Kamis, 08 Juni 2017

Perbincangan dengan Petugas Penyuluhan PROMKES Mengenai Puasa

https://www.mpratne.com
Bincang Sore
Saat Mpo bersama BloggerCrony ikut acara Kementrian Kesehatan Ngobrol bareng Blogger yang berlokasi RPTRA Kalijodo (02/06). Disana ada mobil keliling PROMKES (Promosi Kesehatan Masyarakat) . Awalnya Mpo Cuma mau foto di mobil keliling tersebut dengan bantuan febrianti Rachma sebagai juru potret. Saat itu Mpo bersama dengan Ibu Dewi Sibuea, salah satu petugas penyuluhan berfoto bersama . Nah dari situlah kita ngobrol banyak di selingi dengan celotehan canda tawa . Kebetulan Mpo bertanya tentang puasa . Maaf ya tulisan ini baru Mpo terbitkan dan Menurut Mpo sayang sekali kalo perbincangan di sore itu Mpo tidak tulis di blog, Kebetulan voice recorder perbincangan masih tersimpan di handphone, Makanya Mpo hari ini akan menuliskan perbincangan dengan Ibu Dewi Sabuea.

Pertanyaan Mpo pertama kali adalah mengenai pengaturan pola makan saat berpuasa . Ibu Dewi Sabuea menyatakan “ Kita harus pintar memilih makanan sehat di waktu sempit saat berbuka, pilihlah makanan sehat jangan saat berbuka puasa memilih menu yang praktis seperti junkfood akan tetapi kita bisa mengantinya misalnya dengan ayam bakar. Penuhi kebutuhan air saat sahur dan berbuka puasa .Saat sahur minumlah air putih dan buah sedangkan saat berbuka air putih".Ibu muda nan cantik ini juga menjawab pertanyaan cara mengatur pola tidur saat berpuasa . sang ibu menjawab “ Dengan tuntutan kerja maka kita harus tidur minimal 6 jam dengan pengaturan di cicil yaitu saat malam hari jangan tidur terlalu malam, kita harus tidur jam 22.00 atau jam 23.00, nantinya kita akan bangun untuk persiapan sahur jam 02.00 . lalu setelah sholat subuh kita tidur lagi selama satu jam. Perjalanan kantor yang macet bisa kita manfaatin untuk tidur sebentar selama 30 menit dan saat jam istirahat kantor kita bisa tidur 30 menit. Yang penting tidur itu berkualitas dan nyaman tempatnya. Bila tidur di malam hari Usahakan tidur tidak dalam kondisi lapar atau haus, tempat tidur yang bersih, berdoa dahulu “.

Mengenai olahraga menjadi pembahasan obrolan kita saat itu dan ibu Dewi Sabuea menyatakan “ Bagi yang terbiasa berolahraga di saat puasa janganlah berhenti total aktivitas olahraga . kita hanya perlu mengatur waktu olahraga dan jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Waktu menjelang sore hari sebelum azan magrib berkumandang kita bisa melakukan olahraga yang ringan plus tidak terlalu membakar kalori seperti jogging dengan kecepatan rendah, jalan, bersepeda, jumpingjack dll. Melakukan olahraga selama 30 menit sampai 1 jam. Bagi yang suka bermain futsal sehabis tarawih durasi permainan harus dikurangi menjadi 1 jam saja. Bagi yang suka olahraga di pagi hari masih boleh di lakukan selama sifatnya havefun seperti jalan santai bersama teman-teman . Akan tetapi jangan lakukan olahraga yang bersifat kompetisi seperti main bulutangkis, sepak bola di pagi hari”.

Itulah sedikit perbincangan Mpo dan Ibu Dewi sabuea. Semoga perbincangan tersebut bisa memberikan informasi tentang puasa.

5 komentar:

  1. Ok..jadi tambah tahu..olahraga dibolehkan juga selama bulan puasa ya..hanya saja diatur jamnya dan ngga berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar. Waktu menjelang berbuka lebih baik.

      Hapus
  2. tetap olahraga sebagai satu kunci menjalani hidup sehat. dan puasa bukanlah halangan

    BalasHapus
  3. Tips bagi waktu selama puasa, terutama tidur nih yang lagi saya butuhin. Kadung biasa kerja lembur, kadang telat bangun sahur dan di kerjaan ngantuk lagi :(

    BalasHapus
  4. Olahraga tetap kudu yaa walaupun puasa..

    BalasHapus