Friday, 8 April 2016

rujak bebek berubah

Karena zaman dan selera para pelanggan ada beberapa item pada rujak bebek berubah , 

item-item tersebut diantaranya : 
1 Penampilan dagangan
2 Buah yang dipakai
3 Selera pelanggan
4 Bumbu rujak bebek (terasi,cabe,gula merah)
5 Segi penyajian
6 Harga murah meriah
 
Tanpa bermaksud sok tahu ditambah keterbatasan pengetahuan dan ilmu maka saya akan membahas sebisa dan kemampuan saya , mencoba menelisik mengenai penyebab si rujak bebek lain dahulu lain sekarang. 

Dalam segi Penyebab berbeda lain dahulu lain sekarang

1 Penampilan dagangan 
Banyak sekali penjual buah baik yang menjual memakai gerobak dorong, memasukan ke koperasi bahkan usaha sendiri di rumah, makanya itu penjual rujak bebek harus tahu cara menggaet pelanggan dengan cara berbeda makanya si penjual belajar craving buah agar tampilan dagangan lebih cantik,lebih indah dan lebih menarik mata konsumen sehingga ia tertarik untuk membeli. 

2 Buah yang dipakai 
 Jika dahulu buah yang dipakai lebih banyak variasinya di bandingkan sekarang karna:
Buah yang dahulu dipakai rujak bebek masih banyak orang yang menanam di lahan mereka sedangkan sekarang semua lahan kosong sudah di jadikan bagunan. Karena banyaknya orang yang masih mau menanam sehingga zaman dahulu harga buah lebih murah bahkan kita bisa mengambilnya dengan Cuma-Cuma/ manjat sendiri di pohonnya.

anak pohon dan Bibit tanaman buah sudah tidak lagi ada dijual seperti buah buni. Kapanpun kita bisa menikmati aneka buah karna zaman dahulu banyak orang menanamnya kalo sekarang karena sudah jarang orang yang menanamnya sehingga kalo kita mau menikmati buah yang kita inginkan maka harus menunggu masa panen buah. 

Di zaman dahulu Harga jual rujak bebek bisa di tekan dengan membeli buah system kekeluargaan alias beli dari tetangga atau bisa gratis dengan memanjat . kalo sekarang semua buah-buahan harus beli di pasar tradisional. 

3 Selera pelanggan Perkembangan zaman membuat selera pelanggan berubah di sebabkan: 
orang zaman dahulu lebih menerima apapun yang di berikan sama penjual alias pembeli dahulu gak bawel. Zaman sekarang selera konsumen berubah menjadi orang yang gemar makanan pedas, merasa tertantang untuk mencicipinya dan merasa bahagia/gembira bila bisa menaklukan cabe dalam jumlah banyak 

4 Bumbu rujak (terasi,cabe, gula jawa) 

Zaman dahulu banak orang yang mempunyai lahan pekarangan rumah yang berisi tanaman seperti cabe, pohon kelapa. zaman dahulu mesin belum secangih sekarang sehingga biasanya penduduk lebih memilih membuatnya sendiri seperti gula jawa.
Zaman sekarang semuanya harus di beli di pasar tradisional. 

5 Segi penyajian 
 Zaman dahulu segi penyajian mengunakan sendok dan mangkok yang terbuat dari daun pisang, 
zaman sekarang mengunkan plastic hal ini disebabkan : sudah jarang ada yang menanam pohon pisang sehingga zaman sekarang kalo mau daun pisang harus membelinya di pasar tradisional. Daun pisang yang dibentuk seperti mangkok mempunyai kekurangan yaitu suka bocor sehingga harus di double daun pisangnya. Mangkok yang terbuat dari Daun pisang harus dibuat lebih dahulu dan di sematkan memakai tusukan lidi. Sedangkan mengunakan mangkok kecil plastic karna lebih hemat, lebih cepat tanpa harus membuatnya terlebih dahulu,terhindar dari bocor.

6 Segi harga jual Harga
zaman sekarang menurutku masih sangat murah meriah sama saat harga zaman dahulu. 

Perbedaan rujak bebek yang ku makan dahulu dengan yang sekarang aku makan dengan satu tujuan yaitu selain mendapatkan keuntungan bagi si penjual, tanpa di sadari si abang juga melestarikan kuliner Indonesia dan pastinya selalu mengikuti perkembangan zaman serta selera konsumen maka kuliner rujak bebek tidak akan tergerus dimakan zaman


0 comments:

Post a Comment