Senin, 27 Februari 2017

3000 Lebih Koleksi Buku di Perpustakaan Mueseum Tekstil

Minggu 26 Februari 2017, Mpo sedang wisata belanja bersama honestbee di museum Indonesia, berhubung Mpo sudah hadir di lokasi sampai duluan, maka waktu yang ada Mpo manfaatin untuk keliling Museum Tekstil Salah satu tempat yang Mpo kunjungi adalah perpustakaan. Perpustakaan Tekstil berada di jalan K.S Tubun no 14 Jakarta pusat. Di sana Mpo bertemu dan ngobrol bareng dengan petugas di sana bernama Ibu Ari. 

Oh ya kalo teman-teman blogger dan pembaca blog saya, mau menuju ke Museum tekstil aksesnya sangat mudah cukup naik kereta commuterline tujuan station tanah abang, nah kalo sudah sampai di stastiun kita Tinggal naik mikrolet 08 atau ojek online yang berada di depan stastiun ke arah Museum tekstil tapi kalo Mpo sih lebih suka jalan kaki selain sehat kita bisa juga melihat lihat pedagang kaki lima yang ada di sepanjang jalan KH Mas Mansyur. Kalo Mau Naik busway juga bisa, nanti turunnya di halte slipi petamburan lalu di lanjutaan lagi perjalanan menuju Museum Tekstil dengan mengunakan ojek online atau naik mikrolet 08. 

Walau perpustakaan di Museum Tekstil ini tidak terlalu besar akan tetapi sudah ada 3.000 lebih koleksi buku yang bisa di baca di tempat. Kebanyakan koleksinya bukunya yang berhubungan dengan tekstil Indonesia . 
 
Rak buku Perpustakaan di Museum Tekstil
Nah kalo teman blogger dan pembaca blog saya , pengen mengetahui tekstil di Indonesia baik dari segi sejarah, pengunaan kain tradisional sampai panduan buku seminar kain tradisional yang pernah di selenggarakan juga tersedia di sini. Tidak hanya koleksi buku mengenai tesktil akan tetapi anak anak kita bisa membaca beberapa koleksi buku bacaan anak. 

Para pembaca buku ini bisa mengambil sendiri buku bacaan yang akan di ingin di baca. Buku-buku tersebut di susun secara rapi di dalam lemari kaca akan tetapi kita juga bisa melihat buku yang di pajang tanpa kaca seperti buku anak anak . Untuk membaca koleksi buku di sini para pembaca tidak perlu menjadi anggota perpustakaan akan tetapi kita hanya perlu membeli tiket masuk Museum tekstil. Untuk jam membaca koleksi buku di sesuaikan dengan jam bukanya Museum Tekstil yaitu jam 09.00 -15.00 . 

Walaupun kita tidak boleh meminjam koleksi buku yang ada akan tetapi kita bisa memfotocopi buku kita yang akan ingin kita baca. 

Mba Ari memberikan tips yaitu : “Untuk menjaga buku maka kita perlu membersihkan buku dengan lap kering, seminggu sekali kaca tempat pajangan buku di buka dan menjaga kebersihan rak buku” Waktunya yang sebentar sebelum acara di mulainya acara Wisata Belanja maka waktu tersebut Mpo manfaatkan untuk membaca salah satu buku yang berisi tentang sejarah Museum Tekstil

0 komentar:

Posting Komentar