Sunday, 30 July 2017

Perjalanan ke Istana Bogor


istana untuk rakyat
Tiket


data pengunjung istana untuk rakyat 2017
Data pengunjung


Beberapa hari yang lalu Mpo sudah mempersiapkan untuk mengikuti acara kunjungan ke istana untuk rakyat. Wuih siapa yang gak senang ke istana presiden di bogor apalagi bersama anggota komunitas BloggerCrony, bahkan Mpo udah milih baju dan seterika jauh jauh hari .

Jam enam pagi Mpo dan adik Mpo sudah ada di statiun kereta api gang sentiong menuju statiun Bogor. Kereta agak lama sehingga memutuskan untuk memilih jalur ke Depok yang mana Mpo harus transit ke manggarai terlebih dahulu. Tampaknya Mpo hari ini lagi tidak mudah menuju stasiun bogor karena kereta berhenti agak lama di stasiun pasar minggu, tanjung duren dan universitas Indonesia.

Jam sepuluh pagi Mpo baru sampai ke statiun bogor, Malu juga Mpo kalau datang ke acara tidak tepat waktu, akhirnya Mpo untuk tidak jadi ikutan acara kali ini dan memohon maaf yang sebesarnya kepada group di facebook. Karena sayang tiket kereta api Mpo sudah beli tiket PP, Akhirnya Mpo memutuskan melanjutkan perjalanan untuk jalan jalan ke taman topi . Eh ternyata Mpo bertemu Novita Leviyanti dan adiknya yang baru saja sampai keretanya di stasiun bogor, Mpo tahu informasi dari mba Novita bahwa kita bisa mengikuti kunjungan ke Istana Bogor sesi dua. Sebelum keluar pintu stasiun bogor Mpo belanja makanan kecil buat ponakan.

Dengan menggunakan angkot K03 Mpo dan adik menuju balai kota Bogor, sebenarnya bisa aja sih jalan kaki dari stasiun bogor yang jaraknya tidak begitu jauh. Sesampainya di Balai kota sudah banyak calon pengunjung yang akan ikut kunjungan ke istana untuk rakyat . Ada gapura hijau yang siap menyambut kedatangan para pengunjung. Karena Mpo terlambat dan mendapat girilan sesi ke dua yang waktu mulainya saat selesai sholat jumat.

Mpo dan adik Mpo duduk di tenda berukuran besar yang berwarna hijau. Walaupun teman BloggerCrony sudah terlebih dahulu masuk pada sesi pertama dan Mpo harus menunggu sampai selesai sholat jum’at, ternyata keterlambatan Mpo datang bisa mendatangkan sesuatu pengalaman yang berbeda karena Mpo jadi berbincang sama opa Joy dan oma Nita yang berdomisili di bogor. Oma Nita mengatakan “ ke istana presiden bukan pertama kali ke kunjungan istana kepresidan di bogor, ia penasaran apakah rutenya kunjungan akan berbeda dengan yang ia lihat dahulu”.

Mpo juga tidak sengaja bertemu dengan anita bersama mama nya yang juga berdomisili di bogor. Anita perempuan muda yang cantik ini adalah seorang blogger dari bogor. Oh ya kalau mau berkunjung ke blog nya bisa di coretanpenaanita.wordpress.com. Di tenda besar yang satunya lagi di isi dengan aneka jualan seperti baju, makanan,minuman bahkan oleh oleh dari kota bogor dan kita bisa mengenal kota bogor lewat digital profile kota Bogor .

Oh ya kunjungan ke istana untuk rakyat merupakan salah satu rangkain dalam rangka HUT kota Bogor yang ke 535. Wah ternyata kota bogor sudah mempunyai banyak usia ya. Rangkaian acaranya dalam rangka HUT kota Bogor berupa seminar, aneka lomba,bakti social, santunan, penyuluhan yang di selenggarakan di 13 kelurahan di kota Bogor . Tidak hanya itu dalam rangka HUT kota Bogor juga memberikan diskon 50 % untuk 1000 sambungan pemasangan baru, pembayaran rekening gratis selama bulan puasa ntuk masjid, musola, taklim dan pesantren, gratis bea balik nama. Acara Kunjungan Istana untuk rakyat di buka pada tanggal 24 Juli 2017 sampai 28 Juli 2017.
pendaftaraan pengunjung istana untuk rakyat
Pendaftaran
Sebelum masuk istana harus mendaftarkan nama, alamat dan berapa orang jumlah yang akan berkunjung ke istana kepresidenan yang di data oleh panitia dari pemkot kota Bogor yang memakai baju warna hijau yang jumlah 82 orang. Panitia juga mengingatkan agar para pengunjung untuk tidak membawa tas, makanan, tidak memakai kaos, celana jeans,jaket sandal jepit, handphone, kamera dan juga jasa penitipan barang . Tiket masuk ke acara istana untuk rakyat di berikan secara gratis. Menurut data panitia pada tanggal 27 Juli 2017 berjumlah 5.705 orang pengunjung.

Para pengunjung di berikan kenyaman dan keamanan dari bapak polisi, Dinas perhubungan saat melintas dari balai kota menuju istana. Mas dan mba dari Paskibraka yang bertugas menjelaskan fungsi setiap gedung di istana ,PMI yang bertugas dalam bantuan kesehatan bagi para pengunjung dan Pramuka yang bertugas sebagai petunjuk jalan bagi pengunjung . ketiga pemuda dan pemudi tersebut turut membantu pengunjung di acara istana untuk rakyat.

Sampai akhirnya panitia yang memakai baju warna hijau memanggil satu persatu nama para peserta dan peserta dengan tertib mengantri. Sesampainya di istana para pengunjung harus melewati protokoler dengan memeriksa barang bawaan yang tidak boleh masuk ke dalam istana, untungnya pulpen dan selembar kertas boleh di bawa masuk ke dalam istana sehingga Mpo bisa mencatat .
tenda menunggu ke istana bogor
Tenda untuk Pengunjung Istana Untuk Rakyat
pengaturan lalu lintas saat ke istana bogor
Mengajak Ngobrol dan Becanda para Siswa SDN yang Mengunjungi Istana untuk Rakyat

Luas istana negara 28 hektar, wah luas sekali ya istana dengan beberapa bagian yaitu gedung utama, gedung sayap kiri, gedung sayap kanan, pavilium, gedung garuda ,museum kepresidenan. Walaupun pengunjung tidak bisa masuk ke dalam istana hanya bisa sampai balkon / tangga paling atas akan tetapi dengan bantuan Mba, mas dari Paskribaka dan petugas protokoler istana para pengunjung bisa mengetahui fungsi dari setiap gedung . Istana di bersihkan setiap hari dan untuk pengecatan dilakukan setahun dua kali.

Gedung Utama berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan acara kenegaraan . didalam istana terdapat guci dan patung hadiah dari para presiden, terdapat pula kursi yang terbuat dari kayu jati yang tetap kokoh dan terdapat pula kaca seribu. Kaca seribu adalah dua buah kaca yang terdapat di kiri dan kanan istana yang peninggalan Belanda yang di sisakan untuk tidak di bawa ke Jepang saat pemerintahan jepang.

Gedung Sayap Kanan berfungsi sebagai tempat menginap para presiden, wakil presiden dari negara lain yang terdiri dari lima kamar tidur, terdapat pula piano dan ruang makan .

Gedung garuda yang berfungsi sebagai tempat presiden RI untuk mengadakan rapat setingkat mentri. Gedung sayap kiri berfungsi sebagai tempat menginap setingkat mentri dan gubenur dari negara lain .

Pavilium berfungsi sebagai tempat menginap presiden RI.

Terdapat pula penjara bawah tanah dimasa zaman penjajahan belanda yang sekarang ini berfungsi sebagai dapur istana dan laundry. di istana selain rumput yang terawat dan menghijau dengan pohon yang tinggi namun rindang akan tetapi juga terdapat kolam-kolam yang berfungsi sebagai pemisah antara istana bogor dan kebun raya bogor.

Di rumput terdapat dua ekor kuda Mpo kirain kuda tersebut yang berwarna hitam milik pasmpamres atau pasukan berkuda akan tetapi setelah mendapatkan penjelasan dari petugas, bahwa kuda tersebut dari Sumbawa .hadiah dari orang Sumbawa untuk Bapak Jokowi.

Perjalanan Mpo Ke Museum Kepresidenan.

Masuk ke museum kepresidenan sudah terdapat escalator dan pendingin AC sehingga kita tidak akan kepanasan. Museum kepresidenan yang di sebut Balai KIRTI dengan luas 3.211, 6 m2. Balai KIRTI yang terdapat di kompleks istana kepresidenan Bogor . Setelah menaiki escalator kita akan melihat patung mantan presiden RI dengan ekspresi senyuman dan yang seakan akan menyapa para pengunjung yang baru datang seperti pada patung Megawati yang melambaikan tangan.

Terdapat pula lukisan yang di buat oleh siswa dan siswi mulai dari SD, SMP, SMU yang telah memenangkan lomba lukis tingkat kota Bogor. Tema lukisan yang di lombakan dengan tema tertentu. Didalam Balai Kirti juga terdapat Slogan Presiden, baju kepresidenan, foto keluarga presiden, video, pin, prestasi, aneka benda yang biasa di pakai oleh mantan presiden . seperti 26 penghargaan Doktor yang di terima Ir Soekarno, Peralatan minum teh Megawati, Nokia E90 adalah handphone yang dipakai Susilo Bambang Yudhoyono untuk berkomunikasi dengan rakyat melalui layanan sms 9949.

Terdapat pula ruang Interaktif dimana para pengunjung bisa berinteraksi melalui alat digital. Untuk hari biasanya tempat ini para pengunjung boleh berfoto di depan mimbar yang biasa di pakai Soesilo Bambang Yudhoyono akan tetapi karena di bukanya acara Istana untuk rakyat maka Mpo dan pengunjung lainnya tidak bisa berfoto deh. Kapan- kapan kita harus balik lagi ke sini deh akan tetapi harus bikin surat kunjungan terlebih dahulu ya ke kepala museum kepresidenan RI .

oh ya jadwal kunjungan Balai KIRTI yaitu :
selasa-jumat pukul 09.00-15.00 wib.
Sabtu-minggu 09.00-13.00 wib.
senen dan hari libur nasional di tutup loh.

Asik khan perjalanan Mpo dan adik Mpo ke bogor. Hem besok kita akan mengunjungi tempat apalagi ya di kota Bogor?
selesai mengunjungi istana untuk rakyat
Selesai Mengunjungi Istana Untuk Eakyat

This entry was posted in

Pengalaman Rayhan Menjadi Pasukan Paskibraka

pengalaman rayhan saat menjadi pasukan paskibraka
Hari Kemerdekaan RI
(Sumber:  Foto :Blog Rayhan)

Tanggal 28 Juli 2017, Mpo dan Adik Mpo bernama Shanti mengikuti acara istana untuk rakyat di kota bogor. Salah satu petugas yang membantu menjelaskan fungsi istana bogor adalah Rayhandhika Renarand salah satu petugas paskribraka di hari kemerdekaan RI tahun 2015 . Karena Mpo dan Rayhan bertemu di istana bogor, tidak memperbolehkan membawa kamera sehingga Mpo tidak bisa foto rayhan akan tetapi Mpo mempunyai oleh-oleh cerita pengalaman Rayhan saat menjadi pasukan paskibraka tahun 2015. Rayhan adalah Pemuda yang telah menjadi yatim ini berhasil mengwujudkan mimpinya menjadi Paskibraka .

Tidaklah mudah untuk menjadi paskibraka tingkat nasional, ia harus melewati beberapa tes mulai dari tahapan tingkat kecamatan, tingkat kota sampai provinsi. Untuk tingkat kota saja ia mendapatkan pendidikan selama 3 bulan, sedangkan untuk tingkat provinsi harus mendapatkan pendidikan selama sebulan di cibubur. Tiap provinsi sanya di wakili oleh satu putra dan satu putri.

Sebelum pengibaran bendera di saat hari kemerdekaan RI tahun 2015, ia dan pasukan paskibraka yang lainnya mendapatkan pelatihan dari unsurTNI dan Polri. Selama pendidikan Paskibraka tingkat Nasional ia tidak hanya di ajarkan baris berbaris, akan tetapi juga di ajarkan dislipin, para tokoh nasional, pahlawan, wawasan kebangsaan plus mendapatkan teman perwakilan dari provinsi lain.

Pastinya orangtua Rayhan sangat bangga ketika di undang oleh negara untuk melihat aksinya saat menjadi pasukan paskibraka di tahun 2015. Setelah selesai penurunan bendera di hari kemerdekaan, ia dan team paskibraka di pertemukan oleh orangtuanya dalam jamuan makan malam bersama Menpora. Oh ya mulai dari pendaftaran , atribut yang ia pakai seperti baju, pelatihan dan pendidikan yang ia dapatkan semuanya di dapatkan secara gratis di biayai negara. Setelah acara pengibaran bendera pasukan paskibraka 2015 mendapat jalan jalan gratis ke luar negri yaitu Malaysia.

selesai acara hut kemerdekaan RI
Rayhan dan Pasukan Paskibraka tahun 2015
(Sumber Foto : Blog Rayhan)
Para mantan pasukan paskibraka juga mempunyai komunitas yang baru-baru ini mengadakan halal bihalal. Itulah sedikit cerita pengalaman Rayhan saat bertemu dengan Mpo di acara istana untuk rakyat.

Oh ya yang mau kenalan sama cowok keren dan berprestasi seperti Rayhan bisa di follow instagram nya di @rayhanrenarand dan mampir ke blog nya di rayhan15@blogspot.com

Lalu apa cita-cita mu?  Beranikah kamu mengwujudkan cita-citamu seperti Rayhan?

Saturday, 29 July 2017

Dompet Dhuafa Mengajak Anda Menentukan Lokasi Hewan Qurban

lokasi hewan qurban dompet dhuafa
Add caption


Apa yang terlintas ketika mendengar kata Idul Adha ? pastinya hewan qurban. Apalagi anak anak di daerah perkotaan yang menyambut datangnya dengan teriak “sapi datang” dan melihat saat sapi turun dari truk. Tidak jarang pula orangtua yang membawa putra dan putrinya untuk melihat dan memberi rumput pada sapi dan kambing di panitia menerima hewan qurban. Dalam Islam hukum membeli hewan qurban adalah sunah. 

Memilih dan membeli hewan qurban itu tidak lah semudah yang dibayangkan karena ada syarat yang harus di penuhi pada kambing,domba dan sapi seperti  hewan qurban berjenis kelamin jantan, tidak boleh cacat, sehat, surat izin dari dinas peternakan, usia hewan qurban cukup dan kupa ( bahasa orang betawi yang artinya dua gigi depan kambing telah copot. Saat melakukan transaksi pembelian hewan qurban juga ada aturannya seperti cukup menawar hanya sekali dan menawarnya tidak boleh sadis . Biasanya panitia hewan qurban di masjid hanya menerima hewan qurban tiga hari menjelang hari raya idul qurban sehingga para pembeli yang sudah membeli hewan qurban menitipkan sementara kepada penjual kambing dengan membayar uang cari rumput dan saat membawa hewan qurban kita juga membayar secara sukarela ongkos gerek (narik kambing) dan biaya pemotongan yang telah ditentukan oleh panitia hewan qurban.

Sekarang ini dengan kecangihan teknologi maka semuanya mudah dilakukan dengan jari, cukup membayar sesuai yang telah di tetapkan oleh dompet Dhuafa http://thk.dompetdhuafa.org/program/thk maka pembeli telah memiliki hewan qurban untuk tahun ini.

Harga pembelian melalui Dompet Dhuafa :
Harga sapi ukuran 250-300 Kg Rp 13.500.000
Harga kambing standar berat 23-28 Kg Rp 1.975.000
Harga kambing premium Rp 2.975.000 .

Pembayaran hewan qurban tidak hanya bisa dilakukan di kantor dompet dhuafa akan tetapi juga bisa dilakukan counter dompet dhuafa yang tersebar di mall, transfer via bank, belanja online. Apalagi belanja hewan qurban via online akan mendapatkan special price sebelum tanggal 31 juli 2017.


Menurut Bapak Urip Budiarjo selaku General Manager Resource and Mobilization Mengatakan “Dompet Dhuafa juga mengajak pembeli hewan qurban untuk berpatisipasi memillih daerah yang akan di bagikan daging hewan qurban , Pemilihan daerah hewan qurban yaitu wilayah miskin tertinggal dan di pedalaman, Belum pernah menikmati hewan qurban, wilayah bencana /rentan konflik. Tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan 25.000 hewan kambing yang akan di sembelih  “. Para pembeli hewan qurban yang membelinya melalui dompet dhuafa nantinya akan menerima laporan berupa foto hewan qurban sebelum di sembelih, saat di sembelih dan pembagian daging qurban.

Empat aspek dompet dhuafa menyelenggarakan tebar hewan qurban:
1. Memberdayakan peternak.
2. Membantu para dhuafa .
3. Fungsi pemerataan desa ke kota.
4. Meningkatkan social masyarakat.

Salah satu titik pembagian hewan qurban dan memperdayakan peternak lewat program kampung ternak adalah di kecamatan Nyalindung, Sukabumi Selatan . Mpo selama dua hari mengunjungi kecamatan tersebut untuk melihat peternakan domba, kambing dan sapi perah. Untuk domba, kambing berada di kampung Bojong kupa, Desa cisitu, Kecamatan Nyalindung sedangkan untuk sapi perah berada di Kampung Cibogo, Desa Cisitu, Kecamatan Nyalindung. Akses menuju ke kecamatan tersebut sangatlah berbatu dan terjal sehingga di perlukan keahlian supir bis yang mengantarkan awak media dan para blogger yang datang ke desa tersebut pada tanggal 26-27 Juli 2017 . Setelah sampai udara dingin menyelimuti badan dan alam pemandangan indah , maklum aja kita berada di 900 kaki dari permukaan laut. Untuk sampai di kampung Bojong kupa, kita harus jalan kaki agak panjang dengan rute agak menurun curam dan berbatu , kita pun sambil pegangan tangan.

Friday, 21 July 2017

Kulkas LG Menghadirkan Teknologi Kompresor Inverter Linear



kulkas LG awet , kuat dan tahan lama
Mr Jaeyoung Lee

Cape banget kalau ke pasar setiap hari, habis mau gimana ya kalau gak kepasar anak dan suami mau di masakin apa? Kita sebagai ibu rumahtangga ingin memberikan yang terbaik bahan masakan yang akan di sajikan buat anak dan Kalau membeli bahan makanan dalam jumlah banyak nantinya bahan makanan tersebut akan layu dan rusak sehingga akhirnya di buang ke tempat sampah” ujar mama dela.

“Tahu gak sih si bella anak ku complain “ mama ini kulkas apa toko plastic sih, karena di dalam kulkas ku banyak kertas koran yang di ikat karet gelang lalu di lapisi kantong plastic putih “ ujar ibu bagas .

Hal yang sama di utarakan oleh mama gina “Duh Kalau kulkas di rumah ku satu sisi suka panas dan sisi lain adem, btw kenapa ya kulkas ku” “

"yang lebih lucu anak ku saat puasa sering buka kulkas untuk ngadem, aku sih gak apa apa namanya juga lagi belajar puasa tapi siap siap aja listrik ku naik bulan ini” ujar mama ita juga turut serta membicarakan tentang lemari es.

Itulah sedikit obralan ibu-ibu yang sedang menunggu anak nya saat belajar taman bacaan alquran . kita para ibu ibu berbicara bukan untuk ngegosip hal yang tidak penting akan tetapi kita membahas untuk mencarikan solusi bersama agar suami dan anak makin sehat dan suka dengan masakan rumah yang kita buat .

Kulkas bukan sekedar tempat menyimpan jenis makanan akan tetapi kulkas merupakan cara awal hidup sehat dan menghemat anggaran keuangan keluarga. Tanpa kita sadari kita sering membeli dalam jumlah banyak bahan makanan karena beberapa alasan seperti habis nerima bonus, membeli dalam jumlah yang banyak maka harganya akan jauh lebih murah, lagi diskon gede-gedean dan akan merayakan idul fitri, aqiqah, pesta.

Membeli bahan makanan dalam jumlah banyak bisa mendatangkan masalah yaitu pemborosan dalam keuangan rumah tangga hal ini bisa terjadi:
1. kita tidak mengelolah bahan makan makanan tersebut secara cepat sehingga bahan makanan tersebut jadi layu dan dibuang ke tong sampah.
2. Harus mempunyai kulkas yang berukuran besar akan tetapi mempunyai daya watt listrik yang besar.
3. Tidak memperhatikan tanggal expire date kemasaan sehingga makanan berjamur .
4. Banyak bahan makanan di kulkas yang suhunya tidak merata, membuat Mpo terkadang suka makan buah dengan suhu kurang dingin .
5. Rak makanan bisa pecah karena tidak bisa menanggung beban bahan makanan dalam jumlah banyak.
6 Menimbulkan bau .

Data PBB yang mengutip tentang lingkungan menyatakan sepertiga bahan makanan yang di beli dalam jumlah banyak dan simpan di kulkas terbuang percuma karena sudah layu. Ih jangan sampai ya kita melakukan pemborosan, kalau kata pak ustad membuang makanan bisa mubazir, bisa temanan sama setan . amit-amit cabang bayi Mpo sambil pukul meja. Sedangkan menurut chef Marinka yang sedang membuat project tv channel dan mengurus bisnis retoran sehat mengatakan “Makan buah dan sayuran adalah investasi masa depan kita untuk 20-30 tahun mendatang”.

Bagi Mpo sendiri kesegaran sayuran itu penting karena Mpo suka minum infused water akan mempengaruhi rasa air di dalam insfused water dan Mpo suka banget makan buah dalam kondisi dingin. Dengan teknologi kompresor inveter linear yang hanya di produk LG membantu memecahkan permasalahan yang di hadapi oleh konsumen.

Menurut Mr Jaeyoung Lee selaku President Director of PT LG Electronic Indonesia menyatakan “ PT LG Electronik Indonesia terus mengembangkan teknologi inverter, dengan teknologi tersebut akan mendatangkan banyak keuntungan bagi konsumen Indonesia “.

Hem, jadi bertanya-tanya apa sih teknologi inverter pada kulkas LG. Ibu Yuliana Yeonardy selaku Product Marketing of Home Appliances menjelaskan "Jika di produk lain mengunakan banyak gesekan sehingga kinerja kompresor akan semakin berat dan mengakibatkan daya listrik bertambah setiap bulan. Hal ini tidak terjadi pada produk lemari es LG karena kompesor inverter linear hanya menggerakan satu gerakan saja maka kinerja makin ringan hingga hemat daya listrik 32 %”.
kulkas hemat listrik
Ibu Yuliana Yeonardy
kulkas LG
Keunggulan Lemari Es LG
(Dokumentasi : pribadi dan instagram lgeindonesia)

Tidak hanya teknologi yang cangih yang bisa kita dapatkan pada produk lemari es LG akan tetapi juga tersedia sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan berbagai kapasitas lemari es yaitu 312 liter, 475 liter, 506 liter dan 512 liter.

Desain yang elegan , kuat ,kokoh serta warna yang menawan sehingga pas banget di taruh di ruang makan atau dapur. Adanya door cooling plus di sisi depan pintu kulkas LG yang berfungsi sebagai kulkas menjadi lebih dingin dan merata sehingga menghasilkan sayuran dan buah buahan segar selama tujuh hari,  hal ini dibuktkan dengan dengan berbagai macam tes yang dilakukan baik dari segi warna, tingkat kekerasan ,berat dan penyusutan bahan makanan . Dari ke empat tes tersebut LG linear inveter lebih unggul dibandingan produk yang lain.

Hygienes fresh membuat bahan makanan yang banyak di taruh di dalam Kulkas LG tidak akan menjadi bau selain itu pula bisa membunuh kuman sehingga sayuran dan buah jadi tahan lama. Apalagi Di kulkas LG terdapat rak-rak yang sesuaikan dengan kebutuhan saat menaruh bahan makanan sehingga tidak tercampur dan rak dengan tempered glass tersebut kuat menahan beban bahan makanan. oh ya selain itu pula lemari es LG bagian frezernya ada pembuat ice dan luas ruangan sehingga kita dapat leluasa memasukan makanan . garansi yang di berikan untuk konsumen adalah 10 tahun untuk kompesor Inverter linear

Asik khan mempunyai kulkas LG, apalagi kalau kita bisa membuat alat music dari sayuran dan buah-buahan. Karena di acara LG Inveter Challenge yang berlokasi di Senayan City pada tanggal 21 Juli 2017 group Band P Brosound membuktikan dengan kesegaran sayuran yang telah di simpan selama 7 hari di dalam kulkas LG maka bisa di buat alat music. Alat music sayuran dan buah-buahan tidak hanya memainkan dengan secara akustik akan tetapi juga bisa di kolaborasikan dengan alat music elektrik lainnya. Pengalaman pertama nih saat Mpo dan para anggota blogger cihuy meniup sayuran menjadi alat music.

Jika kamu masih penasaran dengan alat music dari sayuran bisa di lihat https://www.youtube.com/watch?v=rTsGZSWxv2A&feature=youtu.be dan kamu masih bisa menyaksikan secara langsung dan mengikuti tantangan vegetable instrument performing challenge sampai dengan tanggal 23 juli 2017 di sediakan hadiah kulkas LG bagi para pemenang.

Lalu bagaiman cara mu menjaga kesegaran sayuran dan buah-buahan di dalam kulkas?  

http://www.mporatne.com
Anggota Blogger Cihuy
(Dokumentasi: Nur Terbit)

Film The Doll 2 : Akibat Kesedihan Luna Maya

Kesedihan luna maya
Film The Doll 2
Kesedihan yang mendalam di alami oleh Maira saat kehilangan sang anak yang bernama Kayla yang meninggal dunia akibat rem blong mobil, apalagi sang anak tersebut adalah anak yang di nantikan dan di dambakan oleh Maira dan Aldo selama 6 tahun. 

Karena kesedihan itulah membuat Maira dan sahabatnya bernama Elsa melakukan ritual pemanggilan arwah dengan menyanyikan Lingsir wangi, Akan tetapi keduanya lupa berdoa setelah pemanggilan arwah sehingga membuat bencana bagi keluarga Aldo. Itulah sedikit cuplikan film The Doll 2. Mpo, shanty dan bersama 40 orang lainnya nonton bareng bersama Shop And Drive pada tanggal 20 Juli 2017 berlokasi di Blok M Square.

 “Aih film the doll 2, yang pertama aja tidak nonton “ celotehan dari bibir mungil sahabat Mpo. Nah bagi pembaca blog Mpo yang belum menonton Film The Doll sekuel pertama tidak perlu khawatir karena di film The Doll 2 di bahas sedikit alur cerita Film The Doll sekuel pertama akan tetapi dalam film The Doll 2 tidak ada hubungan cerita dengan keluarga Daniel. 

Sepuluh menit pertama para penonton di ajak untuk berteriak, ketakutan dan mengigat kembali alur cerita film The Doll sekuel pertama . Tidak hanya sisi horor para penonton juga di ajak untuk melihat sisi drama kehidupan keluarga Aldo . Luna Maya sebagai actris terkenal yang di tantang untuk berakting segala macam situasi seperti kesedihan, kegembiraan, depresi, ketakutan dan acting saat menjadi hantu. Sedangkan Herjunot Ali berakting sebagai pria cool sebagai kepala rumah tangga. Alur cerita ditulis oleh Rocky Soraya yang sekaligus sutradara di film ini. Rocky Soraya tidak hanya seorang produser film akan tetapi ia menunjukan kebolehan menjadi sutradara di berbagai genre film dan di Film The Doll 2 ia juga menjadi penulis scenario . 

Film The Doll 2 hanya membahas kehidupan keluarga kecil Aldo yang terdiri dari Maira yang mempunyai anak bernama Kayla dan assiten rumah tangga bernama Yani . Ketika masih hidup Kayla dan Maira senang sekali bermain petak umpet untuk memecahkan kata sandi dan Kayla mempunyai boneka kesayangan bernama Sabrina . 

This entry was posted in

Monday, 17 July 2017

Ayo Mulai Membuat Blog Dari Sekarang

cara membuat blog
Mba Ani Berta
Sabtu 16 Juli 2017 cuaca Jakarta yang cerah dan perjalanan yang tidak terlalu macet membuat Mpo bersama 64 orang lainnya mengunjungi ke gedung Republika yang berlokasi jalan Warung buncit, Jakarta selatan. Pagi itu kita mau mengikuti workshop dengan tema Blogging : hoby dan profesi. Dari tema tersebut pastilah pembahasan yang akan dibahas sangat menarik terutama bagi Mpo yang masih baru masuk di dunia ngeblog. Kegiatan kali ini berkolaborasi dengan Repzone dan komunitas Indonesian Socialblogprenuer . Komunitas Repzone yang di ketuai oleh Mas Said ini di bentuk oleh Republika yang salah satu kegiatannya adalah membentuk kelas social media antara lain belajar twitter, facebook, instagram, iklan di facebook dll . Sedangkan menurut Bapak Irfan Junaidi Selaku Pemred Republika mengatakan “Repubika medukung komunitas Repzone di harapkan mampu menjaga konten yang berkualitas dan positif”. Workshop kali ini menghadirkan pembicara Mba Ani berta. 

cara membuat blog
Bapak Irfan Junaidi
Dari workshop ini Mpo jadi mengetahui bahwa ternyata eh ternyata blog itu diperkenalkan oleh seorang mahasiswa dari amerika yang bernama Justin Hall pada tahun 1994. Blog itu berasal dari kata web log yang artinya log in weblog. Gimana ya caranya membuat blog? yang pastinya kamu harus punya akunt gmail terlebih dahulu. Nah akunt tersebut bisa jadi modal awal kamu untuk bikin blog. Terus gimana ya membuat blog, apakah bayar ? membuat blog itu gratis dan sekarang ini banyak platform untuk menulis blog seperti blogspot, wordpress, blogdetik, thumblr . Blogspot adalah platform untuk Mpo menulis di blog karena lebih mudah di operasikan . Untuk membuat blog kita daftar ke blogger.com dan mengikuti petunjuk yang ada . Untuk nama website blog yang dijadikan branding sebaiknya kita memakai nama asli kita, jangan memakai nama alay yang susah di ingat oleh orang plus jangan memakai nama kita dan anak kita seperti febrimamanyafatime.blogspot.com . Mengenai judul blog teh ani menyarankan kita hanya memakai tiga kalimat saja . Wah dari sini saja banyak ilmu yang bisa di petik bagi pemula.

Setelah blog itu di buat, Kita harus mengisinya dengan artikel . Terkadang kita susah mendapatkan ide membuat artikel yang harus kita post di blog.. Sebenarnya di dunia ini banyak bahan yang bisa kita jadikan bahan artikel yaitu buku, obrolan dengan teman, melihat sesuatu bahkan curhatan . Curhatan itu boleh di tulis di blog dengan menyamarkan nama , tempat dan kita juga harus memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Nah mulailah menulis dari apa yang kita sukai seperti hoby nonton film atau baca buku atau yang hoby makan. Bisa juga kita curhat di dalam blog kita dengan membuat puisi, cerpen, mengelolah diary. Blog kita juga bisa mengulas keahlian profesi kita dan bisa sebagai jurnalis warga. Biasakan dalam menulis blog seperti kita berbicara dengan pembaca dan ada interaksi melalui mejawab komentar. Selain keahlian menulis di dalam blog juga di dukung dengan foto dan video.

Setelah blog itu di post kita harus percaya diri untuk di sebarluaskan di media social yang kita punyai dan menuliskan kata kata tentang isi blog yang akan kita share di komunitas bloger . Yang namanya belajar kita bisa belajar melalui website blog orang lain yang biasanya di sebut Blogwalking. Guna blogwalking itu sendiri selain kita bisa belajar dari blog orang lain, para brand melihat apakah ada interaksi di dalam blog kita . oh ya jangan lupa ya untuk mensetting kolom komentar blog kita dengan anymous yang artinya semua orang platform blog boleh mengkomentari blog kita.

Lalu apa sih gunanya kita menulis blog, berbagai macam keuntungan yang bisa kita peroleh dari menulis blog diantaranya dengan menulis blog kita bisa menungkan ide dalam bentuk karangan fiksi, mempunyai rekam jejak hidup kita, bisa menjadi obat penyembuhan seperti yang di lakukan salah satu blogger yang menderita penyakit kanker, bisa menuangkan ekspresi, bisa menginspirasi pembaca dan bisa mendatangkan banyak peluang . Blog yang kita tulis bisa menjadikan kritikan yang membangun untuk diperbaiki pihak yang terkait dan menjadi sumber informasi untuk data.

Wah ternyata banyak manfaat juga ya kalau kita mempunya blog sendiri. Selain itu pula blog yang kita kelola bisa mendatangkan peluang untuk pekerjaan melalui review produk ataupun pekerjaan untuk di undang sebuah acara bahkan kita bisa jadi penulis, copywriter dan content writer. Akan tetapi perlu diingat jangan mengangap bahwa kalau sudah membuat blog maka akan mudah mendapatkan job, untuk mendapatkan tawaran job hal itu pastinya memerlukan proses dan juga harus belajar terus mengenai blog Seperti hal yang di lakukan oleh mba Sinta yang telah pergi jalan-jalan ke singapura dan bapak Dian Kelana yang telah puluhan tahun menjadi blogger akan tetapi terus semangat untuk belajar blog bersama kita.

Apakah kamu sudah mempunyai blog? Kalau belum seperti kata Mba ani berta “ayo mulai membuat blog dari sekarang”
cara membuat blog
Peserta Workshop Blogging : Hoby dan Profesi

Friday, 14 July 2017

Cara Memangkas Anggaran Saat Mengadakan Lomba Tujuh Belasan

cara hemat anggaran tujuh belasan
Perlombaan Tujuh belasan
(Dokumentasi : www.bantenport.co.id)

Perayaan tujuh belasan di adakan di setiap sudut jalan di seluruh pelosok Indonesia bahkan di kantor duta besar Republik Indonesia di seluruh dunia . Tujuh belasan biasa orang menyebutnya, perayaan ini identik dengan beragam lomba yang bisa di ikuti baik perorangan maupun kelompok. Tidak hanya di selenggarakan di perkampungan tetapi juga merambah perusahan swasta, instasi pemerintah dan ke tempat hiburan yang hadiahnya sepeda. Rasanya hambar jika dalam satu kampung tidak ada aneka lomba saat tujuh belasan. Oleh karena itu perlunya peran anak muda untuk membuat aneka jenis lomba yang bisa di ikuti oleh warga. Sehingga para anak muda di lingkungan RT membuat panitia kecil untuk mengumpulkan dana dan mengkordinir aneka lomba.

Dana yang di kumpulkan oleh panitia pastilah terbatas, apalagi hargayang mahal untuk membeli hadiah, juga harus membeli peralatan lomba dan menghias kampung dengan ornamen merah putih. Jika tidak pintar-pintar mengatur keuangan dalam membuat perencanaan pastinya panitia mengeluarkan kocek pribadi untuk menutupi anggaran tujuh belasan.


Oleh karena itu di perlukan perencanaan yang matang agar panitia tidak tekor yaitu :

1. Perencanaan
Dalam perencanaan Panitia harus detail dalam membuat perencanaan seperti
-berapa lomba yang akan di lombakan?
-apa saja lomba tersebut?
-pembagian tugas panitia?
-berapa dana hadiah bagi pemenang juara satu, dua dan tiga dalam setiap lomba?
-berapa anggaran komsumsi panitia
-berapa anggaran menghias kampung

2.Dana
Dalam mengumpulkan dana untuk aneka lomba ,kita bisa dapatkan melalui sumbangan para warga di RT dan kita bisa juga mengabungkan ke panitian tiga RT sekaligus agar dana yang di terima semakin besar.


3 Memanfaatkan yang bisa di pakai
Dengan memanfaatkan bahan bahan yang bisa di pakai bisa jadi alternative untuk memotong biaya anggaran seperti kita bisa menghias kampung dengan botol bekas yang di beri cat minyak , barang-barang sisa perayaan tahun lalu seperti bamboo, sisa bendera kecil untuk menghias kampung, dll. Kita sebagai panitia tidak harus membeli peralatan lomba akan tetapi kita bisa meminjam sementara barang barang yang ada di rumah seperti mangkok, sendok, botol minuman, sumpit dll.

4. Memperbaiki barang yang rusak.
Bekas peralatan lomba tahun lalu yang telah rusak bisa kita perbaiki untuk bisa kembali di gunakan seperti tali ban bakiak , gawang bola.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Pernikahan Lintas Generasi

pernikahan beda usia
Pernikahan
(dokumentasi :freepik.com)


Di Indonesia sedang heboh-hebohnya seorang nenek Rohaya yang menikah dengan Slamet seorang pria yang usianya jauh lebih muda . Sebenarnya pernikahan lintas generasi ini tidak hanya terjadi di Indonesia akan tetapi terjadi pula belahan bumi. Pernikahan lintas generasi ini tidak pernah memandang status atau jabatan seseorang, Hal ini bisa terjadi di kalangan selebritis dunia maupun politisi. Seperti presiden prancis Emmanuel Marcon yang menikahi guru sewaktu smu bernama Brigitte Trognieux dengan terpaut usia 25 tahun .

Cinta tidak pernah memandang usia . Pernikahan lintas generasi terjadi karena sang wanita lebih dewasa, lebih bijak, lebih mapan, memberi kenyamanan, mengayomi, mengasihi dan mendapatkan kasih sayang dari nya.

Sebuah pernikahan pastinya ada lika liku yang harus di hadapi hal ini juga terjadi pada pernikahanan beda usia .

1. Masalah komunikasi
Pernikahan dengan pasangan yang seumuran pasti suka terjadi masalah komunikasi , begitu juga dengan pasangan lintas generasi. Diperlukan keterbukaan dan pengertian dalam berkomunikasi. Belajar memilih kata mana yang di dengarkan dan kalimat mana yang diabaikan. Dengan sama sama belajar komunikasi maka konflik komunikasi bisa di tekan.

2. Masalah Psikologi
Banyak anggapan miring tentang pernikahan lintas generasi salah satunya adalah masalah kebutuhan repduksi . Dikutip dari cnnindonesia.com, ibu Mira Anin mengatakan “ Anggapan hal itu bisa saja terjadi akan tetapi bukan prioritas melainkan yang utama adalah kebersamaan dan kasih sayang “.

3. Rentan perselingkuhan
Bukankah anda menikah dengan nya dengan tujuan baik, lalu di akhiri dengan anda berselingkuh. Pernikahan lintas generasi rentan dengan perselingkuhan akan tetapi perlu di ingat niat anda dan komitmen awal ketika anda menikah dengan pasangan yang berbeda usia.

4. Pandangan orang
Pastilah pernikahan lintas generasi bikin orang bertanya tanya mengapa mau menikah dengan berbeda usia jauh? Menyiyir anda dan pasangan anda tapi Selama kita mencintai pasangan kita sudah tentu pandangan orang tidak usah di pedulikan. justru pandangan tersebut harus di buktikan dengan terus mencintai apa ada nya.

lalu bagaimana menurut anda dengan pernikahan lintas generasi dan apa masalah yang terjadi pada keluarga anda, silakan komentar ya 

 

Sumber Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170713151151-255-227657/psikolog-percintaan-abg-dan-nenek-seharusnya-tak-jadi-soal/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170404171220-277-204932/menikah-di-usia-tua-tak-masalah-asalkan-satu-motivasi/

http://ramuanabe.com/blog/perkawinan-beda-usia-dan-dampaknya-terhadap-kehidupan-seksual/

Thursday, 6 July 2017

Spider-Man : Homecoming Memberikan Banyak Kejutan

spiderman homecoming beri kejutan
Yuk nonton Spider-Man:Homecoming


Setelah kita menonton penampilan Spider-Man bersama team averangers dalam menumpas kejahatan di tahun 2016 . Tahun 2017 di rilis film terbaru yang berjudul Spider-Man :Homecoming dimana Spider-Man menunjukan kemampuan nya dalam memerangi kejahatan seorang diri. Mpo dan para pemenang kuis twitter Bank Mandiri menonton film ini di Plaza Indonesia tanggal 5 Juli 2017 . Saat menonton film ini para penonton akan di berikan banyak kejutan dalam film ini .

Para penonton tidak hanya di suguhkan sosok Spider-Man yang hanya bisa melompat dengan menggunakan jaring laba-laba dari satu gedung ke gedung lainnya akan tetapi kehebatan senjata baru yang di punyai dan pemandu khusus bernama Karen. Mempunyai senjata baru sudah tentu perlu penyesuaian dalam mengoperasikan agar tepat sesuai dengan yang kita inginkan. Di film ini kita bisa tertawa terbahak-bahak saat Spider-Man mengunakan senjata baru nya. Berkat bimbingan Karen akhirnya senjata baru bisa di manfaatkan dengan maksimal dalam menumpas kejahatan.

Tokoh spider-Man yang di perankan Tom Holland actingnya sungguh memikat dengan memerankan sosok kehidupan keseharian Peter Parker. Peter Parker merupakan seorang pelajar di sekolah smu yang penuh dengan gelora cinta anak remaja. Digambarkan juga keseharian kehidupannya menjalankan tugas sebagai pelajar, murid yang cerdas yang mengikuti lomba cerdas cermat, persahabatannya dan pendekatan dengan wanita berkulit gelap bernama Liz Allan . Tom Holland bukan baru kali ini saja memerankan sosok spiderman akan tetapi di film Captain America: Civil War pada tahun 2016 juga turut serta dalam menumpas kejahatan.

Film Spider-Man :Homecoming kita bisa melihat sosok pahlawan yang lainnya yaitu Iron Man yang di perankan oleh Robert Downey . Tokoh Iron Man sudah sangat inovasi dengan sang robot yang membantu Spider-Man ketika jatuh ke sungai dan sang robot di kendalikan melalui jarak jauh dari negri india. Siapa yang percaya merekrut anak smu yang berusia 15 tahun menjadi sosok pahlawan, hal ini membuat Iron Man mengawasi gerak gerik Spider-Man . Awalnya Iron Man sangat tidak percaya bahwa ada burung terbang dengan senjata canggih yang melakukan kejahatan sehingga Iron Man mengambil baju Spider-Man dari Peter Parker. Lalu bagaimana tokoh Peter Parker tanpa baju Spider-Man?

This entry was posted in

Wednesday, 5 July 2017

di Elevenia : Mukena Cantik dengan Diskon Khusus

sale harga mukena
Mukena idaman

Mukena bukan hanya sekedar peralatan sholat bagi kaum hawa, akan tetapi mukena merupakan identitas muslim. Bagi Mpo mukena tidak hanya di gunakan untuk ibadah sholat bagi fardlu maupun sholat sunah akan tetapi Mpo suka mengunakan mukena ketika mengaji di masjid pada malam jumat bersama para tetangga di johar baru. Biasanya Mpo menggunakan mukena sedari rumah menuju ke masjid.

Terkadang kita suka mengabaikan hal sepele padahal berakibat fatal. Seperti kita tampil maksimal pakaian yang maching dengan sepatu dan tas yang senada plus dandanan maksimal saat ke pesta hanya untuk menghargai si pengundang. Tapi sayang kita kurang memperhatikan di saat ibadah, mukena yang kita pakai menghadap tuhan adalah sudah dekil, jarang dicuci .Tuhan yang telah menciptakan kita dan memberikan banyak karunia untuk kita. Rasa malu menghadap tuhan ketika sholat dengan mukena cetian (ada noda ke hitaman di mukena) dan dekil. Allah menyukai keindahan dan menghadap NYA dalam mukena dalam keadaan bersih,wangi membuat ibadah kita semakin khusu.

Tuesday, 4 July 2017

Tips Cara Menjawab " Kapan nikah? "



tips menjawab kapan nikah
Dokumentasi : website konfrontasi


Kapan nikah? Hem pertanyaan ini bisa bikin muka jadi berubah terutama para cewe. pertanyaan tidak hanya cewe doang yang mengalami, cowok juga tapi cowok itu sok cool dan menjawab enteng seperti “cowok mah sampai kapan pun gak ada expire date nya “. Tapi sebenarnya di dalam diri cowok juga mikirin loh pertanyaan itu. Jadi Mpo Cuma mau bilang pertanyaan “kapan nikah?” tidak hanya pertanyaan buat cewe tapi juga cowok. 

Terus kapan pertanyaan “kapan nikah?” di pertanyakan . Biasanya dipertanyakan oleh keluarga atau pertemuan kumpul keluarga besar atau saat reunian sekolah atau saat menghadiri pernikahan sahabat . Tapi ada juga keluarga yang tidak menanyakan anda “kapan nikah?” . bukan karena keluarga tidak peduli pada anda akan tetapi keluarga yakin bahwa setiap manusia di ciptakan pasangan dan membiarkan anda untuk memutuskan dengan siapa anda menikah nanti tanpa harus di kejar deatline dengan pertanyaan “kapan nikah?” .

Lalu gimana dengan Mpo sendiri? Hem kasih tahu gak ya . iya memang ada yang menanyakan dari tetangga, keluarga besar , sahabat. Apalagi di depan rumah Mpo ada lapangan bulutangkis yang suka di gunakan buat repsepsi pernikahan, Nah di saat itu ada yang menanyakan “ Bang, itu tenda jangan di bongkar, di perpanjang sampai besok buat si dia nih orangnya (sambil menunjuk ke arah ku) “ .


Terus gimana ya menjawab kapan nikah ? apa kita di diamin aja, masang muka cembetut (marah dan malu) , menutup diri atau jadi kapok (gak mau datang ) ke acara acara karena pasti ada pertanyaan “kapan nikah?”. Sebelumnya nulis Blog ini Mpo mau berterima kasih dulu sama teman di group Whats App . Di group tersebut selama dua hari kita saling ngobrol tentang biro jodoh.

Oh ya kita balik lagi ya, harus jawab apa ketika di tanya “kapan nikah ?” . nih Mpo rangkum dari beberapa sumber dan pengalaman Mpo dalam menjawab “kapan nikah?”.

1. Harus di Jawab.
Pertanyaan “kapan nikah?” dari siapapun harus di jawab, jangan sampai gak di jawab. Kalau kita tidak menjawab nanti di sangka sombong atau tidak sopan. Bisa juga menjawabnya dengan senyuman manis.

2. Jangan Pasang Muka cemberut, marah dan kesal.
Duh tidak usah deh pasang muka cemerut, marah atau muka kesal saat di tanya “kapan nikah?” . slow down baby , ekspresi wajah itu harus tetap biasa aja seperti tidak kaget akan pertanyaan tersebut.


3. Kasih sayang
Jangan mengangap pertanyaan “kapan nikah?” sebagai pertanyaan yang bikin malu di hadapan semua orang tapi kita harus mengangap bahwa pertanyaan dari teman atau keluarga merupakan pertanyaan kasih sayang seseorang kepada kita atau sebagai bentuk perhatian kepada kita yang masih jomblo.

4. Menjawab dengan sopan dan becanda
Jika ada pertanyaan “kapan nikah?” maka kita harus menjawabnya dengan bahasa sopan , nada suara becanda dan jangan baper.

5. Tantanangin si penanya
Gimana bisa menantangi si penanya dengan bertanya balik? Bisa kok caranya meminta bantuan dia buat mencarikan jodoh buat kita. Siapa tahu dengan tantangan yang kita ajukan bisa jadi jalan kita untuk mendapatkan jodoh.

6. Beri Hadiah
Siapa sih yang tidak senang ketika mendapatkan jodoh? Apalagi kalau sahabat bisa mendapatkan jodoh untuk sahabatnya dan sebagai tanda terima kasih kepada sahabat kita dengan memberikan hadiah di pesta pernikahan kita nanti. Kalau di tanya soal hadiah pastikan rembukan dulu ya dengan calon suami untuk hadiah apa yang cocok buat mak comblang kita . kalau Mpo saranin kasih barang yang merupakan hoby buat mak comblang .

Sebenarnya ada hadiah khusus yang di kasih oleh Allah Swt bagi para mak comblang yang berhasil menyatukan cinta dua pasangan sampai menikah .

Al Maudhu al-kubro Li inbil Jauzi “ Barang siapa yang ikut mempertemukan dua orang dalam pernikahan hingga Allah mengumpulkan keduanya (dalam pernikahan). Maka Allah memberikan padanya, untuk semua langkah kakinya, untuk setiap kalimat yang di ucapkan dalam hal tersebut laksanan ibadah dalam setahun. Yang siangnya di gunakan puasa dan malamnya dengan qiyamul lail.

Wow hadiah yang indah ya yang diberikan sama Allah buat mak comblang, jadi buruan deh bantuin sahabat kamu yang masih jomblo.

Sunday, 2 July 2017

Sehat dan Bugar Setelah Arus Balik

macet saar arus balik
Kemacetan
(dokumentasi : Antara )



Kumpul keluarga di kampung halaman adalah hal yang membahagiakan, Rasanya waktu cepat berlalu dan kita harus kembali ke kota  untuk menjalani aktivitas biasanya. Perjalanan kembali ke kota yang panjang di tambah macet membuat kita kelelahan sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit . tentu saja penyakit pasca arus balik akan menganggu aktivitas kita yang harusnya kembali masuk kerja akan tetapi kita harus menambah cuti 1-2 hari.

Penyakit yang biasanya dialami pasca arus balik adalah kecapean, kelelahan, diare, strees , maag, asma, hipertensi, diabetes, pegal-pegal bahkan penyakit karena akibat kecelakan seperti patah tulang, kelumpuhan , kebutaan dsb. Tentunya kita sangat berharap bahwa kita tidak mengalami kecelakan saat arus balik.

Ada beberapa tips agar kita bisa sehat setelah pasca balik :

1. Pilih jadwal arus balik
Jauh jauh hari kita sudah merencanakan kapan kembali ke kota? Saat membeli tiket dan melakukan perjalanan jauh jauh hari sebelum masuk kantor. ada keuntungan yang bisa kita dapatkan selain terhindar dari kemacetan juga kita bisa manfaatkan untuk beristirahat di rumah, menghilangkan rasa kelelahan saat perjalanan arus balik. Contohnya balik dari kampung hari rabu atau tiga hari sebelum masuk kantor.

2. Membawa bekal selama perjalanan.

Membawa bekal selama perjalanan selain bisa menghemat uang juga bisa menghindari dari penyakit diare akibat membeli jajanan yang kualitasnya kurang baik. Membawa bekal bukan hanya berupa makanan berat seperti nasi , bisa berupa cemilan , buah buahan dan minuman air putih. Kita harus pintar memilih tempat makan, kualitas makanan dan jangan sampai terlambat makan. 

3. Melakukan peregangan dan istirahat
Lakukan peregangan otot setiap 60-90 menit berkendara selama lima sampai sepuluh menit. Peregangan bisa menggerakan tangan dan kaki ke depan dan k e belakang. Manfaatkan rest area untuk istirahat.

4. Memakai Jaket
Selama perjalanan arus balik sebaiknya mengunakan jaket yang tebal agar terhindar dari masuk angin.

5. Pijat dan Obat- obatan .
Manfaatkan rest area yang menyediakanbangku pijat elektrik, jasa pemijatan . selain bisa merelax otot yang kaku kita bisa memanfaatkan untuk beristirahat. Jika tidak ada jasa pemijatan atau bangku pijat di rest area maka kita bisa minta tolong kepada istri untuk memijat di daerah pundak, tangan dan kaki secara ringan dengan menggunakan obat-obatan yang kita bawa. Obat- obatan adalah balsam, koyo, minyak pijat, obat anti pegal-pegal, obat sakit kepala dan obat yang di anjurkan oleh dokter.

6. Pakaian kotor, kendaraan kotor
Duh kalau sudah sampai ke kota, pasti ada kerjaan di rumah yang harus kita selesaikan. Sudah tentu membuat beban kita bertambah . Jangan khawatir , sekarang banyak jasa yang kita manfaatkan untuk membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan kita misalnya gunakan jasa laundry kiloan dan steam cuci kendaraan gratis di mall dengan menunjukan struk pembelian belanja.

Para pembaca blog Mpo, ada yang mau sharing tips sehat agar tetap sehat dan bugar pasca arus balik? Silakan komentar dan selamat beraktivitas kembali.




bugar pasca arus balik
Sehat Setelah Mudik


Sumber Referensi :

http://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170630151134-255-224944/waspadai-tiga-penyakit-saat-arus-balik/

http:bangka.tribunnews.com/amp/2016/07/06/waspadai-penyakit-pasca-lebaran