Tuesday, 28 February 2017

Wisata Belanja di Museum Tekstil

Wisata Belanja Apa yang terlintas di pikiran kita saat kita mendengar kata wisata belanja ? pastinya perlu ada transaksi tawar menawar dengan pedagang, cek dan bolak balik cari barang dari satu pedagang ke pedagang lainnya agar mendapatkan harga murah tapi kali ini wisita yang di tawarkan sangatlah berbeda. Dimana kita sebagai pembeli Cuma pencet handpone android maka barang akan di kirim langsung ke tempat acara di selenggarakan yaitu di museum tekstil . Di acara tersebut tidak hanya membeli barang kebutuhan sehari hari tapi kita bisa belajar memasak dengan Chef Jun Joe Winanto dan berkeliling Museum Tekstil untuk melihat batik nusantara. . 

Hari minggu 26 Februari 2017 Mpo Naik kereta Api menuju stastiun kereta Tanah Abang dimana hari ini Mpo bukannya mau belanja di pusat belanja terbesar di asia tenggara akan tetapi Mpo dan teman blogger di undang oleh Kriya Indonesia  mau wisata belanja di Museum Tekstil. 


Dirilis dari Marketeers.com pada bulan Mei 2016 mengatakan bahwa orang Indonesia bahwa sepuluh juta lima ratus ribu orang Indonesia sudah berbelanja online dan masih banyak jutaan orang yang lainnya belum pernah belanja online termasuk Mpo Mpo pertama kali nih belanja online . Belanja online Mpo hari ini di Honestbee? Mau tahu dong apa sih Honestbee ? 

Honestbee adalah situs belanja online yang harganya sama dengan harga toko dan honestbee tidak mengendapkan barang alias pasti terjamin kualitas barang karena barangnya di ambil langsung ke retail. Bapak Tony selaku Manager Marketing Honestbee mengatakan : "Mempunyai keunggulan di bandingkan dengan yang lain di antaranya 
  • Ada assisten belanja.
    Asisten belanja ini yang membantu kita dalam memilih barang belanjaan yang tempatnya kita telah tentukan dan keunggulannya kita bisa merequest barang sesuai kreteria kita misalnya ayam boiler sudah di potong 8. Assisten belanja disini pastinya sudah di traning untuk memilih barang dagangan yang kualitas baik. Rata-rata assisten belanja di honestbee adalah perempuan . Bapak Tony mengatakan : “perempuan lebih jeli,lebih teliti dalam berbelanja”.
  • Ada delivery
    Delivery di honestbee adalah kurir yang hanya mengantarkan barang ke tempat pelanggan.
  • Waktu pengiriman barang
    Waktu Pengiriman barang bisa di sesuaikan dengan pelanggan. 4. Toko atau supermarket apa saja sih. ada Transmart yang menjual 9952 barang, ada retail Michelle Organic Corner menjual 411 barang, ada retail The Cook Shop menjual 97 barang. 


Terus cara mendownloadnya gimana ya ? caranya sih gampang banget tinggal download playstore Honestbee. Nah berhubung Mpo baru pertama kali belanja dan Mpo gaptek nih untungnya Team Bapak Tomi sudah siap membantu Mpo dan teman blogger lainnya. Selesai mendownload mulailah kita berbelanja dengan cara login dan memasukan kode pos tempat tinggal Mpo. Lalu mulailah Mpo belanja online, Tempat belanja kali ini Mpo belanja di transmart . Berhubung Mpo suka bikin kue maka Mpo pilih barang barang yang berhubungan dengan bahan kue seperti margarine, susu, tepung terigu dan deterjen. Untuk mencari barang barang tersebut Mpo tinggal search dengan mengetik nama jenis barang misalkan susu kental manis ataupun ketik merk barang contohnya Frsilian Flag .lalu dengan cepatnya maka akan muncul barang barang tersebut.
 
Bapak Toni Sedang Mengajarkan Mba Taty Hidayat
Belanja Online Honestbee
Nah buat Momy- momy yang suka nyari barang diskonan alias yang lagi promosi maka kita bisa melihat barang apa yang sedang diskon di toko Transmart. Di Honestbee kita tidak hanya membeli barang Cuma satu buah akan tetapi untuk jumlah barang kita bisa membelinya dalam jumlah banyak loh, kebetulan Mpo beli satu merek dengan 3-4 pieces. Dan setelah pilih pilih barang maka kita tinggal ketik check out dan tinggal mengetik alamat pengiriman, metode pembayaran dan jam waktu pengiriman.

Metode pembayarannya ada dua yaitu cash on delivery dan credit crad dan jam pengiriman barang di sesuaikan dengan keinginan kita. Hebatnya lagi kita bisa request kepada asisten belanja tentang barang sesuai degan spesifikasi kita misalkan ayam boiler di potong 8 . trus kita tinggal nunggu barang sampai di rumah. Wow sangat mudah khan belanja online.



Wisata Belanja kali ini kita di seleenggarakan di Museum tekstil. Kali ini Mba Ari mau menceritakan tentang sejarah Museum tesktil : “ Gedung ini milik orang prancis yang di bangun pada abad ke 19 . kemudian gedung tersebut di beli oleh konsul turki bernama Abdul Aziz AL Musawi Al Kathiri . Setelah beberapa kali pindah tangan akhirnya Pada tanggal 11 Juni 1952 Pemerintah membeli gedung ini seharga Rp800.000 yang di gunakan sebagai kantor Djawatan social. Pada tanggal 25 Oktober 1975 gedung ini secara resmi di berikan kepada Bapak ali sadikin yang menjabat sebagai GUbenur DKI. Asal muasal gedung ini di peruntukan untuk menampung arsip pemerintahan DKI, akan tetapi berubah fungsi sejak Bapak Ali Sadikin menjadi Museum Tekstil dan di resmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 28 Juni 1976” .
 
Museum Tekstil ini menyimpan koleksi-koleksi yang berhubungan dengan dunia pertekstilan seperti koleksi kain tenun, koleksi batik, koleksi peralatan, koleksi campuran dan koleksi konteporer. Kalo ke Museum batik tidak hanya kita bisa melihat batik akan tetapi kita bisa juga belajar membatik di pendopo kreativitas, perpustakaan , ruang penyimpan koleksi, taman pewarna kain dan kita bisa juga membeli aneka souvenir .

Oh ya Mpo juga ikut wisata keliling Museum Tekstil loh, Sebenarnya ini bukan pertama kali Mpo datang ke Museum tekstil bisa di lihat di pohon penghasil pewarna kain, warna alaminya pada sebuah kain memperindah mahakarya sebuah kain http://www.mporatne.com/2016/08/pohon-menghasil-warna-kain-warna.html , artikel  taman pewarna kain http://www.mporatne.com/2016/08/santai-sejenak-sambil-menikmati.html.

Kali ini Mpo di ajak ke salah satu tempat disana yaitu galeri batik  http://www.mporatne.com/2017/02/mengenal-batik-nusantara-di-galeri.html dan taman serat kain http://www.mporatne.com/2017/02/kebun-serat-kain.html Tapi ada yang istimewa nih dibandingkan dengan kunjungan Mpo sebelumnya yaitu Mpo dan teman teman blogger ada mba fani yang menjadi pemandu untuk mengenal batik di gedung pameran utama. Mba Fani bukan orang Indonesia loh tapi ia adalah orang dengan kebangsaan prancis yang tahu banyak seluk beluk tentang kain tradisional Indonesia. Mba fani memberikan penjelasan kepada para blogger tentang kain Indonesia . Mba Fani juga mengetahui asal batik dari segi motif, pewarna batik tapi juga saat pencucian batik. Berikut link saat Mba fani menjelaskan tentang motif batik dari Madura https://www.youtube.com/watch?v=XYTnOi0EUGQ&feature=youtu.be .
Mba fani dan Para Blogger



Selesai jalan jalan ke Galeri Batik kita menuju pendopo untuk melihat aksi Chef Jun Joe yang sedang memperagakan resep masakan ayam rica rica dan membuat pudding srikaya gula merah. Chef jun joe tidak hanya memperagakan saat memasak, chef jun joe juga memberikan tips memasak. Sangat beruntung Chef Jun Joe membawa banyak makanan yang ia praktekan untuk di bagikan ke blogger. Mpo nyobain loh pudding srikaya gula merah. 
 
Chef Jun Joe Memperlihatkan Hasil Masakan
Ayam Rica-Rica
 
Para Blogger yang Mengikuti Wisata Belanja

Wah selesai acara pesanan barang yang Mpo pesan di honestbee datangnya tepat waktu sesuai dengan waktu yang Mpo pilih. Asik khan wisata belanja kali ini.
Hasil Belanjaan Honestbee

29 comments:

  1. Mudah yaa mpok belanja sambil duduk dengan manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak udah mampir ke blog ku.

      Delete
  2. Yoi bisa mengerjakan kerjaan lain sebelum pesanan sampai. Ntar pas sampai tinggal masak deh

    ReplyDelete
  3. Wah mpo hobi masak to ternyata, boleh dong icip-icipnya xixi. Honestbee praktis dan membantu banget ya mpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, apalagi ada voucernya buat bikin kue. Udah ku praktekin kue dari chef jun joe.

      Delete
    2. Terima kasih kakak udah mampir ke blog ku

      Delete
  4. waa seru banget ya acaranya, sayang gak bisa ikutan waktu itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak udah mampir ke blog ku. Emang seru kakak apalagi boleh bawa keluarga

      Delete
  5. Mpok udah sering ke Museum Tekstil ya. Banyak banget artikelnya.
    Salam kenal dari helenamantra dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang sudah beberapa kali ke sana. Yuk ajak keluarga ke museum tekstil.

      Delete
    2. Terima kasih kakak udah mampir ke blog ku

      Delete
    3. Salam kenal kembali. Moga moga kita ketemuan di dunia nyata ya kakak

      Delete
  6. aihhh mupeng, berbelanja dengan mudah dan nyaman gitu nggak perlu keluar2. Aku belum pernah ke museum tekstilnya Mpo' ajak2 kapan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku beritahu kalo ada event lagi

      Delete
    2. Terima kasih kakak sudah mampir ke blog ku

      Delete
  7. Wuah seru juga ya bisa lihat galeri batik serta nyicipin pudding srikaya :D
    Aku belum pernah jalan2 ke museum tekstil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke museum tekstil. Kalo naik kereta cuma 3000 trus jalan kaki. Museum tekstil gak jauh kok dari st. Tanah abang

      Delete
    2. Terima kasih kakak sudah mampir ke blog ku

      Delete
  8. Replies
    1. Sudah bikin di rumah yg di ajarin chef jun joe pakai bahan bahan hasil nukerin voucer honestbee

      Delete
    2. Terima kasih kakak sudah berkunjung di blog ku

      Delete
  9. Pengen banget main ke museum tekstil dan melihat keragaman batik di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meseum tekstil tak hanya batik aja di sana tapi juga ada kain tenun, kain tradisional. Yuk mari ke museum tekstil

      Delete
    2. Terima kasih kakak sudah berkunjung ke blog ku

      Delete
  10. mpo naik kereta api apa kereta listrik ke Tanah Abangnya


    hihihi

    pertanyaan macam apa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😊😊😊 . Aku biasa naik commuterline dari st. Gang sentiong

      Delete
    2. Terima kasih kakak udah mampir ke blog ku

      Delete
  11. asyik ya belanja di honestbee, tinggal pesan langsung diantar kurir.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih banyak reportasenya, Mpo Ratne, noted yaa

    ReplyDelete