakin erat persaudaran, biar kebudayaan betawi tidak punah, anak muda makin cinta dengan kebudayaan betawi . Para anggota nya tidak hanya terdiri para pedagang kuliner betawi akan tetapi juga pedagang lain seperti tahu getrot, toge goreng dll . Bang ari lebih lanjut menjelaskan 280 kerak telor telah sampai ke Australia setiap enam bulan sekali, kerak telor telah masuk ke hotel-hotel dan bahkan tanggal 17 agustus nanti, ibu megawati sudah memesan kerak telor untuk di rumahnya.
dodol betawi yang berada lebaran betawi jalan manggarai
Bang Herlan SedangMengaduk Dodol
salah satu pengurus bamus pedagang betawi
Bang Ari Irawan