Sabtu, 14 Januari 2017

Mengangkat Kebudayaan dan Kuliner Betawi Lewat Betawi Fair


Pada tanggal 8 januari bertempat di jalan Johar Baru 2 diadakan betawi fair. Di festifal betawi fair kita tak hanya memperagakan kesenian tapi juga menjual aneka kuliner khas betawi. Pagi pagi saya berangkat dan para tetangga saya di Johar Baru datang ke Festifal Betawi Fair , kebetulan informasi Betawi Fair saya peroleh dari facebook yang di share oleh teman adik saya. Acara Betawi Fair memang tidak jauh dari rumah saya, cukup dengan berjalan kaki dan tidak memakan waktu sampai 3 menit untuk mencapai lokasi Betawi Fair. 

Sesampainya saya disana ternyata acara sudah di mulai dengan berolahraga bersama dengan ibu PKK dan warga sekitar. Setelah senam bersama di lanjutkan dengan sarapan bersama dengan menu bubur kacang ijo dan pai buah yang diberikan gratis kepada para peserta senam. 

Pembukaan acara Betawi Fair di mulai dengan membacakan surat ABASA yang di bacakan oleh adik adikpenghapal alquran dari LTKI. Menurut kak Sandy yang menjadi ketua panitia Betawi Fair mengatakan : “ Diselenggarakan Betawi Fair ini bertujuan untuk mengangkat kesenian dan kuliner Betawi Fair”. Betawi Fair juga menampilkan atraksi pencak silat yang di peragakan oleh KPS Nusantara . atraksi ini banyak menarik perhatian para pengunjung di karenakanmemperagakan jurus jurus pencak silat, memperagakan jurus dengan mengunakan senjata dan duel pertarungan yang di lakukan oleh seorang nenek yang melawan anak muda mengunakan tangan kosong. 

Kak Sandy, Ketua Betawi Fair


Pencak Silat

Betawi Fair juga membagikan 100 kupon sembako untuk warga sekitar. Kupon tersebut bisa di beli dengan harga Rp 20.000 yang akan mendapatkan satu kilogram beras, satu kilogram gula pasir, satu buah mie telur, satu box teh celup ,satu liter minyak serta kesempatan mendapatkan door prize. Walaupun di Betawi Fair event ini tidak terlalu besar tapi event ini bisa mengambarkan kebudayaan, kesenian dan kuliner betawi. Stand stand dalam Betawi Fair menjual aneka makanan, minuman betawi dan aneka snack betawi seperti bir pletok, bubur ase, tape uli, geplak, sayur babanci, jengkol, pempek pempek, pepes, bakso,donut dan lain lain. Ada pula stand aksesories Hp, baju dan baju second. 

saya beruntung bisa mencicipi makanan dan minuman betawi yang sekarang ini sudah jarang di jual . saya mencicipi bubur betawi, bakso, es sarang burung, bir pletok, pie buah yang menurut saya rasanya enak , bikin kenyang dan harga nya tidak terlalu mahal. Di Betawi fair stand makanan menjual makanan dan minuman betawi dengan harga Rp2.000 sampai 10.000 .


Bir Pletok

Bubur Betawi
 
Isian Kupon Sembako
 
Menjual kaos dan aneka baju
 
Pemenang Doorproze
Memperkenalkan dan melestarikan budaya betawi tugas kita kepada generasi penerus agar kebudayaan betawi ini tidak punah.

0 komentar:

Posting Komentar