Monday, 17 July 2017

Ayo Mulai Membuat Blog Dari Sekarang

cara membuat blog
Mba Ani Berta
Sabtu 16 Juli 2017 cuaca Jakarta yang cerah dan perjalanan yang tidak terlalu macet membuat Mpo bersama 64 orang lainnya mengunjungi ke gedung Republika yang berlokasi jalan Warung buncit, Jakarta selatan. Pagi itu kita mau mengikuti workshop dengan tema Blogging : hoby dan profesi. Dari tema tersebut pastilah pembahasan yang akan dibahas sangat menarik terutama bagi Mpo yang masih baru masuk di dunia ngeblog. Kegiatan kali ini berkolaborasi dengan Repzone dan komunitas Indonesian Socialblogprenuer . Komunitas Repzone yang di ketuai oleh Mas Said ini di bentuk oleh Republika yang salah satu kegiatannya adalah membentuk kelas social media antara lain belajar twitter, facebook, instagram, iklan di facebook dll . Sedangkan menurut Bapak Irfan Junaidi Selaku Pemred Republika mengatakan “Repubika medukung komunitas Repzone di harapkan mampu menjaga konten yang berkualitas dan positif”. Workshop kali ini menghadirkan pembicara Mba Ani berta. 

cara membuat blog
Bapak Irfan Junaidi
Dari workshop ini Mpo jadi mengetahui bahwa ternyata eh ternyata blog itu diperkenalkan oleh seorang mahasiswa dari amerika yang bernama Justin Hall pada tahun 1994. Blog itu berasal dari kata web log yang artinya log in weblog. Gimana ya caranya membuat blog? yang pastinya kamu harus punya akunt gmail terlebih dahulu. Nah akunt tersebut bisa jadi modal awal kamu untuk bikin blog. Terus gimana ya membuat blog, apakah bayar ? membuat blog itu gratis dan sekarang ini banyak platform untuk menulis blog seperti blogspot, wordpress, blogdetik, thumblr . Blogspot adalah platform untuk Mpo menulis di blog karena lebih mudah di operasikan . Untuk membuat blog kita daftar ke blogger.com dan mengikuti petunjuk yang ada . Untuk nama website blog yang dijadikan branding sebaiknya kita memakai nama asli kita, jangan memakai nama alay yang susah di ingat oleh orang plus jangan memakai nama kita dan anak kita seperti febrimamanyafatime.blogspot.com . Mengenai judul blog teh ani menyarankan kita hanya memakai tiga kalimat saja . Wah dari sini saja banyak ilmu yang bisa di petik bagi pemula.

Setelah blog itu di buat, Kita harus mengisinya dengan artikel . Terkadang kita susah mendapatkan ide membuat artikel yang harus kita post di blog.. Sebenarnya di dunia ini banyak bahan yang bisa kita jadikan bahan artikel yaitu buku, obrolan dengan teman, melihat sesuatu bahkan curhatan . Curhatan itu boleh di tulis di blog dengan menyamarkan nama , tempat dan kita juga harus memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Nah mulailah menulis dari apa yang kita sukai seperti hoby nonton film atau baca buku atau yang hoby makan. Bisa juga kita curhat di dalam blog kita dengan membuat puisi, cerpen, mengelolah diary. Blog kita juga bisa mengulas keahlian profesi kita dan bisa sebagai jurnalis warga. Biasakan dalam menulis blog seperti kita berbicara dengan pembaca dan ada interaksi melalui mejawab komentar. Selain keahlian menulis di dalam blog juga di dukung dengan foto dan video.

Setelah blog itu di post kita harus percaya diri untuk di sebarluaskan di media social yang kita punyai dan menuliskan kata kata tentang isi blog yang akan kita share di komunitas bloger . Yang namanya belajar kita bisa belajar melalui website blog orang lain yang biasanya di sebut Blogwalking. Guna blogwalking itu sendiri selain kita bisa belajar dari blog orang lain, para brand melihat apakah ada interaksi di dalam blog kita . oh ya jangan lupa ya untuk mensetting kolom komentar blog kita dengan anymous yang artinya semua orang platform blog boleh mengkomentari blog kita.

Lalu apa sih gunanya kita menulis blog, berbagai macam keuntungan yang bisa kita peroleh dari menulis blog diantaranya dengan menulis blog kita bisa menungkan ide dalam bentuk karangan fiksi, mempunyai rekam jejak hidup kita, bisa menjadi obat penyembuhan seperti yang di lakukan salah satu blogger yang menderita penyakit kanker, bisa menuangkan ekspresi, bisa menginspirasi pembaca dan bisa mendatangkan banyak peluang . Blog yang kita tulis bisa menjadikan kritikan yang membangun untuk diperbaiki pihak yang terkait dan menjadi sumber informasi untuk data.

Wah ternyata banyak manfaat juga ya kalau kita mempunya blog sendiri. Selain itu pula blog yang kita kelola bisa mendatangkan peluang untuk pekerjaan melalui review produk ataupun pekerjaan untuk di undang sebuah acara bahkan kita bisa jadi penulis, copywriter dan content writer. Akan tetapi perlu diingat jangan mengangap bahwa kalau sudah membuat blog maka akan mudah mendapatkan job, untuk mendapatkan tawaran job hal itu pastinya memerlukan proses dan juga harus belajar terus mengenai blog Seperti hal yang di lakukan oleh mba Sinta yang telah pergi jalan-jalan ke singapura dan bapak Dian Kelana yang telah puluhan tahun menjadi blogger akan tetapi terus semangat untuk belajar blog bersama kita.

Apakah kamu sudah mempunyai blog? Kalau belum seperti kata Mba ani berta “ayo mulai membuat blog dari sekarang”
cara membuat blog
Peserta Workshop Blogging : Hoby dan Profesi

40 comments:

  1. Mpo makasih sudah hadir ya :)
    Semangat! Hehehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Terima kasih dek zahra atas jempol nya

      Delete
  3. setujuuu jangan banyakan mikir klo mau nge-blog, takut ini takut itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar gak jadi jadi tuh blog, kalau takut takut

      Delete
  4. Awal-awal ngeblog memang ga percaya diri banget, Alhamdulillah ikutan workshop kemaren menjadi terpacu semangatnya..

    btw salam kenal mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, aku juga mengalami hal yg sama

      Delete
  5. kerennn euy hihi.

    salam kenal kak, Iput.

    Oiyak ikutan komunitas blogger muslimah itu gmn ka? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beluman gabung. Ane muslim tapi belum berhijab, boleh gabung gak mba

      Delete
  6. Ngeblog itu seperti candu asmara. Bikin pengen lagi,lagi dan lagi. Apalagi kalau hobinya curhat, pas banget tuh curcol diblog wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candu yg paling enak. Perasaan gundah gulana hilang, kantong tebal

      Delete
  7. alhamdulillah saya sudah punya blog :)

    ReplyDelete
  8. Makin semangat ngeblogggg, yihaaaahhh
    Tengkiu sharenya ya mbk, :)

    ReplyDelete
  9. Udah Mpok, tapi blogku masih dikit, belum sampe 10, euy!

    ReplyDelete
  10. Ayo terus ngeblog! Aku senang ngeblog karena jadi kaya semacam pemulihan jiwa. Baca ini semakin semangat deh ngeblognya. Makasih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  11. Wah kalau yang katanya gak boleh memakai nama alay itu kayaknya relatif deh mba. Banyak kok yang menggunakan nama alay sebagai brandingnya :D Contoh alm. Cumilebay hihi

    Oiya saya setujum bkin blog mulai dari sekarang karena blogging itu butuh proses sampai bener bener "Jatuh cinta" untuk nulis

    ReplyDelete
  12. wah seru banget kalo pembicaranya blogger kondang teh ani berta. btw salam kenal ya mpo ratnee...semangat ngeblog

    ReplyDelete
  13. Banyaj point yang bisa aku petik mpok , blog itu bisa juga mengulas profesi kita ya mpok, jd kepikiran mau bikin 1 blog khusus IT ,secara ya kan aku sales. Tapi kalo isi blog msh gado2 boleh gak sih mpok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tapi yg menjadi hoby atau minat Di banyakin artikel nya. Kata teh ani

      Delete
  14. Ahh, untung aku sudah punya blog..
    ini lagi smangat2nya ikutan ODOP nya teh ani punya hiii

    ReplyDelete
  15. Wah banyak juga peserta workshopnya ya.
    Blog udah ada, tinggal nulisnya aja, harus tetap semangat. Happy blogging!

    ReplyDelete
  16. Nah itu tuh yg kebanyakan dipikir orang, begitu bikin blog pasti bakal dapet job.. padahaallll, semua juga butuh proses :D

    ReplyDelete
  17. Makasih catatannya, Mpo.
    Komentar diatur anonymous ini penting supaya bisa komen pakai name/url.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik makin banyak yg komentar, makin banyak teman

      Delete
  18. Ayoo..
    Mulai bebersih blog lagii..

    Huuhuu...blognya ditinggal liburan jadi mager ginii, mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat nulis mba Waalupun Habis liburan. Justru banyak Cerita yg bisa Di ceritakan

      Delete
  19. seneng ya bisa belajar terus karena nulis juga perlu baca dan belajar dari orang lain...

    ReplyDelete
  20. Asyeeekk...
    Btw branding "mpokratne"-mu udah keren mbak. Cuma kayaknya kalau ngenalin diri pakai nama "Ratna" aja kali ya bukan "febri" hehe

    ReplyDelete