Wednesday, 22 February 2017

Belajar Kekuatan Conten Media Sosial Bersama Ani Berta

Perubahan sangat mencolok dan baru pertama kali Mpo rasakan ketika Mpo datang ke Perpustakaan Daerah Jakarta Selatan di jalan Gandaria V no.3 Rt02/01, Kramat Pela . Mpo sewaktu kuliah sering banget ke perpustakaan untuk membaca buku, mencari data untuk bahan makalah tugas kuliah dan bahan buat skipsi. Sewaktu kuliah jadi member anggota perpustakaan nasional di daerah salemba yang tempatnya perpustakaan Nasional tidak begitu jauh dari rumah Mpo. 

Itu sedikit cerita ketika dahulu terakhir Mpo datang ke Perpustakaan Nasional. Untuk sampai ke perpustakan Daerah Jakarta selatan bukan lah hal mudah karena halangan di jalan yang membuat Mpo datang terlambat sehingga Mpo tidak sempat membaca buku di sana. Pada saat jam makan siang Mpo hanya melihat beberapa judul buku kebetulan tempat koleksi buku remaja dan buku umum berada di lantai 2 yang dekat dengan musola. 

Di lantai 2 terdapat koleksi buku remaja dan buku umum serta tempat duduk yang empuk dan nyaman juga terdapat computer dimana kita bisa mencari mudah judul buku yang ingin kita baca. Kita tinggal memilih dan mengambil sendiri buku bacaan yang ingin kita baca. Mpo melihat beberapa anak muda yang sedang membaca. 

mencari tutorial conten blog
Perpustakan Remaja dan Umum Di Lantai Dua

Sedangkan lantai dasar Mpo melihat seorang ibu membaca bersama sang anaknya membaca buku, ada beberapa anak kecil yang membaca buku . Di lantai satu memang di khusus kan buat koleksi buku anak anak. Warna warni ceria Nampak disana seperti warna dalam kotak penyimpan boneka, rak buku, kursi. Koleksi tidak hanya buku tapi juga mainan edukatif yang terbuat dari kayu, boneka, boneka tangan, alat music angklung dll. Lantai satu juga terdapat mini panggung untuk pementasan.
buku bacaan conten media
Add caption
 
cara memanfaatkan conten media menjadi duit
Mainan Edukatif Di lantai Satu

Mpo datang ke Perpustakaan Daerah Jakarta selatan tujuan sebenarnya bukan untuk mencari buku atau pinjam buku akan tetapi untuk belajar conten blog dengan pembimbing mba Ani Berta. Mpo belajar tidak sendirian akan tetapi Mpo belajar bersama 40 orang anggota komunitas buku dan blogger (KUBBU). 

content blog yang bagus
Ani Berta

Dalam konten biasanya terdiri dari opini, review baik buku, film, kuliner dan tempat wisata menarik. Dalam menulis konten dimana para penulis haruslah banyak membaca buku, observasi, mewawancarai langsung, si penulis menulis pengalaman nya dan penulis memerlukan narasi dan paragraph. 

Dalam meliput penulis harus mengetahui 5W + 1H , reportase selesai maksimal dua hari setelah acara dan si penulis tidak boleh menuliskan sesuatu yang kita lihat. Dan kita perlu dokumentasi agar blog kita bagus diantaranya foto, video dan infographic. 

Kita harus memanfaatkan media social dengan baik makanya kita harus berpikir sebelum nulis status,posting gambar dan video. Untuk memudahkan conten media social kita bisa download applikasi hootsuite for twitter and social di playstore.
Download PlayStore

2 comments:

  1. Ciehh mpo lagi main ke perpust, itu pas banget dongeng sambil bawa boneka tangan hehe. Btw perpustanya bersih dan rapi ya mpo. Jadi betah deh

    ReplyDelete
  2. Keren ini yaks perpustakaannya, Mpo Ratne :D Jadi penasaran pengen ke sana.

    ReplyDelete