Minggu, 30 Juli 2017

Perjalanan ke Istana Bogor


istana untuk rakyat
Tiket


data pengunjung istana untuk rakyat 2017
Data pengunjung


Beberapa hari yang lalu Mpo sudah mempersiapkan untuk mengikuti acara kunjungan ke istana untuk rakyat. Wuih siapa yang gak senang ke istana presiden di bogor apalagi bersama anggota komunitas BloggerCrony, bahkan Mpo udah milih baju dan seterika jauh jauh hari .

Jam enam pagi Mpo dan adik Mpo sudah ada di statiun kereta api gang sentiong menuju statiun Bogor. Kereta agak lama sehingga memutuskan untuk memilih jalur ke Depok yang mana Mpo harus transit ke manggarai terlebih dahulu. Tampaknya Mpo hari ini lagi tidak mudah menuju stasiun bogor karena kereta berhenti agak lama di stasiun pasar minggu, tanjung duren dan universitas Indonesia.

Jam sepuluh pagi Mpo baru sampai ke statiun bogor, Malu juga Mpo kalau datang ke acara tidak tepat waktu, akhirnya Mpo untuk tidak jadi ikutan acara kali ini dan memohon maaf yang sebesarnya kepada group di facebook. Karena sayang tiket kereta api Mpo sudah beli tiket PP, Akhirnya Mpo memutuskan melanjutkan perjalanan untuk jalan jalan ke taman topi . Eh ternyata Mpo bertemu Novita Leviyanti dan adiknya yang baru saja sampai keretanya di stasiun bogor, Mpo tahu informasi dari mba Novita bahwa kita bisa mengikuti kunjungan ke Istana Bogor sesi dua. Sebelum keluar pintu stasiun bogor Mpo belanja makanan kecil buat ponakan.

Dengan menggunakan angkot K03 Mpo dan adik menuju balai kota Bogor, sebenarnya bisa aja sih jalan kaki dari stasiun bogor yang jaraknya tidak begitu jauh. Sesampainya di Balai kota sudah banyak calon pengunjung yang akan ikut kunjungan ke istana untuk rakyat . Ada gapura hijau yang siap menyambut kedatangan para pengunjung. Karena Mpo terlambat dan mendapat girilan sesi ke dua yang waktu mulainya saat selesai sholat jumat.

Mpo dan adik Mpo duduk di tenda berukuran besar yang berwarna hijau. Walaupun teman BloggerCrony sudah terlebih dahulu masuk pada sesi pertama dan Mpo harus menunggu sampai selesai sholat jum’at, ternyata keterlambatan Mpo datang bisa mendatangkan sesuatu pengalaman yang berbeda karena Mpo jadi berbincang sama opa Joy dan oma Nita yang berdomisili di bogor. Oma Nita mengatakan “ ke istana presiden bukan pertama kali ke kunjungan istana kepresidan di bogor, ia penasaran apakah rutenya kunjungan akan berbeda dengan yang ia lihat dahulu”.

Mpo juga tidak sengaja bertemu dengan anita bersama mama nya yang juga berdomisili di bogor. Anita perempuan muda yang cantik ini adalah seorang blogger dari bogor. Oh ya kalau mau berkunjung ke blog nya bisa di coretanpenaanita.wordpress.com. Di tenda besar yang satunya lagi di isi dengan aneka jualan seperti baju, makanan,minuman bahkan oleh oleh dari kota bogor dan kita bisa mengenal kota bogor lewat digital profile kota Bogor .

Oh ya kunjungan ke istana untuk rakyat merupakan salah satu rangkain dalam rangka HUT kota Bogor yang ke 535. Wah ternyata kota bogor sudah mempunyai banyak usia ya. Rangkaian acaranya dalam rangka HUT kota Bogor berupa seminar, aneka lomba,bakti social, santunan, penyuluhan yang di selenggarakan di 13 kelurahan di kota Bogor . Tidak hanya itu dalam rangka HUT kota Bogor juga memberikan diskon 50 % untuk 1000 sambungan pemasangan baru, pembayaran rekening gratis selama bulan puasa ntuk masjid, musola, taklim dan pesantren, gratis bea balik nama. Acara Kunjungan Istana untuk rakyat di buka pada tanggal 24 Juli 2017 sampai 28 Juli 2017.
pendaftaraan pengunjung istana untuk rakyat
Pendaftaran
Sebelum masuk istana harus mendaftarkan nama, alamat dan berapa orang jumlah yang akan berkunjung ke istana kepresidenan yang di data oleh panitia dari pemkot kota Bogor yang memakai baju warna hijau yang jumlah 82 orang. Panitia juga mengingatkan agar para pengunjung untuk tidak membawa tas, makanan, tidak memakai kaos, celana jeans,jaket sandal jepit, handphone, kamera dan juga jasa penitipan barang . Tiket masuk ke acara istana untuk rakyat di berikan secara gratis. Menurut data panitia pada tanggal 27 Juli 2017 berjumlah 5.705 orang pengunjung.

Para pengunjung di berikan kenyaman dan keamanan dari bapak polisi, Dinas perhubungan saat melintas dari balai kota menuju istana. Mas dan mba dari Paskibraka yang bertugas menjelaskan fungsi setiap gedung di istana ,PMI yang bertugas dalam bantuan kesehatan bagi para pengunjung dan Pramuka yang bertugas sebagai petunjuk jalan bagi pengunjung . ketiga pemuda dan pemudi tersebut turut membantu pengunjung di acara istana untuk rakyat.

Sampai akhirnya panitia yang memakai baju warna hijau memanggil satu persatu nama para peserta dan peserta dengan tertib mengantri. Sesampainya di istana para pengunjung harus melewati protokoler dengan memeriksa barang bawaan yang tidak boleh masuk ke dalam istana, untungnya pulpen dan selembar kertas boleh di bawa masuk ke dalam istana sehingga Mpo bisa mencatat .
tenda menunggu ke istana bogor
Tenda untuk Pengunjung Istana Untuk Rakyat
pengaturan lalu lintas saat ke istana bogor
Mengajak Ngobrol dan Becanda para Siswa SDN yang Mengunjungi Istana untuk Rakyat

Luas istana negara 28 hektar, wah luas sekali ya istana dengan beberapa bagian yaitu gedung utama, gedung sayap kiri, gedung sayap kanan, pavilium, gedung garuda ,museum kepresidenan. Walaupun pengunjung tidak bisa masuk ke dalam istana hanya bisa sampai balkon / tangga paling atas akan tetapi dengan bantuan Mba, mas dari Paskribaka dan petugas protokoler istana para pengunjung bisa mengetahui fungsi dari setiap gedung . Istana di bersihkan setiap hari dan untuk pengecatan dilakukan setahun dua kali.

Gedung Utama berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan acara kenegaraan . didalam istana terdapat guci dan patung hadiah dari para presiden, terdapat pula kursi yang terbuat dari kayu jati yang tetap kokoh dan terdapat pula kaca seribu. Kaca seribu adalah dua buah kaca yang terdapat di kiri dan kanan istana yang peninggalan Belanda yang di sisakan untuk tidak di bawa ke Jepang saat pemerintahan jepang.

Gedung Sayap Kanan berfungsi sebagai tempat menginap para presiden, wakil presiden dari negara lain yang terdiri dari lima kamar tidur, terdapat pula piano dan ruang makan .

Gedung garuda yang berfungsi sebagai tempat presiden RI untuk mengadakan rapat setingkat mentri. Gedung sayap kiri berfungsi sebagai tempat menginap setingkat mentri dan gubenur dari negara lain .

Pavilium berfungsi sebagai tempat menginap presiden RI.

Terdapat pula penjara bawah tanah dimasa zaman penjajahan belanda yang sekarang ini berfungsi sebagai dapur istana dan laundry. di istana selain rumput yang terawat dan menghijau dengan pohon yang tinggi namun rindang akan tetapi juga terdapat kolam-kolam yang berfungsi sebagai pemisah antara istana bogor dan kebun raya bogor.

Di rumput terdapat dua ekor kuda Mpo kirain kuda tersebut yang berwarna hitam milik pasmpamres atau pasukan berkuda akan tetapi setelah mendapatkan penjelasan dari petugas, bahwa kuda tersebut dari Sumbawa .hadiah dari orang Sumbawa untuk Bapak Jokowi.

Perjalanan Mpo Ke Museum Kepresidenan.

Masuk ke museum kepresidenan sudah terdapat escalator dan pendingin AC sehingga kita tidak akan kepanasan. Museum kepresidenan yang di sebut Balai KIRTI dengan luas 3.211, 6 m2. Balai KIRTI yang terdapat di kompleks istana kepresidenan Bogor . Setelah menaiki escalator kita akan melihat patung mantan presiden RI dengan ekspresi senyuman dan yang seakan akan menyapa para pengunjung yang baru datang seperti pada patung Megawati yang melambaikan tangan.

Terdapat pula lukisan yang di buat oleh siswa dan siswi mulai dari SD, SMP, SMU yang telah memenangkan lomba lukis tingkat kota Bogor. Tema lukisan yang di lombakan dengan tema tertentu. Didalam Balai Kirti juga terdapat Slogan Presiden, baju kepresidenan, foto keluarga presiden, video, pin, prestasi, aneka benda yang biasa di pakai oleh mantan presiden . seperti 26 penghargaan Doktor yang di terima Ir Soekarno, Peralatan minum teh Megawati, Nokia E90 adalah handphone yang dipakai Susilo Bambang Yudhoyono untuk berkomunikasi dengan rakyat melalui layanan sms 9949.

Terdapat pula ruang Interaktif dimana para pengunjung bisa berinteraksi melalui alat digital. Untuk hari biasanya tempat ini para pengunjung boleh berfoto di depan mimbar yang biasa di pakai Soesilo Bambang Yudhoyono akan tetapi karena di bukanya acara Istana untuk rakyat maka Mpo dan pengunjung lainnya tidak bisa berfoto deh. Kapan- kapan kita harus balik lagi ke sini deh akan tetapi harus bikin surat kunjungan terlebih dahulu ya ke kepala museum kepresidenan RI .

oh ya jadwal kunjungan Balai KIRTI yaitu :
selasa-jumat pukul 09.00-15.00 wib.
Sabtu-minggu 09.00-13.00 wib.
senen dan hari libur nasional di tutup loh.

Asik khan perjalanan Mpo dan adik Mpo ke bogor. Hem besok kita akan mengunjungi tempat apalagi ya di kota Bogor?
selesai mengunjungi istana untuk rakyat
Selesai Mengunjungi Istana Untuk Eakyat

5 komentar:

  1. Wow, pengalaman berharga yang menarik bisa berkunjung ke istana Bogor, Mpok. Senang, ya Mpok...

    BalasHapus
  2. Seru sekali ya Mpok, liburan murah meriah. Daku tahun berapa ga terakhir ke sana, kayaknya udah lama banget. Pengen ke sana lagi..

    Oy salam kenal Mpok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba, siapa Tahu thn depan Ada lagi Dan Mba ikutan juga

      Hapus
  3. Ya Allah aku kapan ya bisa ke istana. Kemarin pas ada undangan pengen banget daftar, tapi ya gak berani juga kalau mesti bawa anak bayik.

    Semoga kapan kapan bisa ajak si kecil kesana deh

    BalasHapus