Friday, 8 April 2016

oleh-oleh bangka belitung

Kebetulan adik ku baru pulang mengisi acara malam tahun baru di Bangka Belitung. Pastinya Tak lupa membawa oleh oleh dari Bangka Belitung. Bangka Belitung adalah daerah pesisir yang sudah pasti banyak nelayan yang menangkap hasil laut seperti ikan,cumi cumi dst. 

Aku sangat suka dengan packing yang dibungkus sangat rapi, menarik dan ada label tulisan oleh oleh keluarga ok Belitung dan yang paling penting ada jinjingan yang di ikat dengan kuat sehingga memudahkan kita membawanya. 

Jika saja penampilan luar sangat menarik mata jadi penasaran apa saja sih isi di dalamnya? sebenarnya sih sudah bisa di tebak dari penampilan luarnya karna di bagian luar kardus ada tulisan oleh-oleh ok dengan gambar cumi, ikan, dan udang. 

Tapi apakah mungkin cumi,ikan dan udang di masukan dalam kardus?hem… bikin makin penasaran ingin membukanya.pas dibuka ternyata oleh oleh yang khas Bangka Belitung dalam bentuk olahan hasil laut. 

Adikku membeli empe empe , getas, kerupuk ikan.olahan hasil laut yang adikku beli ternyata rasanya enak banget, kerupuk dan getasnya tidak melempem dan masih garing, berasa rasa ikannnya . soal hargapun terjangkau empe empe perpaket Rp 130.000 yang berisi 15 macam aneka empe empe, getas ukuran besar Rp 30.000 sedangkan kerupuk ikan Rp 20.000 untuk ukuran besar sedangkan untuk ukuran kecil Rp 10.000 . 

Dari oleh oleh yang di bawa adikku ini aku memperoleh pelajaran : 
1. Bahwa Indonesia kaya akan hasil laut, akan tetapi masih banyak nelayan belum bisa memanfaatkan dengan baik. 
 2. Jika para nelayan dan istri nelayan bisa menangkap peluang hasil laut yang melimpah pastinya akan bisa menambah penghasilan keluarga nelayan. 
3. Dalam pembuatan mengelola hasil laut Tak hanya menjaga rasa, kualitas, kebersihan tapi juga harus juga memikirkan packing yang mudah dibawa, menarik mata. 
4. Perlu pendistribusian agar hasil nelayan bisa sampai ke tangan konsumen makanya itu para nelayan perlu kerjasama dengan toko toko souvenir, pemerintah dan para food blogger agar makin banyak yang tahu tentang hasil olahan laut dari Bangka beliung maka makin memperluas pemasaran hasil olahan laut.

0 comments:

Post a Comment