Sunday, 29 January 2017

Menggali Potensi Dalam Dunia Tulis Menulis Ala Reporter Blogger

28 Januari 2017 si Mpo lagi belajar bersama para blogger dari komunitas Blogger Reporter Indonesia di Menara Riat Jakarta Selatan. Si Mpo belajar tema yang sangat menarik dengan tema : “Menulis Reportase ala Reporter Blogger”. Membahasan Menulis reportase ala reporte blogger di mentori sama mba ani berta, acaranya sih sersan (serius tapi santai ) akan tetapi pembahasan oke banget.

 “Asyiknya jadi blogger reportase itu karena kita bisa mempunyai kekuatan tersendiri yaitu kekuatan twitting baik saat sebelum acara dan pada saat acara belangsung, posting setelah acara berlangsung dan linking dimana kita bisa menshare hasil tulisan kita ke media social yang kita punya , jadi jangan pernah malu menshare karya sendiri” ujar mas Hazmi  .

Mas Hazmi


Mba Ani Berta
Mpo belajar banyak dan ada beberapa yang perlu di perbaiki dalam blog mpo. acara ini di mentori sama mba ani berta dan mas Hamzi fitriyasa sangat membantu kita kita yang masih baru belajar blog yaitu
 A. mulai dari cara penulisan blogger .
Kekuatan blogger reportse adalah mengabungkan antara story telling, informasi yang di liput. Sebaiknya dalam menulis teman blogger tidak terlalu panjang paragrap, cukup satu paragraph berisi tiga sampai lima kata.

Oh ya pakai bahasa kita sendiri yang tetap mengedepankan tanda baca supaya bacaan blog kita enak dibaca akan tetapi jangan mengunakan bahasa lebay dan alay. Dalam penulisan blog jangan lupa ya unsur 5W + 1 H yaitu what, when,where, who,why dan how .

Unsur tersebut penting dan kita juga gak boleh salah nama plus gelar pembicara. Sebelum datang ke acara kita perlu meriset sebagai bahan komperasi .Berani jujur, percaya diri memakai foto hasil jempretan sendiri dan konten is king.

B. Peralatan jadi reporter blogger.
Kalo mau perang harus membawa senjata, nah begitu juga kalo kita sedang di undang untuk meliput sebuah acara . kita harus pastikan semua peralatan kita bawa dan dalam kondisi siap pakai . “Peralatan perang “ itu penting agar kita tidak melewatkan moment yang penting dan agar kita bisa menghindari kesalahan menulis nama. Ini nih peralatan perang yang harus kita punya yaitu : notes, pocket kamera, voice recorder, smartphone, powerbank, pulpen, kabel data dan DSLR camera. Nah untuk yang baru kaya si mpo maka kamera DSLR di cicil nabung juga gak apa apa kok.

C. Saat Wawancara
Pada wawancara kita akan tahu yang jadi nara sumber kita, dimana kita harus menjadi bagian dari narasumber sehingga di saat ia nyaman, narasumber akan bercerita

D. Postingan
Saat memposting ke blog jangan terlalu lama setelah acara H+1 dan H+3 sudah selesai jangan lupa mention orang yang mengundang kita. E. Prilaku Blogger Prilaku kita di lihat orang oleh karena itu sebaiknya para blogger menjaga kesopanan, datang tepat waktu dan etika.

Mas Indra, Mas Nur Terbit, Mba Ani Berta, Mba Hani, Mas Hazmi, Mas Vidy
(Dari kiri ke kanan)


Oh ya mpo dan teman blogger datang ke acara ini tak hanya belajar tapi juga saling copy darat dengan teman blogger serta bernarsis bersama.

Saat jam makan siang para blogger dan para pembicara makan siang bersama dengan menu nasi tumpeng. Suatu keberuntungan bisa sharing pengalaman mas Vidy dan bertanya Tanya kepada si pemilik https://jakartanasitumpeng.com/ .

Nasi tumpeng ini istimewa karena tak hanya nasi tumpengnya yang enak, di dalam satu nasi tumpeng terdapat 11 macam lauk dengan hiasaan yang cantik dan beraneka warna sehingga yang melihat nasi tumpeng ini pasti rebutan ingin memfotonya sebelum di makan.  Oh ya cerita kisah mas Vidy bisa di lihat di  http://www.mporatne.com/2017/01/tak-hanya-cari-untung-tapi-menjaga.html

Terima kasih atas acaranya untuk meningkatkan kualitas blog mpo dan teman blogger dalam menulis.

0 comments:

Post a Comment