Jumat, 14 Juli 2017

Cara Memangkas Anggaran Saat Mengadakan Lomba Tujuh Belasan

Perlombaan Tujuh belasan
(Dokumentasi : www.bantenport.co.id)

Perayaan tujuh belasan di adakan di setiap sudut jalan di seluruh pelosok Indonesia bahkan di kantor duta besar Republik Indonesia di seluruh dunia . Tujuh belasan biasa orang menyebutnya, perayaan ini identik dengan beragam lomba yang bisa di ikuti baik perorangan maupun kelompok. Tidak hanya di selenggarakan di perkampungan tetapi juga merambah perusahan swasta, instasi pemerintah dan ke tempat hiburan yang hadiahnya sepeda. Rasanya hambar jika dalam satu kampung tidak ada aneka lomba saat tujuh belasan. Oleh karena itu perlunya peran anak muda untuk membuat aneka jenis lomba yang bisa di ikuti oleh warga. Sehingga para anak muda di lingkungan RT membuat panitia kecil untuk mengumpulkan dana dan mengkordinir aneka lomba.

Dana yang di kumpulkan oleh panitia pastilah terbatas, apalagi hargayang mahal untuk membeli hadiah, juga harus membeli peralatan lomba dan menghias kampung dengan ornamen merah putih. Jika tidak pintar-pintar mengatur keuangan dalam membuat perencanaan pastinya panitia mengeluarkan kocek pribadi untuk menutupi anggaran tujuh belasan.


Oleh karena itu di perlukan perencanaan yang matang agar panitia tidak tekor yaitu :

1. Perencanaan
Dalam perencanaan Panitia harus detail dalam membuat perencanaan seperti
-berapa lomba yang akan di lombakan?
-apa saja lomba tersebut?
-pembagian tugas panitia?
-berapa dana hadiah bagi pemenang juara satu, dua dan tiga dalam setiap lomba?
-berapa anggaran komsumsi panitia
-berapa anggaran menghias kampung

2.Dana
Dalam mengumpulkan dana untuk aneka lomba ,kita bisa dapatkan melalui sumbangan para warga di RT dan kita bisa juga mengabungkan ke panitian tiga RT sekaligus agar dana yang di terima semakin besar.


3 Memanfaatkan yang bisa di pakai
Dengan memanfaatkan bahan bahan yang bisa di pakai bisa jadi alternative untuk memotong biaya anggaran seperti kita bisa menghias kampung dengan botol bekas yang di beri cat minyak , barang-barang sisa perayaan tahun lalu seperti bamboo, sisa bendera kecil untuk menghias kampung, dll. Kita sebagai panitia tidak harus membeli peralatan lomba akan tetapi kita bisa meminjam sementara barang barang yang ada di rumah seperti mangkok, sendok, botol minuman, sumpit dll.

4. Memperbaiki barang yang rusak.
Bekas peralatan lomba tahun lalu yang telah rusak bisa kita perbaiki untuk bisa kembali di gunakan seperti tali ban bakiak , gawang bola.


5. Perlombaan
Panitia harus mengadakan lomba yang unik, kreatif dengan alat sederhana. Untuk jenis perlombaan kita bisa menciptakan sendiri jenis lomba yang akan di lombakan atau kita bisa juga melihat youtube dan searching di google.

6. Hadiah
Sebagai panitia harus pintar memilih hadiah untuk perlombaan . Dalam membeli hadiah ada beberapa hal yang harus di perhatikan:

a. Mengetahui latar belakang calon yang ikut lomba
Agar hadiah yang kita berikan bermanfaat dan dapat digunakan, hendaknya kita mengetahui kebutuhan peserta lomba dan latar belakangnya misalnya usia balita pilihlah tempat makan sebagai hadiah perlombaan , untuk yang tinggal di komplek perumahan BTN bisa membeli hadiah panci kecil, gelas .Akan tetapi bagi ibu ibu yang rumahnya bukan komplek dan mayoritas sudah lama bermukim jangan memberikan gelas akan tetapi belilah hadiah berupa dompet.

b. Pembelian hadiah
Kita sebagai panitia harus tahu dimana tempat membeli hadiah dengan harga murah, bisa membeli dengan harga grosir, bisa membeli dalam jumlah banyak dan kita bisa memanfaatkan promo beli 2 gratis satu yang banyak di selenggarakan di minimarket .

Mpo Cuma mau ngasih saran jika mau membeli hadiah buat lomba tujuh belasan harus jauh jauh hari datang ke pasar asemka, pasar jatinegara, pasar tanah abang agar menghindari desak desakan yang membuat kepala menjadi pusing. Kita juga harus memikirkan hadiah hiburan bagi adik adik tujuh tahun kebawah yang tidak menang lomba . Pemberian hadiah hiburan pada adik yang tidak menang bertujuan agar sang anak tidak sedih dan semangat untuk ikut lomba di tahun depan. Pembelian hadiah secara online bisa jadi alternative saat membeli hadiah lomba tujuh belasan karena beraneka macam pilihan hadiah apalagi kalau bebas ongkos kirim.

6. Komsumsi
Pada waktu makan siang, panitia di beri komsumsi . untuk komsumsi panitia bisa membuat sendiri dengan menu sederhana seperti nasi pecel /rujak kangkung . panitia juga bisa membelinya komsumsi dengan membeli nasi rames, mie pangsit. Jika dana besar kita bisa menggunakan promo paket makan tujuh belasan di restoran franchise.

7. Simpan
Jangan lupa untuk menyimpan rapi dan memberi label agar mudah dicari saat perayaaan lomba tujuh belasan tahun depan . barang yang bisa di simpan di gudang yaitu peralatan lomba yang masih bisa di pakai tahun depan atau bekas peralatan lomba yang masih bisa di perbaiki. Kalau di lingkungan rumah Mpo memanfaatkan gudang masjid untuk menitipkan peralatan lomba tujuh belasan

Sumber Referensi:

http://www.kompasiana.com/fikar/ragam-lomba-murah-meriah-kemerdekaan-ri-di-bulan-ramadhan_5513f6aca333110d70ba82a4

0 komentar:

Posting Komentar