Wednesday, 22 February 2017

Jangan Takut Mengadu&Meminta informasi, Khan Ada Contact Center BPOM

Hujan dan petir tak jadi halangan bagi Mpo dan teman komunitas dari Wajah Bunda Indonesia untuk datang ke acara HUT BPOM 16 pada tanggal 21 Februari 2017. Sebenarnya jarak rumah Mpo dan BPOM tidak jauh akan tetapi berhubung Jakarta di landa hujan deras yang mengakibatkan banjir dimana mana membuat teman komunitas Wajah Bunda Indonesia nanya sama Mpo via WA arah menuju BPOM. 

Udara dingin tak menghalangi kita untuk menyebarluaskan informasi tentang contact center BPOM. Acara ini di buka oleh ibu Riati Anggraiani,SH, MARS, M.Hum yang memberi kata sambutan bahwa : “Bahwa tugas pengawasan obat dan makanan bukan hanya tugas dari BPOM tapi juga tugas masyarakat luas &pelaku usaha ”. 


Walau BPOM jarak dari rumah Mpo akan tetapi Mpo baru tahu fungsi BPOM yaitu : 
- Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan. 
- Pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang pengawasan obat dan makanan. - kordinasi kegiatan fungsional dalam tugas badan POM. 
-Pemantau, pemberian bimbingan, dan pembinaan terhadap kegiatan instasi pemerintah dan masyarakat di bidang pengawasan obat dan makanan. 
-Penyelenggara, pembinanan dan pelayanan di bidang admintrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahan, organisasi dan tata laksana kepegawaian, keuangan ke arsipan, hukum, persandian, perlengkapan dan rumah tangga. 

Sebenarnya Mpo tahu sedikit banyak mengenai informasi tentang BPOM karena Mpo pernah mengikuti workshop Sahabat Ibu Expo pada tanggal 22 Desember 2016 dan Mpo sudah membahas dalam blog Mpo. Diantaranya mengenai makanan dan bpom http://www.mporatne.com/2017/01/makanan-dan-bpom.html, belajar memilih obat http://www.mporatne.com/2017/01/belajar-memilih-obat-yang-beredar-di.html dan artikel mengenai kosmetik   http://www.mporatne.com/2017/01/jangan-salah-memilih-kosmetik-yuk.html



Ibu Riati Anggraiani,SH, MARS mengatakan : “untuk melindungi masyarakat Indonesia BPOM rajin mengadakan pengawasan obat dan makanan yang beredar di masyarakat luas baik secara rutin dan intenfikasi.BPOM juga memberikan sangsi mulai dari sangsi penarikan produk sampai sangsi masuk jalur hukum bagi para pelanggar”. 


Slogan “Satu tindakan untuk masa depan, baca lebel sebelum membeli” adalah slogan BPOM yang mengajak masyarakat untuk membaca kemasaan label pada produk yang akan kita beli. Mpo kalo belanja tak hanya memperhatikan harga diskon tapi juga membaca kemasaan di setiap label karena informasi yang tertera di label adalah sangat penting bagi konsumen . 

BPOM sekarang mempunyai contact center yang bisa di aksesoleh masyarakat umum melalui berbagai cara yaitu: : 
Datang langsung 
telp ke Halo BPOM 1500533 atau sms 081219999533 
Email : halobpom@pom.g.id
Website : www.pom.go.id http://www.pom.go.id
twitter : @BPOM_RI  https://twitter.com/bpom_ri dan @haloBPOM1500533 https://twitter.com/halobpom1500533
facebook : bpom RI

alur pengaduan masyarakat
Setiap aduan masyarakat yang di layangkan oleh masyarakat akan di tindak lanjuti ke bagian yang terkait . 

Bapak Tepy usia, Apt. M.phil., Ph D selaku kepala pusat pengujian obat dan makanan makanan nasonal badan BPOM mengatakan bahwa “BPOM telah memiliki akredasi ISO 17025 dan sudah di akui oleh WHO“
Bapak Tepy Usia





Dalam kesempatan itu pula, para blogger mengunjungi labotarium BPOM dan mengunjungi contact center BPOM bisa di lihat di http://www.mporatne.com/2017/02/blogger-mengunjungi-labotarium-bpom.html

para blogger dari Komunitas Wajah Bunda

8 comments:

  1. Siap,,, noted dh d catat non BPOM nya tp kdang ada jg y mcm jajanan yg lolos dr BPOM ,,^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yg tidak tercatat bpom adalah usaha kecil yg belum tahu dampak buruk bagi konsumen dan sangsi hukuman bagi pelanggar

      Delete
  2. Replies
    1. Ya, dapat ilmu dan bisa berbagi ilmu enaknya jadi blogger

      Delete
  3. Wah makasih banget informasinya mpo... hebat ya para blogger ini menerjang banjir utk menyebarkan informasi yang sangat berguna ini. Karena terus terang aku selama ini cuma tau aja tentang BPOM. Tapi nggak tau pasti apa dibalik "dapur" mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ku dan salam kenal. Iya dapur blogger banyak yg tidak di ketahui, mereka tahu nya kita suka jalan jalan doang

      Delete
  4. Semangat blogger tak terkalahkan ya

    ReplyDelete
  5. Wah keren deh mpok ratne meski pun kaki nya sakit ttp semangat

    ReplyDelete