Wednesday, 22 November 2017

kisruh kongres PPWI

Pantun:
Gedung MPR dan DPR adalah gedung terhormat
Tempat rakyat menyalurkan aspirasi
Setiap tamu yang datang harus di layani dengan baik dan cermat.
Agar segala permasalahan bisa dicarikan solusi.

Demo di Gedung MPR dan DPR

Itulah gambaran gedung MPR dan DPR kita, gedung indah dan megah, yang berada dikawasan Senayan, Jakarta. Hari ini Mpo datang ke kongres nasional PPWI yang di selenggarakan di gedung Nusantara Lima, Sebenarnya Mpo tidak tahu apa itu PPWI? , Lalu kenapa Mpo sampai datang kesitu? Begini nih ceritanya, hari itu tepatnya tanggal 11 November 2017, niat awal Mpo untuk datang kesana adalah untuk bikin video apikasi belanja bersama Ovi dan Sifa, sekaligus menghadiri kongres nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Mpo daftar ke kongkres lewat what app mba Esti.

Pukul 07.45 Mpo datang bersama Lina, salah satu mahasiwi UNJ, kebetulan kita kenalan di busway. Lalu kita antri untuk absensi dan menandatangi biaya ongkos transport sebesar Rp110.000. Singkat cerita kita mengikuti acara empat pilar kebangsaan dan di perkenalkan perwakilan anggota PPWI dari berbagai daerah. Selesai pembahasan tersebut, Mpo dan Sifa keluar ruangan untuk ke toilet sekalian mau ambil snack, kebetulan Mpo dan para blogger sebanyak 15 orang belum kebagian snack sedangkan peserta yang lain sudah.

Pas sampai di luar, banyak orang yang marah marah yang tidak mendapatkan snack. Beruntungnya Mpo dan teman blogger mendapatkan kupon makan siang. Nampaknya kisruh mulai terjadi karena ada beberapa orang yang tidak mendapatkan kupon. Waktu jam makan siang, Nasi box kami ambil dengan cara berebutan. Oh NO, desak desakan hanya sebuah nasi box, lalu apa gunanya kami di beri kupon makan?.

Nasi Box yang tersedia juga sedikit dibandingkan peserta yang datang, akhirnya kami disuruh masuk gedung. Sambil menunggu pesanan nasi box untuk para peserta yang belum datang, kami di beri pengarahan bahaya narkoba dari pihak BNN. Dari awal kita selalu di pingpong oleh panita yang selalu bilang, “nanti dibagikan di dalam, sedangkan di luar dibagikan sehingga terjadinya kericuhan”. Kericuhan mulai dari pembagian snack, makan siang sampai goodie bag yang berisikan tas dan buku empat pilar kebangsaan.

Sampai akhirnya kita yang hadir membentuk panitia dimana peserta yang hadir plus berprofesi sebagai advokat untuk mempermasalahkan masalah ini ke jalur hukum dan meminta panitia untuk transparasi keuangan, karena kami menandatangi menerima uang transport Rp110.000 akan tetapi uang tersebut tidak kami terima.

Akhirnya Bapak Wilson sebagai ketua 2 scering commite PPWI memberikan penjelasan keuangan PPWI “kami tidak punya uang, anggota kami tidak di kenakan iuran bulanan, itulah laporan sesungguhnya”. Menurut panitia scering commite PPWI mendapatkan dana dari MPR untuk 500 orang @Rp110.000 dan sudah di pergunakan untuk biaya spanduk, makan peserta dll sehingga sisa uang dua puluh juta lebih. Sisa uang tersebut jika di bagi seluruh peserta yang hadir hanya mendapatkan uang Rp61.000 perorang.

Orang dengan Kebutuhan Khusus bisa Menikmati Jalanan Ibukota.


Pantun:
Jalan jalan ke Pinangsia
Mampir sebentar ke Taman Fatahilah, di kawasan kota
Disabilitas bisa bahagia
Menikmati jalan di ibukota

Jika kita memperhatikan jalanan, ada yang berbeda setiap kita datang ke berbagai tempat baik rumah sakit, kantor pemerintahan yang ada di DKI bahkan di jalanan ibukota yaitu terpasang ubin bertanda khusus. Pemprov DKI selalu memberikan layanan terbaik untuk warganya khususnya bagi penyandang disabilitas dengan terpasangnya ubin bertanda khusus, yang kalau kita raba dengan kaki, maka ada bagian timbul pada ubin tersebut.

Ubin tersebut memiliki tanda yaitu jika ada garis garis maka artinya jalan lurus dan jika ada tanda bulat totol-totol berarti ada perempatan jalan, ada jalan dan harus berhenti.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Salah satunya ubin khusus ini, terpasang di trotoar di Johar baru, awalnya trotoar ini gunakan untuk berjualan pedagang di gerobak, kini trotoar sepi dari pedagang tersebut dan telah di beri ubin khusus bagi penyandang disabilitas dan di sekililing ubin di beri warna warni yang cerah. manusia yang tidak menyandang disabilitas pastinya sangat senang bisa berjalan trotoar longgar tanpa pedagang, tanpa takut di serempet motor yang lewat.

Saat Mpo ke Perpustakan Nasional, ubin khusus buat penyandang disabilitas juga terpasang di lantai, bahkan ada jalur khusus untuk menuruni kursi roda. Oh ya sekedar informasi saja di Perpustakan Nasional juga tersedia buku braile dan ruangan membaca khusus bagi penyandang disabilitas yang berada di lantai tujuh.

Film si Pitung, Jagoan Betawi Beraksi Menghibur Warga

Pantun:
Tiap hari kerja capek, bikin badan jadi pegel
Yuk, nonton hiburan bersama warga
Bisa ketawa ketiwi, hilang rasa kesel
Nonton si Pitung dan Benyamin sambil minum bir pletok pelepas dahaga.

Si Pitung cerita rakyat

Hai, Mpo mau tanya nih, Kamu kapan terakhir nonton layar tancep? Kalau Mpo sih, sudah lupa kapan karena lama banget gak nonton layar tancep. Kebetulan Mpo tinggal di kawasan kelurahan Johar Baru, Jakarta pusat. Nah kali ini Mpo mau cerita nih, tentang layar tancep sebagai hiburan rakyat.

Kali ini Layar tancep di pasang di kantor RW 11 di Johar baru, Jakarta pusat. “Hiburan ini merupakan program kerja RW 11” ujar Bang Udin salah satu pengurus RW 11. Nah Tanggal 18 November 2017, Mpo bersama adik dan tetangga datang ke kantor RW 11 buat menyaksikan film si Pitung dan Benyamin Musuh Bebuyutan.

Ternyata penonton yang datang tidak hanya dari kalangan dewasa akan tetapi anak anak. Dua tokoh masyarakat betawi yang telah menjadi legenda yaitu jagoan betawi si pitung dari Rawa Belong dan alm Benyamin Sueb bisa menjadikan pendidikan bagi masyarakat khususnya bagi anak anak yang tidak pernah mengetahui kedua tokoh tersebut. Selain itu pula bisa menjadikan pelajaran bahwa kita harus mencintai budaya sendiri dan harus mempunyai sifat nasionalisme.

Walaupun penontonnya sedikit akan tetapi gelak tawa canda terus menghiasi selama pemutaran film ini. Para penonton yang hadir di berikan kopi susu, snack dan makanan berupa ketan urap dan tempe goreng oleh pengurus RW. Wuih, enaknya malam malam makan sambil nonton film.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pedagang makanan juga turut serta memeriahkan acara ini dengan berjualan sekitar layar tancep. Beraneka macam makanan yang di perdagangkan mulai dari bakso hingga bir pletok. Pokoknya malam itu seru banget tapi untungnya lagi gak musim nyamuk. hem kalau musim bisa neprokin nyamuk sambil nonton layar tancep.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Kalau kamu kapan terakhir nonton layar tancep? Cerita dong pengalaman seru kamu waktu nonton layar tancep di kolom komentar.

Sunday, 12 November 2017

Nyawa Anda Lebih Berharga

A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pantun :
Mau pergi naik transjakarta
Armada milik warga Jakarta
Yuk jangan di langgar demi keselamatan kita
Peraturan dibuat untuk kita bersama

Entah sudah beratus ratus kali, Mpo naik transjakarta. Transjakarta adalah armada yang nyaman, murah dan aman. Pemerintah kota Jakarta dan pihak Transjakarta terus bebenah diri memberikan pelayanan terbaik bagi warga Jakarta. Akan tetapi sangat di sayangkan justru warga nya sendiri yang melanggar.

Entah apa yang dipikiran mereka, mengapa mereka melanggarnya? Ah itulah manusia, tidak semua nya bisa berbuat baik. Salah satu kemungkinan mereka melanggar adalah faktor kecapean atau malas. Ya mungkin faktor itulah yang membuat warga Jakarta berani melewati separator busway. Melewati separator bukan hanya di lakukan oleh masyarakat yang di lalui jalur busway akan tetapi juga di lakukan para penumpang yang nekad turun ke bawah dan melewati separator busway.

Hal ini, sangatlah di sayangkan bahwa mereka lupa bahwa nyawa adalah taruhannya dan mereka bisa menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Daripada menjadi korban kecelakaan, alangkah indahnya jika kita mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan demi keselamatan kita bersama.

Tahu Tuna Pacitan

Pantun
Jalan jalan ke pacitan
Pesona alam indahnya bikin kita terpana
Sebelum kita berpetualang, yuk kita jaga kesehatan
Sarapan dulu dengan makan soup tahu tuna

Tepatnya jam enam pagi sudah ada di meja makan soup tahu, Mpo bingung karena tukang tahu yang biasa lewat di depan rumah datang jam 6.30 wib. “Ma, emang tukang tahu sudah lewat, kok sudah ada tahu di rumah?” tanyaku kepada mama. Mama Mpo menjawab dengan singkat “ belum datang tukang tahu, itu soup memakai tahu tuna frozen yang kamu beli beberapa waktu yang lalu”.

Tahu, panganan terbuat dari ampas kacang kedelai, sangatlah di gemari keluarga Mpo. Hampir tiap hari ada tahu di rumah Mpo, hal itu di dukung karena ada tukang tahu yang lewat setiap hari di rumah. Bahkan Mpo tinggal naruh piring lebar dan di bawahnya sejumlah uang, yang Mpo taruh di luar rumah, Nah kalau ada piring tersebut abang tukang tahu, sudah mengetahui harus mengisi tahu di piring tersebut.

Yap, kita balik lagi ya cerita tentang tahu tuna. Tahu tuna ini, Mpo membelinya di teman di dalam satu komunitas Wajah bunda Indonesia yang bernama bunda Eva. Dari percakapan bunda Eva via WhatApp mengatakan “ tahu ini best seller di Pacitan, yang mana Pacitan terkenal dengan penghasil ikan tuna”.


Sebenarnya Tahu tuna dalam bentuk frozen sehingga awet beberapa waktu yang lama, sehingga kita bisa menyantapnya kapan pun. Merk dagang tahu ini adalah tahu tuna pak Ran yang di produksi di Pacitan, Jawa Timur. Dengan berat 400 gram kita bisa mendapatkan 10 buah tahu.Oh ya di tengah tahu ini ada aci ikan tuna .Komposisi acian ikan tuna banyak dan penuh. Soal rasa enak, kenyal acian tidak terlalu keras dan saat di makan terasa ikan tuna nya. Untuk mendapatkan tahu tuna ini bisa di peroleh dengan harga Rp12.500 .

Sebenarnya tahu ini bisa di padu padakan dengan makanan apapun seperti batagor siomay, dimakan bersamaan dengan sambal kacang atau sambal petis atau di makan langsung dengan terlebih dahulu di goreng terlebih dahulu. Akan tetapi kali ini di rumah Mpo di gunakan untuk melengkapi saat membuat sayur soup.

Kalau kamu,suka membuat makanan apa dari olehan tahu? Berikan komentar mu dikolom komentar

Ajak Keluarga kita untuk Melakukan Pola Hidup Sehat


Pantun:
Ayo Bangun pagi dan lakukan olahraga.
Menjalani hari hari dengan penuh semangat.
Ajak turut serta keluarga
Menjaga pola hidup sehat dan lingkungan sehat

Ayo ngaku siapa yang ingin masa mudanya sehat, ketika tua bisa nikmat? Pastinya ingin dong, ketika tua nanti kita jarang sakit sehingga tidak menyusahkan anak cucu. Kesehatan memang penting dan haruslah menjadi kebiasan hidup. “Kesehatan selalu di gambarkan dengan rumah sakit, padahal rumah sakit adalah pilihan yang terakhir setelah kita melakukan pola hidup sehat, mempunyai lingkungan sehat, menjaga kebersihan diri dan barulah rumah sakit” ujar Bapak Yusuf Kalla ketika memberikan sambutan pada acara Hari Kesehatan Nasional ke 53 di arena car free day,Jakarta.

A post shared by mporatne (@mporatne) on
 
Dalam rangkain acara Hari Kesehatan Nasional di selenggarakan berbagai macam acara di antaranya pameran kesehatan produksi dalam negri, tabur bunga di makam pahlawan,seminar kesehatan, parade doktor,senam peregangan bersama, bazar buah, pemeriksaan gratis bagi pengunjung car free day, Selain itupula melakukan video conference Bapak Yusuf Kalla, Ibu Nila Moeloek dengan berbagai daerah yaitu Palu, Denpasar, Banjarmasin, Bengkulu, Pekanbaru, Surabaya. Para instansi pemerintah sebanyak 23 team juga mengikuti karnaval sehat GERMAS yang di mulai dari Patung Kuda, silang Monas sampai Bundaran Hotel Indonesia .

Mpo, anggota BloggerCrony dan jajaran Kementrian Kesehatan mengikuti senam peregangan bersama sama dan akhirnya kita mendapatkan rekor dunia dengan peserta terbanyak 22.000 peserta. Hari Kesehatan Nasional di peringati setiap tanggal 12 November, yang kali ini mengusung tema “sehat keluargaku, sehat indonesiaku”. “Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasan,prilaku dan gaya hidup sehat, oleh karena itu kita terus berupaya untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga” Pesan Mentri Kesehatan Nila Moeloek.


A post shared by mporatne (@mporatne) on


Oleh karena itu perlu peranan seorang ibu dalam menanamkan pola hidup sehat di keluarganya di mulai sejak anak kita sedari kecil dengan membiasakan makan sayuran dan buah, mengambar buah buahan dan menjelaskaan manfaatnya makan buah dan sayuran.

Ngomongin keluarga,Mpo jadi ingat keluarga di rumah yang senang makan buah dan sayuran. Ketika mentari belum menampakan sinarnya, Mpo bersama mama dan adik suka jalan pagi. Nah, Kalau kamu gimana menjaga kesehatan di keluarga mu? Yuk cerita dong di kolom komentar.

Wednesday, 1 November 2017

Dengan Rebranding, Koperasi bisa Maju bersama Generasi Milenial

Pantun :
Jalan jalan ke bekasi
Lihat ada anak muda naik commuterline
Yuk kita majukan koperasi
Jadikan koperasi Indonesia menjadi number one
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Perjalanan siang ini Mpo dan teman blogger dari indoblognet menuju ke kawasan kuningan tepatnya di Kementrian Koperasi dan UKM, di tempat tersebut sedang di selenggarakan workshop dengan tema: pemuda dan rebranding koperasi di era milenial . Di acara tesebut, Mpo berkenalan dengan Defa yang juga salah satu peserta workshop dan pengurus koperasi Cakra Dara Mandiri .

Defa perempuan cantik, ceria dan bersahabat adalah teman ngobrol yang asik sebelum acara di mulai. Defa sempat bercerita suka duka menjadi pengurus koperasi khususnya di kalangan milenial. Generasi muda di koperasi Cakra Dara Mandiri sudah di perdayakan untuk menjadi pengurus koperasi . Alhamdullilah koperasi Cakra Dara Mandiri sudah mempunyai banyak unit usaha walau anggota koperasi nya belum begitu banyak
.
Habis workshop ini kita jadi tahu bahwa peran generasi millenial sangat membantu dalam membangun dan mengembangkan koperasi indonesia di masa depan. Pembicara workshop : * bapak Ir meliadi sembiring M,sc selaku deputi bidang kelembagaan kementerian koperasi & ukm. * bapak Pendi yusuf M effendi selaku ketua umum KOPINDO * bapak Bagio Sudarsono selaku sekretaris deputi kelembagaan kesektariat kementerian koperasi dan ukm *bapak Suroto, HC praktisi koperasi @indoblognet @kemenkopukm #koperasi #koperasiindonesia #anggotakoperasi #SHU #anggarankoperasi #mitra #pohonberinginpadidankapas #logo #rebranding #koperasikaryawan #koperasimahasiswa #kopma #koperasinelayan #koperasipetani #hobby #koperasuberdasarkanhoby #lokasi #rebranding #brand #branding #generasi #generasimuda #generasumilenial #pemuda #pemudi #sumpahpemuda #pemudaindonesia #ukirankata #indonesia #jakarta
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Oh ya, kamu tahu gak sih apa itu koperasi? Hem, pertanyan ini bisa jadi tolak ukur bahwa generasi muda zaman sekarang hanya pernah mendengar selintas, apa itu koperasi?. Menurut Bapak Ir Meliadi Sembiring, MSc selaku Deputi bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi UKM Mengatakan “pencitraan koperasi haruslah di rubah khususnya pada generasi milenial , yang sasarannya adalah orang orang hanya mengetahui koperasi secara samar samar, mereka yang hanya tahu tentang kejelekan koperasi atau mereka hanya tahu bahwa koperasi identik dengan simpan pinjam atau mendengarkan koperasi dari cerita orangtuanya yang dahulu menjadi anggota koperasi".

Kamu, ya kamu , adalah generasi milenial yang merupakan asset bangsa Indonesia . Indonesia di anugrahkan jumlah penduduk yang sangat besar, Bagaikan dua mata sisi, jika kita tidak memanfaatkan dengan baik maka jumlah penduduk yang besar akan kembali menjadi boomerang. Oleh karena itu, peran generasi milenial untuk turut serta dalam mengembangkan koperasi.

Koperasi zaman now adalah koperasi yang bisa menjembati hoby seseorang, harus bisa menjadi bagian dari passion seseorang dan koperasi yang care. Seperti koperasi yang ada di Negara Singapura yang peduli terhadap anak tuna wicara ujar Suroto selaku praktisi koperasi.

Rebranding koperasi haruslah melibatkan semua unsur mulai dari regulasi pemerintah terhadap undang undang, pengurus koperasi itu sendiri, produk produk yang di jual di koperasi . Hal ini di paparankan lebih lanjut oleh Bapak Bagio Sudarsono bahwa Rebranding koperasi bisa dimulai dengan cara :
1. Logo
Selama ini kita ketahui bahwa banyak koperasi yang menggunakan logo pohon beringin, padi dan kapas . Di masa generasi milenial, saatnya kita membuat logo koperasi yang kece dan sesuai dengan jenis usaha koperasi tersebut. Dalam pemberian tulisan logo haruslah yang efektif, bahasa yang komunikatif, menarik, tidak mudah diganti ganti dan tahan lama.

2. Lokasi
Lokasi koperasi haruslah yang strategis sesuai dengan tempat tinggal para anggota misalnya koperasi nelayan di lingkungan nelayan.

3. Rebranding via Endorser terpecaya
Dengan memanfaatkan icon artis terkenal atau petinggi dan tokoh masyarakat yang mempunyai karismatik untuk bisa menyampaikan misi dan visi koperasi

4. Rebranding via inovasi produk
Bisa menggunakan produk-produk khas daerah yang sudah terkenal, lalu kita beri inovasi baik bahan baku, atau cara pembuatannya plus dikemas dengan tampilan yang berbeda sehingga menarik pelanggan untuk membelinya dan bangga memakainya.

5. Rebranding via premiumisasi merk.
Dengan membedakan adanya produk premium dan produk biasa, maka kita bisa menjual dengan segmentasi dengan kelas berbeda seperti ngopi di kalangan kaum hipster, produk bolu dengan bahan bahan premium.

6. Rebranding via product improvement
Merk yang terkenal tidaklah cukup dengan sebuah brand lama maka perlu produk improvement lewat produk yang berkualitas.

7. Rebranding via mengubah brand image
Dengan perubahan merk juga harus mampu menawarkan varian-varian baru.

8. Rebranding via premium brand
Dengan competitive price. Dengan menghadirkan produk yang ternama akan tetapi dengan harga yang lebih di jangkau oleh masyarakat seperti bolu dengan bahan yang berkualitas dengan ukuran loyang yang bervariasi sehingga harga terjangkau .

9. Rebranding via menganti tagline
Rebranding dengan tagline yang oke, singkat dan padat juga komunikatif seperti “memberikan kemudahan”