Saturday, 3 December 2016

Belajar membuat doodle fuya, karya seni unik, keren dan berkelas

Tanggal 1 desember 2016 bertempat di museum tekstil Jakarta para blogger dan kartini blue bird mengikuti workshop doodle fuya yang di bimbing langsung dengan mba tanti Amelia. 
mba tantri amelia sedang mengajarkan langkah demi langkah mengambar
dan bapak usmayadi rameli kepala deputi kebudayaan dki jakarta
 
karya doodle fuya salah satu peserta workshop bernama mba herlina
 
peserta workshop sedang asik mewarnai dengan mengunakan cat alrilik
Aku sebenarnya kurang bisa untuk mengambar akan tetapi kali ini saya mencoba daftar dan mengikuti kelas workshop ini. Di kelas workshop ini kita tak hanya belajar membuat sketsa gambar, kita pun di ajarkan bagaimana membuat gambar langkah demi langkah, diajarkan cara awal mensapukan kuas dalam kertas fuya, di ajarkan pula cara mencampurkan warna dalam menggambar. 

Di dalam workshop doodle para peserta di bebaskan mau mengambar apa dan mau di warnai apa ? Awalnya saya bingung harus membuat apa ? karna saya tahu saya mengambar bukan pada kertas biasa tapi kertas istimewa yang prosesnya memakan waktu lama dan harganya pun mahal . sampai akhirnya saya memutuskan motif bahan songket yang kebetulan gambar tersebut ada di hp saya. Walaupun tidak mirip dan sebagus dengan gambar yang ada di hp saya tapi inilah maksimal yang bisa saya buat yang saya tuangkan dalam fuya. 
hasil karya ku


apa sih doodle fuya?
Doodle fuya adalah seni mengambar dengan mengunakan kulit kayu. Banyak sebutan seni kulit kayu tergantung dimana tempat asalnya misalnya di Sulawesi tengah di kenal dengan fuya, sedangkan di pulau jawa di kenal dengan daluwang sedangkan di hawai di kenal dengan tapa. Untuk menghasilkan kertas kulit kayu di ambil dari pohon saeh, pohon beringin ,pohon malo. Untuk membuat selembar kertas kulit kayu memakan waktu seminggu sampai satu bulan tergantung berapa lebar kertas yang akan di pakai. Karna proses pembuatan yang lama maka harga satu meter lembar kulit kayu dari Rp 550.000. 

Gambar- gambar yang telah di olesi warna warna cantik dari cat akrilik kemudian di bingkai dengan frame sehingga karya seni ini terlihat unik, berkelas ,akan memperindah dan menambah kesan exsklusifitas doodle fuya yang kami buat dengan tangan kita sendiri.

0 comments:

Post a Comment