Friday, 8 April 2016

pertama kali cicipi roti gambang

Hampir setiap pagi itu mamaku yang biasanya menyediakan roti tawar ataupun roti isi sebagai menu sarapan pagi. Biasanya roti tawar kami isi dengan selai aneka rasa ataupun dengan daging. 

Tapi beberapa hari yang lalu mama membelikan kami roti gambang. Ahhh roti gambang , roti apaan tuh? Baru pertama kalinya ku dengar. 

Ku perhatikan bentuk roti ini memang berbeda dengan roti yang lainnya, roti ini berbentuk seperti roti pada umumnya tapi warnanya coklat . hem ku pikir ini pasti roti coklat yang biasa ku makan ternyata aku salah ini terbuat dari gula merah yang diatasnya diberi hiasan wijen. 

Kata mama dahulu kakek dan nenek suka sekali makan ini, ini roti yang jarang sekali orang jual bahkan jarang sekali orang yang mengenalnya apalagi untuk mencicipinya. 

Sebelum makan aku upload ke sosial media dan ternyata teman online banyak yang berkomentar menanyakan beli dimana? gimana buatnya ? bahkan ada temanku yang dari luar negri bilang ini roti coklat lalu ku jelaskan ini roti khas negaraku , indonesia Makanya aku nulis roti gambang sebagai dari roti yang akan melegenda menjadi roti kelas dunia. 
  
MACAM MACAM ROTI : 

Didunia ini banyak sekali roti yang kita kenal dan bahkan sudah terkenal dimanca Negara seperti: 

Roti Mantau Roti yang berasal dari China ini mempunyai tiga variasi yaitu lapis cokelat, lapis pandan dan polos. 

Naan Karakteristiknya hampir sama dengan roti dari Melayu, tapi tidak berlapis-lapis dan berasal dari India. Paling lezat jika disajikan dengan kari India atau dengan chicken tandoori. 

Roti Paratha Bentuknya seperti dadar, tipis, dan setiap roti dilapisi dengan plastik supaya tidak saling menempel satu sama lain. Roti India ini hampir sama dengan roti canai dan maryam namun dapat ditekuk atau digulung. Jika diisi daging atau sayuran disebut kebab. Bisa juga dicelupkan pada yoghurt. 

Baguette Selain disajikan dengan sup, roti Perancis ini sudah enak bahkan jika hanya diolesi mentega, bawang putih dan taburan peterseli cincang yang dikenal dengan nama garlic bread. Roti Begel Roti ini berbentuk seperti donat, tapi teksturnya lebih keras. Biasanya dihidangkan bersama sup atau dapat juga dipakai sebagai sandwich. 

Roti Canai atau Roti Maryam Cukup panggang dengan sedikit mentega dalam pan dadar yang datar, roti asal Melayu ini siap disantap. Bisa juga hanya ditaburi gula halus atau disantap bersama kari kambing. Keunikan roti ini adalah lapisannya banyak bila dibelah. 

Tiger Bread Sesuai namanya, pada bagian atas roti oval asal Belanda ini terdapat taburan atau retakan berbentuk kulit macan tutul. Rasanya liat, tak seperti roti tawar yang gurih dan lezat. Paling cocok dihidangkan sebagai teman makan cream soup. Baguette Selain disajikan dengan sup, roti Perancis ini sudah enak bahkan jika hanya diolesi mentega, bawang putih dan taburan peterseli cincang yang dikenal dengan nama garlic bread. 

Pitta Bread Karena tidak memakai ragi instan, pitta (sering juga ditulis dengan nama pita) agak liat ketika dimakan. 

Cara pembuatannya pun unik, adonan dibuat di atas tungku panas sampai mengelembung atau berongga di bagian tengahnya. Orang Timur Tengah tak pernah absen menyantap roti ini sebagai makanan utama pendamping lauk. Roti pitta sering juga disajikan sebagai sandwich. Cukup panaskan pitta sampai menggelembung dan isi rongga kosong dengan isian sandwich. Roti Poppy Seed Bentuknya bulat dengan garis tengah 10 cm bertabur poppy seed atau bertabur wijen. Roti ini dapat diisi dengan cream soup, karena pinggirnya yang agak keras Hampir setiap pagi itu mamaku yang biasanya menyediakan roti tawar ataupun roti isi sebagai menu sarapan pagi. Biasanya roti tawar kami isi dengan selai aneka rasa ataupun dengan daging. Tapi beberapa hari yang lalu mama membelikan kami roti gambang. Ahhh roti gambang , roti apaan tuh? Baru pertama kalinya ku dengar. Ku perhatikan bentuk roti ini memang berbeda dengan roti yang lainnya, roti ini berbentuk seperti roti pada umumnya tapi warnanya coklat . 

hem ku pikir ini pasti roti coklat yang biasa ku makan ternyata aku salah ini terbuat dari gula merah yang diatasnya diberi hiasan wijen. Kata mama dahulu kakek dan nenek suka sekali makan ini, ini roti yang jarang sekali orang jual bahakan jarang sekali orang yang mengenalnya apalagi untuk mencicipinya. Sebelum makan aku upload ke sosial media dan ternyata teman online banyak yang berkomentar menanyakan beli dimana? gimana buatnya ? bahkan ada temanku yang dari luar negri bilang ini roti coklat lalu ku jelaskan ini roti khas negaraku , indonesia Makanya aku nulis roti gambang sebagai dari roti yang akan melegenda menjadi roti kelas dunia. 

MACAM MACAM ROTI : 
Didunia ini banyak sekali roti yang kita kenal dan bahkan sudah terkenal dimanca Negara seperti: Roti Mantau Roti yang berasal dari China ini mempunyai tiga variasi yaitu lapis cokelat, lapis pandan dan polos. Naan Karakteristiknya hampir sama dengan roti dari Melayu, tapi tidak berlapis-lapis dan berasal dari India. Paling lezat jika disajikan dengan kari India atau dengan chicken tandoori. 

Roti Paratha Bentuknya seperti dadar, tipis, dan setiap roti dilapisi dengan plastik supaya tidak saling menempel satu sama lain. Roti India ini hampir sama dengan roti canai dan maryam namun dapat ditekuk atau digulung. Jika diisi daging atau sayuran disebut kebab. Bisa juga dicelupkan pada yoghurt. Baguette Selain disajikan dengan sup, roti Perancis ini sudah enak bahkan jika hanya diolesi mentega, bawang putih dan taburan peterseli cincang yang dikenal dengan nama garlic bread. 

Roti Begel Roti ini berbentuk seperti donat, tapi teksturnya lebih keras. Biasanya dihidangkan bersama sup atau dapat juga dipakai sebagai sandwich. 

Roti Canai atau Roti Maryam Cukup panggang dengan sedikit mentega dalam pan dadar yang datar, roti asal Melayu ini siap disantap. Bisa juga hanya ditaburi gula halus atau disantap bersama kari kambing. Keunikan roti ini adalah lapisannya banyak bila dibelah.

Tiger Bread Sesuai namanya, pada bagian atas roti oval asal Belanda ini terdapat taburan atau retakan berbentuk kulit macan tutul. Rasanya liat, tak seperti roti tawar yang gurih dan lezat. Paling cocok dihidangkan sebagai teman makan cream soup. Baguette Selain disajikan dengan sup, roti Perancis ini sudah enak bahkan jika hanya diolesi mentega, bawang putih dan taburan peterseli cincang yang dikenal dengan nama garlic bread. 

Pitta Bread Karena tidak memakai ragi instan, pitta (sering juga ditulis dengan nama pita) agak liat ketika dimakan. Cara pembuatannya pun unik, adonan dibuat di atas tungku panas sampai mengelembung atau berongga di bagian tengahnya. Orang Timur Tengah tak pernah absen menyantap roti ini sebagai makanan utama pendamping lauk. 
Roti pitta sering juga disajikan sebagai sandwich. Cukup panaskan pitta sampai menggelembung dan isi rongga kosong dengan isian sandwich. 

Roti Poppy Seed Bentuknya bulat dengan garis tengah 10 cm bertabur poppy seed atau bertabur wijen. Roti ini dapat diisi dengan cream soup, karena pinggirnya yang agak keras 

PERKENALAN DENGAN SI ROTI GAMBANG. 
ASAL MUASAL ROTI GAMBANG 
Roti gambang bentuknya mirip sekali dengan alat music tradisional masyarakat betawi yaitu GAMBANG KEROMONG .

SEPERTI APA SIH GAMBANG KEROMONG ? Saya akan memberitahu dan menjelaskan music gambang keromong yang menjadi inspirasi terbuatnya roti gambang. Gambang keromong adalah sejenis orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat music Tionghoa, seperti sukong, tehyan, dan kongahyan . Sebutan gambang kromong diambil dari nama dua buah alat perkusi, yaitu gambang dan kromong. Asal muasal terbentuknya orkes gambang kromong tidak lepas dari seorang pemimpin komunitas Tionghoa yang diangkat Belanda (kapitan Cina) bernama Nie Hoe Kong (masa jabatan 1736-1740) Bilahan gambang yang berjumlah 18 buah, biasa terbuat dari kayu suangking, huru batu, manggarawan atau kayu jenis lain yang empuk bunyinya bila dipukul. Kromong biasanya dibuat dari perunggu atau besi, berjumlah 10 buah (sepuluh pencon). Tangga nada yang digunakan dalam gambang kromong adalah tangga nada pentatonik Cina, yang sering disebut salendro Cina atau salendro mandalungan. Lagu-lagu yang dibawakan pada musik gambang kromong adalah lagu-lagu yang isinya bersifat humor, penuh gembira, dan kadangkala bersifat ejekan atau sindiran. lagunya dinyanyikan secara bergilir antara laki-laki dan perempuan sebagai lawannya. 

ROTI UNIK SI ROTI GAMBANG

Roti gambang yang berasal dari pulau jawa tapi banyak di jumpai di Jakarta. Roti ini warisan dari belanda yang memiliki rasa yang unik dan aroma yang khas. Yang membedakan roti ini unik dan berbeda dengan roti lainnya: 
1. Pada umumnya roti mengunakan bahan ragi sebagai pengembang, maka di roti gambang ini ragi dig anti dengan baking powder. 
2.Dizaman dahulu susah sekali mendapatkan gula makanya gula pasir dig anti dengan gula merah sehingga roti ini berwarna coklat 
3. Roti ini memiliki aroma yang khas bila dibandingkan dengan roti lainnya. Jika roti biasa pada umumnya mengunakan bumbu spekoek/bumbu lapis legit maka roti gambang mengunakan bubuk kayu manis yang lebih simple tapi aromanya sangat khas yang pastinya akan tercium oleh hidung kita.

Ciri khas roti gambang 
1. kambang memiliki tekstur yang empuk namun tidak selembut roti. 
2. Cita rasa yang khas dengan aroma wangi bubuk kayu manis dominan 
3. Rasa manis yang tidak terlalu kuat karena penggunaan gula jawa dan warna kecoklatan dari warna alami gula merah 
4. Ada taburan wijen diatas roti gambang sebagai pemanis. 

CARA MEMBUAT ROTI GAMBANG 
Bahan : 
400 g g tepung terigu protein sedang (Cap Segitiga Biru) 
150 g gula merah/aren iris halus 
100 g mentega/margarin 
50 g gula pasir 
150 ml air 
1 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu 
1 sdt baking powder 
1 sdt soda kue 
2 sdt bubuk kayu manis 
2 tetes pewarna cokelat 
3 sdm biji wijen sangrai 
1 sdm susu bubuk 
1 sdt garam halus 

Cara Membuat: 
1. Didihkan air, rebus gula merah dan gula pasir hingga gula larut. Angkat, saring dan dinginkan. 
2. Di tempat terpisah, campur tepung terigu dengan gula pasir, susu bubuk, baking powder, soda kue, garam dan bubuk kayu manis. Aduk rata. 
3. Masukkan telur, pewarna cokelat, margarin dan rebusan gula merah ke dalam adonan tepung. Aduk dan uleni dengan tangan sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung/dibentuk. 
4. Masukkan adonan ke dalam kom adonan. Tutup menggunakan serbet basah dan diamkan selama 30 menit. 
5. Potong dan timbang adonan, masing- masing seberat 40 g. Bentuk bulat panjang dan agak dipipihkan. Letakkan adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin.
6. Olesi atasnya dengan air menggunakan kuas kue. Taburi biji wijen yang telah di sangrai. 
7. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. 
8. Simpan kue di dalam stoples kedap udara. Sajikan. Tips: Gunakan mentega agar aroma kue lebih harum. Pilih gula merah berwarna gelap agar warna kue lebih cokelat dan bagus. 

KOMPOSISI ROTI 
GAMBANG Roti Gambang mengandung energi sebesar 70 kilokalori, protein 1,5 gram, karbohidrat 15,1 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 4,7 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,47 miligram. Selain itu di dalam Roti Gambang juga terkandung vitamin A,vitamin B1 dan vitamin C. melihat komposisi dari roti gambang sudah terbayang bahwa roti gambang roti yang bisa di komsumsi sebagai sarapan yang akan memberi energy kita selama menjalankan aktivitas sampai di siang hari atau kita bisa mengkomsumsinya sebagai cemilian di sore hari bersama teh/ kopi hangat. 

MANFAAT MAKAN ROTI GAMBANG 

Roti secara umum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Jenis karbohidrat yang terkait dengan roti diantaranya adalah gula dan serat. Gula yang sering disebut glukosa merupakan jenis karbohidrat sederhana dan paling cepat diserap oleh tubuh. Penyerapan ini mempengaruhi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. 

Gula darah adalah bahan bakar tubuh yang dibutuhkan untuk kerja otak, sistem saraf, dan jaringan tubuh yang lain, serta berfungsi sebagai penghasil energi yang cepat. Jika kadar gula darah terlalu tinggi atau rendah berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya menjadi awal indikasi diabetes mellitus. 

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi juga menimbulkan rasa lapar yang cepat, karena tubuh secara cepat mencerna makanan tersebut. Rasa lapar yang timbul dapat membuat seseorang makan lagi dengan porsi yang lebih banyak,padahal tubuh sudah mengkonsumsi kalori dari makanan gula sebelumnya. Berbeda dengan gula, serat yang juga termasuk jenis karbohidrat termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks. Di dalam tubuh, serat tidak dapat dihancurkan oleh enzim-enzim pencernaan manusia. Tetapi keberadaanya membantu kerja sistem pencernaan untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan di dalam usus besar. Selain itu, karena serat tidak dapat dicerna, maka makanan yang mengandung serat tidak mempengaruhi kenaikan gula darah berkebalikan dengan gula. Bagi yang sedang berdiet, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat akan mengurangi rasa lapar yang sering timbul. Manfaat serat dalam tubuh sangat banyak diantaranya: mencegah konstipasi, menurunkan risiko penyakit infeksi pada saluran pencernaan, mengatur kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, membantu menurunkan berat badan, dll. Kandungan vitamin pada jenis roti juga diperngaruhi oleh bahan dasar pembuatan roti, yaitu kandungan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ( antara lain B1, B2, niasin, B6, asam folat) banyak terdapat pada gandum. Gandum yang mengalami banyak proses pengolah akan mengurangi kandungan vitamin B kompleksnya. Tepung terigu yang juga berasal dari gandum memiliki kandunag vitamin B kompleks yang lebih rendah daripada gandum utuh. Dari segi kandungan gizi, dibandingkan dengan roti gandum, roti tawar putih yang berbahan dasar tepung terigu memiliki kandungan gula yang tinggi, kandunagn serat yang rendah, serta kadar vitamin B kompleks yang rendah. Manfaat wijen bagi tubuh: Sebagai Sumber Nutrisi seperempat cangkir wijen ternyata dapat memberikan Anda kalsium, fosfor dan Zinc. Selain itu Wijen ini juga mampu mencegah rasa sakit, pembengkakan dan rematik. Mengandung Serat Wijen juga kaya akan serat yang disebut dengan sesamin dan sesamolin. Serat tersebut sangat bagus digunakan untuk menurunkan kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi dan bisa menjadi antioksidan sehingga mampu menetralisir radikal bebas. Mengandung Phytosterols Phytosterols merupakan kolesterol baik yang terkandung di dalam Wijen. Moisturizing Minyak wijen bisa digunakan untuk melembutkan kulit, mengatasi kulit kering, dan membantu kulit agar tetap lembab. Anti bakteri Wijen yang dijadikan minyak ternyata bisa membantu untuk menghancurkan patogen kulit. 

MANFAAT KAYU MANIS 

Menghangatkan tubuh Kayu manis dipercaya dapat menghangatkan tubuh, terutama di musim dingin. Bahkan pada zaman dahulu para penjajah mendatangi Indonesia, untuk mencari rempah-rempah, dan dibawa pulang ke negaranya untuk menghangatkan tubuh. Karena kandungan yang terdapat di kayu manis, dapat membuat tubuh merasa hangat nan nyaman. Bahkan kayu manis biasa di gunakan sebagai obat tradisional di negara China, pada penderita influenza maupun demam. Bagi penderita demam dan terserang flu juga, konsumsi kayu manis dapat membantu mengatasi flu. Meskipun flu itu sudah biasa bagi kalangan masyarakat, apalagi di musim panca roma, tetapi flu itu memberikan rasa yang tidak nyaman. Tentunya anda bisa menggunakan kayu manis sebagai ramuan alami untuk mengobati. Dengan adanya kandungan anti inflamasi, sehingga dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Sumber serat dan mineralSerat dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh bersama unsur-unsur lainnya. Kandungan serat dan mineral dapat diperoleh pada kayu manis, dan tidak hanya itu saja, kayu manis mengandung zat besi dan juga mangan. Walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tapi dapat membantu dalam melengkapi nutrisi dalam tubuh. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam setiap harinya dapat seimbang. Sebagai obat anti bakteri Banyak sekali bakteri yang ada di lingkungan sekitar kita, entah itu bakteri jahat maupun baik. Dan tubuh kita un harus siap jika terserang bakteri jahat. Tapi, tidak semua tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama. Untuk mencegah bakteri jahat yang masuk ke tubuh kita, bisa menetapkan pemakaian kayu manis. Misalnya pada penyeduhan air minum, seperti teh maupun jahe disajikan dicampur dalam minuman tersebut, kemudian dapat anda minum. Apalagi minuman jahe dikombinasikan dengan kayu manis sangat efektif bagi tubuh kita. Tidak hanya di minuman saja, campuran kayu manis juga banyak sekali dicampur dengan produk lainnya, seperti pada pasta gigi dan permen penyegar mulut lainnya. Yang mana ketika gunakan, akan menghancurkan bakteri jahat pada mulut kita. Dimana mulut rentan pada bakteri yang menyebabkan nafas dan bau mulut tidak sedap, karena banyaknya makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Mengurangi sakit rematik Rasa sakit yang disebabkan oleh rematik, dapat merang tubuh kapan saja dan dimana saja. Tentunya jika anda penderita rematik dan belum sembuh juga. Gunakanlah kayu manis sebagai jalur alternatif untuk mengobati rematik anda. Bisa dengan cara mengkonsumsi kayu manis dengan teratur, makan nyeri rematik akan hilang. Mengontrol gula darah Kandungan antioksidan di dalam kayu manis, dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Seperti halnya memperbaiki hormon insulin dan perbaikan pada sistem pencernaan, setelah makan. Bahkan satu gram saja, bisa menurunkan kadar gula dalam darah dengan baik. Dimana kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat membunuh kolesterol jahat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Dimana tidak semua kandungan di dalam makanan dapat membunuh kolesterol jahat. Bahkan kolesterol jahat bisa lebih banyak keberadaannya di dalam tubuh daripada kolesterol baik. Hal itu dapat anda atasi dengan mengkonsumsi kayu manis. Dengan rasa dan aroma yang sedap, kayu manis tampil sebagai menu hidangan, bukan sebagai obat. Mencegah penggumpalan pada darah Kayu manis yang mengandung Cinnamaldehyde dapat mencegah penggumpalan pada darah. Dimana kayu manis mengeluarkan sebuah zat yang disebut asam lemak anti peradangan atau disebut dengan arachidonic. Yang berfungsi sebagai zat yang dapat mengurangi penggumpalan darah dan radang. Jika peredaran darah lancar, maka proses kinerja tubuh akan berjalan lancar. Dan jika dibiarkan saja terjadi penggumpalan darah, maka akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius lagi. Dengan mengkonsumsi kayu manis dapat mencegahnya, daripada harus mengobati nantinya. Menyeimbangkan hormon Dalam setiap tubuh manusia, tentu terkandung hormon, dimana hormon tersebut berbeda-beda pada banyak dan sedikitnya. Kayu manis ini dapat membantu anda dalam menyeimbangkan hormon, seperti pada wanita, dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan meningkatkan hormon progesteron. Sehingga hormon pun seimbang, yaitu oleh kandungan Cinnamaldehyde, sebuah senyawa kimia yang alami dan dapat ditemukan di dalam kayu manis. Mencegah penyakit jantung Kandungan anti inflamasi yang terkandung di dalam kayu manis, efektif pula untuk pencegah penyakit jantung. Kandungan tersebut bisa melindungi Jantung dari bakteri maupun infeksi yang dapat mengganggu. Dimana penyakit ini dapat tubuh dan kambuh tanpa gejala terlebih dahulu. Banyak dari mereka mengetahui bahwa dia menderita Jantung, tanpa sebab yang pasti meskipun telah aktif berolah raga. 

MANFAAT GULA AREN 

Mendinginkan perut Gula aren jika di gunakan sebagai pemanis minuman akan mendinginkan perut. Apalagi jika mengkonsumsinya pada kondisi hari yang panas dengan air kelapa muda akan membuat perut menjadi terasa lebih dingin. Rileks Dalam gula Aren memiliki kandungan selenium lumayan tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk melemaskan urat saraf . Mengkonsumsi gula aren pada malam hari membut tidur lebih nyenyak. Baik untuk diet Kandungan kalori gula are lebih sedikit dibandingkan dengan gula biasa. Gula pasir biasa bentuk glukosa sederhana sehingga gampang dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan gula Aren, glukosanya solid dan sulit dicerna. hal ini juga baik untuk membantu program diet. Zat besi Kandungan zat besi yang tinggi sangat bermanfaat dan dibutuhkan wanita, Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit anemia atau kurang darah. Melawan kanker Dalam gula Aren terdapat antioksidan , Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu melawan kanker, dan penuaan dini. Makanan usai melahirkan Pada wanita yang usai melahirkan di anjurkan untuk mengkonsumsi gula Aren, Hal ini Gula aren banyak memberi energi untuk pemulihan tenaga. Selain itu manfaat lain gula Aren adalah mencegah terjadinya pembekuan darah. Akan tetapi perlu di ingat hanya dengan mengkonsumsi seperlunya saja. Menghilangkan kram Selenium pada gula Aren membuatnya mampu membantu menghilangkan kram dan nyeri saat menstruasi. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Gula aren mampu membuat suhu tubuh menjadi hangat. kandungan Zat dalam gula aren juga bermanfaat untuk membantu kelancar proses peredaran darah, dan mengurangi nyeri dan juga menguatkan limpa. Menormalkan Kolesterol Kandungan niacin dalam gula aren mampu menormalkan kolesterol dalam tubuh. Zat Niacin mampu menghaluskan kulit dan membantu sistem pencernaan, Gula aren juga baik untuk mengobati bibir pecah pecah serta sariawan. Mencegah anemia Gula aren memiki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk penderita anemia. Zat antioksidan dalam gula aren juga bermanfaat untuk tubuh, menangkal radikal bebas pada tubuh. Dengan mengkonsumsi gula aren dapat mencegah anemia dan menangkal radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat. Menyembuhkan rematik, gangguan ginjal dan masuk angin Gula aren juga dapat di manfaat kan untuk mengobati rematik, gangguan ginjal dan masuk angin, Campurkan gula aren dengan ramuan herba alam lainya. Untuk mengatasi rematik : Gula aren dicampur dengan pulosari adas dan cocor bebek. Diminum Pagi dan sore. Sedang untuk mengatasi gangguan ginjal : Gula aren dicampur dengan rimpang temulawak Kumis kucing dan segenggam meniran Diminum Pagi dan sore. 

COCOK DI KOMSUMSI: 
Roti gambang cocok di komsumsi sebagai sarapan ataupun teman menemai the di sore hari. Saran saya jika ingin makan roti gambang maka kita tak perlu lagi menambahkan gula di dalam kopi /teh. Cara memakan pun sangat berbeda dengan roti kebanyakan yaitu sobek dahulu sedikit roti gambang lalu di celupkan di kopi/teh tanpa gula

0 comments:

Post a Comment